by

Perawatan Batu Akik

Perawatan Batu Akik, Batu cincin, akik ataupun permata memang tengah diminati banyak manusia, lebih-lagi telah men-jadi tren dikalangan anak muda. Dalam sejumlah bulan terakhir ini banyak pedagang yang mengaku kehabisan stok untuk me-menuhi kebutuhan terutama jenis batu yang tengah menjadi incaran banyak penggemar seperti batu bacan, kecubung api, ataupun jenis batu lainnya.

Bagi penggemar yang menginginkan batu bermutu tidak jarang mereka yang harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh batu yang indah dan juga cuantik bersesuaian kemauan. Namun terkadang banyak penggemar yang belum paham bahwa memang keindahan kepada batu permata tidak lepas dari cara perawatan yang baik dan juga butuh dilakukan dengan cara terus menerus terlebih kalau senantiasa dikenakan.

Batu cincin yang senantiasa dikenakan telah dapat dipastikan hendak makin mengurangi keindahannya sebab beragam perihal. Contohnya debu yang menempel, terkena panas yang menyebabkan batu berubah warna, terkena benturan ataupun gesekan dengan benda yg lain yang biasanya terjadi tanpa sengaja sehingga membikin batu men-jadi tergores ataupun menyisakan bekas goresan benda yg lain kepada batu.

Maka dari itu, agar batu nampak senantiasa indah dan juga berkilau telah seharusnya senantiasa dibersihkan dan juga dirawat, terlebih kalau harganya mahal. Tetapi adakalanya satu buah batu mulia ketika membeli amat murah namun seiring perjalanan waktu, satu buah batu hendak amat mahal sebab terbatasnya bahan yang sama sehingga menjadi barang2 langka dipasaran.

Bagimana agar batu tetap awet, tidak rusak dan juga senantiasa berkilau? Dibawah ini cara merawat batu cincin yang baik agar tetap bagus dan juga berkilau:

  • Jauhi batu dari terik matahari langsung kalau kamu tidak begitu emahami karakter batu yang dimiliki. Sebab ada jenis batu yang rentan terhadap panas dalam waktu lama bai panas apai ataupun matahari yang dapat menyebabkan batu berubah warna ata lebih-lagi dapat hancur
  • Hindarkan mencuci batu dengan air panas. Memang ada sejumlah jenis batuan mulia yang butuh dicuci dengan air hangat (bukanlah panas) tetapi tetap mesti menatap kepada karakter batu tersebut sendiri. Batu dengan tingkat kekerasan rendah hendak membikin batu men-jadi rusak
  • Mencuci dengan air sabun. Kamu dapat mencuci menggunakan sabun mandi, tetapi tidak boleh mengunakan pemutih pakaian ataupun bahan kimia yang bersifat panas.
  • Pakai lap yang halus untuk menggosok batu dan juga kerjakan dengan cara berlahan. Dapat jua menggunakan sikat gigi bekas yang halus untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak dapat dijangkau dengan kain lap. Sesudah tersebut diangin-anginkan (tidak boleh dijmur)
  • Penggunaan air beberapa bagian pedagang tidak menganjurkan, terutama untuk batu cincin yang memiliki pengikat kurang bermutu sebab hendak merusak
  • Selain mencuci dengan air, untuk membikin batu cincin tetap berkilau dapat menggosok dengan kain halus dan juga kering dengan cara berulang untuk melepaskan kotoran yang menempel dipermukaan batu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed