Penyebab Malas Melakukan Ibadah

0
1743

Penyebab Malas Melakukan Ibadah – Terkadang setiap insan atau umat manusia itu ditakdirkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Selain akan mendapatkan pahala dan juga melakukan ibadah atas dari mengharap keridhaan Allah menjadi salah satu jalan untuk meraih surga-Nya saat di akhirat kelak.

Oleh karena itu, banyak kaum muslim yang berlomba-lomba dalam melakukan ibadah supaya mendapatkan perlindungan dari panasnya api neraka. Tetapi, gak bisa dipungkiri masih banyak saja orang yang enggan melakukan ibadah pada Tuhan karena adanya perasaan malas.

Perasaan malas dalam beribadah itu bisa ditimbulkan  di sebabkan oleh beberapa yang bisa memicu diri sendiri atau orang lain. Ternyata ada beberapa penyebab utama seseorang malas melakukan ibadah :

Terlanjur Banyak Perbuatan Dosa dan Maksiat

Penyebab pertama seseorang malas dalam beribadah ternyata merupakan karena orang itu bergelimang dengan perbuatan dosa dan maksiat. Terkhusus dosa kecil yang sering diremehkan dan diabaikan terlalu banyak orang. Padahal dosa kecil itu merupakan salah satu karena lesu, malas dan meremehkan ibadah dan ketaatan.

Orang-orang yang terus menerus hidup dalam kebiasaan seperti ini akan mendapatkan murka dari Allah SWT. Salah satu bentuk murka Allah itu adalah dengan dilenyapkan manisnya iman dan Allah gak akan mengkaruniakan kepadanya kelezatan dalam ketaatan.

Inilah murka Allah yang akan menimpa orang yang bergelimang perbuatan dosa dan maksiat. Berikutnya orang itu gak mampu untuk mengerjakan ketaatan dan ibadah, padahal sebenarnya semua itu menjadi jalan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Allah SWT berfirman: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka merupakan disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. ” (QS. Asy-Syura: 30)

Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai kaum muslim kami menjauhi perbuatan maksiat dan dosa-dosa kecil yang sering dianggap remeh.

Ketidak Pahaman Tentang Ibadah

Penyebab orang malas untuk beribadah yang kedia merupakan karena mereka melupakan urgensi ibadah. Diantara bentuk kelalaian seseorang merupakan karena ia lupa bahwa ia merupakan seorang makhluk yang lemah. Padahal sebenarnya hanya Allah-lah yang membuat ia menjadi kuat dan bisa mengerjakan ibadah.

Sebagai seorang muslim, ia harusnya mengetahui serta memahami bahwa beribadah pada Tuhan menjadi inti unruk mendapatkan bantuan dan pertolongan dari Allah SWT.

Allah berfirman yang maknanya: “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, betul-betul akan kami tunjukkan pada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Alloh betul-betul beserta orang-orang yang berbuat baik. ”(QS. Al-ankabut: 69)

Lupakan Akan Kematian Atau Ajal

Melupakan kematian merupakan salah satu penyebab seseorang malas melakukan ibadah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengingat kematian supaya lebih rajin dalam beribadah.

Allah Ta’ala berfirman: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. ”(QS. Ali Imran: 185)

Kematian menjadi salah satu obat bagi orang yang panjang angan-angan, orang yang keras hatinya dan mereka yang banyak dosa. Oleh karena itu Rasulullah Shollalahu ‘alaihi Wasallah bersabda “perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan. ”

Tidak tahu Besarnya Pahala Sesuatu Ibadah

Penyebab lainnya seseorang malas melakukan ibadah merupakan karena mereka gak mengetahui besarnya pahala yang akan diperoleh karena sesuatu ibadah. Ketidaktahuan inilah yang membuat orang itu malas dalam beribadah. Sebaliknya, apabila ia mengetahui pahala besar di balik ibadah yang dilakukan maka ia akan semakin rajin dalam beribadah.

Berlebih-lebihan Dalam Hal Yang Mubah

Alasan terakhir seseorang malas melakukan ibadah merupakan karena ia berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu yang mubah. Yakni dalam hal makanan, minuman, pakaian, dan kendaraan serta yang lain. Hal yang demikian ini membuatnya malas untuk melakukan ibadah dan lebih berkeinginan untuk istirahat dan tidur.

Berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu yang mubah seperti makanan dan minuman bisa menjadi salah satu penyebab kerasnya hati. Dengan hati yang keras itu membuat orang menjadi gak ingat kepada Si Penciptanya.

Ibnul Qoyyim rohimahulloh berkata “Banyak mengkonsumsi makanan merupakan sebuah penyakit yang akan menimbulkan keburukan, banyak makan bisa menjerumuskan anggota badan untuk melakukan maksiat, dan berat untuk melakukan ketaatan. Maka cermatilah keburukan ini. ”

Demikianlah informasi tentang beberapa penyebab orang malas beribadah. Sebagai kaum muslim sudah sepantasnya kita meninggalkan Faktor-faktor di atas supaya Allah SWT selalu melindungi dan memberikan keberkahannya untuk hidup kami beribadah kepada-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.