oleh

Perkembangan Android Semenjak 2003 – 2016

Perkembangan sistem operasi android si robot hijau, hingga ketika ini sudah   terpasang di hampir seluruh  smartphone. Diawali semenjak munculnya  software untuk telepon dan digital camera yang dibentuk oleh Andy Rubin pada tahun 2003. Ide dan karya dari Andy Rubin dilirik Google, maka semenjak 2005  perusahaan Andy Rubin diambil alih oleh Google hingga akibatnya muncul OS Android.

HTC Dream yang di rilis sekitar Oktober 2008  Ponsel pertama yang menggunakan sistem Operasi Android,  pada awal tahun 2009 mulailah pengembang ponsel ramai menggunakan OS android ini dengan  setidaknya 18 ponsel telah menggunakan OS Android.

Berikut ini perkembangan Android yang ada dipasaran :

1) Android Beta

Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

2) Android 1.0 (Astro)

Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi alasannya alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream yaitu ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

3) Android 1.1 Bender

Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga mengalami problem penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi alasannya alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

4) Android 1.5 Cupcake

Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Nah, mulai versi Android ini penamaan menggunakan nama makan pencuci verbal (dessert) mulai digunakan, alasannya ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan aksara “C” dan jadilah “Cupcake” menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI gres dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang sanggup dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

5) Android 1.6 Donut

Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Berikut penampakan Android v1.6 Donut.

6) Android 2.0/2.1 Éclair

Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser gres dan proteksi HTML5, daftar kontak yang baru, proteksi flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

7) Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)

Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai daerah penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.

8) Android 2.3 Gingerbread

Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap proteksi layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai ketika ini Android Gingerbread merupakan versi Android yang mempunyai pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri Android lainnya, yaitu mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.

9) Android 3.0/3.1 Honeycomb

Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom yaitu yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.

10) Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)

Sampai goresan pena ini ditulis ICS merupakan versi Android yang paling anyar. Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini yaitu Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, sanggup di-update ke Android Ice Cream Sandwich.

11) Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada program Google I/O kemudian membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan gres diantaranya meningkatkan input keyboard, desain gres fitur pencarian, UI yang gres dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bab yang diperbarui. Google Now memperlihatkan informasi yang sempurna pada waktu yang sempurna pula. Salah satu kemampuannya yaitu sanggup mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus

12) Android versi 4.2 (Jelly Bean)

Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru.
Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4

13) Android versi 4.3 (Jelly Bean)

Merupakan pembaharuan dari android jelly bean sebelumnya dimana rilis ada pada 24 Juli 2013 di San Francisco. Nexus 7 generasi 2 yaitu Smartphone  pertama yang menggunakan OS tersebut.

14)Android versi 4.4 (Kitkat)

Android 4.4 KitKat pada tanggal 3 September 2013. Meskipun pada awalnya di beri anma “Key Lime Pie” (“KLP”), nama itu berubah alasannya “sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie.” Beberapa blogger teknologi juga mengharapkan rilis “Key Lime Pie” menjadi Android 5. KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, mempunyai 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan; perbaikan-perbaikan yang dikenal sebagai “Proyek langsing” internal di Google. Jumlah minimum RAM yang diharapkan yang tersedia untuk Android yaitu 340 MB, dan semua perangkat dengan kurang dari 512 MB RAM harus melaporkan diri mereka sebagai perangkat dengan “RAM rendah

15) Android versi 5.x (Lollipop)

Android Lollipop yaitu versi stabil terbaru dengan versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 ketika Google I / O, dan tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk menentukan perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition).

Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop yaitu user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang sanggup diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bab atas screen. Google juga menciptakan perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.

16) Android 6 Marshmallow,

Pertama menerima update dari Android One dan Google Nexus di tahun 2015.
Salah satu fitur Android M dengan Permission System. Setiap aplikasi yang mencoba mengakses perangkat, ibarat gambar dibawah sebagai teladan aplikasi Whatsapp.

User akan mengetahui apakah saluran tersebut diberikan ijin, sekaligus pemberitahuan kepada pemilik smartphone. Sehingga aplikasi yang mencoba badung ibarat mencoba mengakses perangkat dari camera, microphone, lokasi dan lainnya.

Tanpa diketahui pemilik smartphone akan tertangkap tangan dan diberikan peringatan dengan munculnya pop kecil di layar.

17) OS Android N,

Nama resmi belum di umumkan. Maret 2016 mulai diberikan untuk di coba oleh pengembang software.
Sistem operasi teranyar “Android N” digadang-gadang akan meluncur pada ajang tahunan Google I/O, Mei 2016 mendatang. Meski masih dua bulan lagi, screenshot tampilan Android N sudah beredar di jagat maya.

Perubahan tampak pada tampilan notifikasi (notification) dan penyetelan (settings), sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/3/2016). Pada Android ketika ini, notifikasi yang digulirkan akan memperlihatkan sekat berjarak pada tiap-tiap seksi. Sementara pada screenshot Android N, sekat itu dilebur menjadi satu bab yang hanya dipisah garis tipis. Ikon aplikasi pun dibentuk lebih kecil.
sumber :

https://iskandargroup.wordpress.com/tugas-sistem-operasi/sejarah-perkembangan-android

INFO UPDATE