oleh

Peristiwa Langka Transit Venus

Mengapa Transit Venus yang  terjadi (06/06/2012) menjadi sangat langka dan sayang dilewatkan. Fenomena astronomi ini sanggup diamati dengan gampang baik dengan mata telanjang atau dengan teleskop mulai dari ukuran paling sederhana, sehingga sangat sayang bila dilewati begitu saja.



Transit Venus ialah insiden ketika posisi planet berada di antara Matahari dan Bumi sehingga akan tampak sebagai titik hitam yang bergerak di muka Matahari. Nah berikut ini alasan transit venus ini sangat langka :

  1. Frekuensi terjadinya transit sangat jarang, Dalam satu kurun hanya terjadi dua kali transit Venus. Masing-masing dengan jangka waktu 8 tahun, namun insiden berikutnya harus menunggu lebih dari seabad, 121 tahun atau 105,5 tahun tergantung periodenya. 
  2. Transit Venus terakhir kali terjadi tahun 2004 dan berikutnya terjadi 6 Juni 2012. Setelah itu, gres tahun 2117 transit Venus akan kembali terjadi. 
  3. Tidak setiap kalau terjadi transit Venus. Hal ini terjadi sebab orbit Bumi dan Venus punya perbedaan sekitar 3,4 derajat. Posisi sejajar dan lurus hanya terjadi berulang dengan periode 8 tahun, 121 tahun, 8 tahun, dan 105,5 tahun. 
  4. Transit hanya terjadi untuk dua planet inferior atau planet dalam yakni Merkurius dan Venus. Hal ini sebab kedua planet itulah yang mungkin melintas di antara Bumi dan Matahari. Sementara planet lainnya mustahil terjadi transit dengan Matahari.
  5. pada insiden transit Venus tanggal 6 Juni 2012, tidak seluruh kawasan yang sanggup mengamatinya. Beruntung, seluruh wilayah Indonesia masuk dalam wilayah pengamatan. Wilayah Indonesia Timur sanggup mengamati insiden tersebut dari awal sampai final yang berlangsung sekitar 6 jam. Sementara wilayah Indonesia barat sanggup mengamati lebih dari 5 jam.


INFO UPDATE