Perawatan Ibu Hamil Sehari-Hari Semoga Kehamilan Sehat

0
23

Perawatan ibu hamil sehari-hari perlu dilakukan dengan baik guna mendapat kehamilan yang sehat dan tidak banyak keluhan. Kehamilan yang senantiasa dijaga kesehatannya akan memperlihatkan pengaruh faktual pada perkembangan janin.

Sebaliknya, bila perawatan kehamilan tidak dilakukan dengan baik maka ibu hamil akan menjumpai beberapa keadaan yang kurang menguntungkan. Selain berdampak negatif pada janin, pengaruh jelek pun akan dirasakan oleh ibu hamil itu sendiri.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan memberikan beberapa gosip perihal cara menjaga kehamilan sehari-hari sesuai dengan petunjuk yang benar.

hari perlu dilakukan dengan baik guna mendapat kehamilan yang sehat dan tidak banyak ke Perawatan Ibu Hamil Sehari-Hari Agar Kehamilan Sehat
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Ibu Hamil Perlu Merawat Kehamilan Setiap Hari

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil guna mendapat kehamilan yang sehat. Di bawah ini ialah 3 perawatan ibu hamil sehari-hari yang harus diperhatikan dengan baik :

1. Mengkonsumsi masakan bergizi

Demi menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil harus mengkonsumsi berbagai masakan secara proporsional dengan gizi seimbang dan porsi satu kali lebih banyak daripada sebelum hamil.

Ada bermacam-macam masakan yang dianjurkan bagi ibu hamil, mulai dari daging, sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk gosip selengkapnya silakan baca artikel makanan sehat untuk perkembangan janin.

2. Ibu hamil harus mendapat istirahat yang cukup

Selain mengkonsumsi masakan yang bergizi, ibu hamil perlu mendapat istirahat yang cukup. Istirahat cukup ialah salah satu perawatan ibu hamil sehari-hari yang dihentikan diabaikan.

Adapun tips untuk biar ibu hamil cukupistirahat ialah sebagai berikut :

  • Tidur malam paling tidak selama 6 hingga 7 jam dan tidur siang paling tidak 1 hingga 2 jam
  • Posisi tidur yang paling nyaman (silakan baca : posisi tidur ibu hamil yang baik)
  • Apabila ibu hamil berada di tempat endemis malaria, sebaiknya gunakan kelambu berinsektisida
  • Berikan stimulasi/rang$angan pada janin bersama dengan pasangan ibarat dengan mengelus perut dan mengajak bicara janin mulai usia kehamilan 4 bulan.

Dengan melaksanakan langkah tersebut dibutuhkan ib hamil mendapat istirahat yang memadai. Ibu hamil jangan hingga kurang istirahat alasannya ialah dapat memperlihatkan pengaruh negatif pada perkembangan dan kesehatan janin.

3. Menjaga kebersihan diri

Tak cukup dengan makan masakan bergizi dan istirahat cukup, ibu hamil wajib menjaga kebersihan demi mendapat kehamilan yang sehat dan tak banyak kendala.

Adapun perawatan kehamilan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil terkait dengan penjaga kebersihan diri antara lain ialah sebagai berikut :

  • Sebelum makan basuh tangan pakai sabun dan air higienis mengalir
  • Sikat gigi secara rutin paling tidak dua kali dalam sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur
  • Mandi setidaknya dua kali sehari
  • Bersihkan p@yudara dan area kemalu@n
  • Ganti pakaian dalam dan pakaian luar setiap hari
  • Cuci rambut paling tidak seminggu 2 hingga 3 kali

Dengan melaksanakan langkah tersebut dibutuhkan kebersihan diri ibu hamil senantiasa terjaga dengan baik sehingga ibu hamil tidak terkena penyakit jawaban basil jahat.

4. Boleh bekerjasama dengan suami selama hamil.

Tanyakan hal ini kepada petugas kesehatan Anda untuk mendapat gosip yang lebih detil perihal batas kondusif bekerjasama selama menjalani kehamilan.

5. Aktivitas fisik ibu hamil

Selama hamil, bunda diperbolehkan melaksanakan kegiatan fisik dengan tetap memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin dalam kandungan. Bila perlu, suami diminta membantu pekerjaan sehari-hari untuk meringankan kiprah istri. Apabila memungkinkan, silakan lakukan senam ibu hamil sesuai dengan tawaran petugas kesehatan.

Itulah perawatan ibu hamil sehari-hari yang harus benar-benar diperhatikan. Sekian gosip ini, semoga bermanfaat. Salam