oleh

Perjalanan Ke Bintang Hanya Mimpi

— Mimpi insan yang ingin menggapai bintang memang hanya sebatas mimpi. Pasalnya, jarak bintang yang amat sangat jauh mustahil dapat dicapai insan meskipun seumur hidup. Artinya, umur insan kalah dengan luasnya alam semesta.

Apa buktinya? Mari kita mengenali bintang terdekat dengan tata surya, Alpha Centauri. Jarak Bumi dengan Alpha Centauri sekitar 4,2 tahun cahaya. Apa itu tahun cahaya? Tahun cahaya yaitu kecepatan cahaya dalam tahun. Misalnya ya tadi, jarak Bumi dengan Alpha Centauri yaitu 4,2 tahun cahaya, berarti cahaya saja membutuhkan waktu 4,2 tahun untuk ‘menyebrang’ dari Bumi ke Alpha Centauri.

Sayangnya, ketika ini tidak ada teknologi kendaraan berkecepatan cahaya. Kecepatan cahaya yaitu yang tercepat di alam semesta! (300.000 km/detik). Jika kecepatan kita mendekati kecepatan cahaya, waktu akan bergerak lamban, dan partikel penyusun badan kita akan terurai.

Kembali lagi ke Alpha Centauri. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 miliar kilometer, 4,2 tahun cahaya yaitu 4 kalinya jarak 1 tahun cahaya. Artinya, jikalau Anda ingin ke Alpha Centauri, Anda harus melintasi jarak sekitar 33 triliun kilometer!

Kita lihat perjalanan robot penjelajah Curiosity dari Bumi ke Mars, ia membutuhkan waktu sekitar 253 hari. Kenapa begitu lama? Jarak Bumi dan Mars sekitar 55 juta km, kecepatan roket 20 ribu km per jam maka lamanya waktu tempuh dapat hanya 115 hari. Tapi kenapa dapat hingga 1 tahun? Hal ini disebabkan lantaran Bumi dan Mars mengorbit Matahari. Tidak dapat menempuh garis lurus untuk menuju ke sana lantaran keduanya selalu bergerak dan berpindah posisi. Sehingga wahana atau roket tersebut perlu mengikuti ke mana posisi planet tujuannya.

Begitu pun dengan perjalan dari Bumi ke Alpha Centauri, yang jaraknya 33 triliun kilometer, berapa usang waktu Anda di perjalanan? Cukupkah umur Anda? Mungkin, beberapa masa kedepan, insan gres dapat menciptakan kendaraan berkecepatan cahaya, dan artinya Anda yang sedang membaca artikel ini hanya dapat bermimpi mencapai bintang. [riza]

INFO UPDATE