oleh

Pengertian Plastik Wrap, Ciri Dan Fungsinya

Pernahkah anda mendengar istilah plastik wrap? apa itu plastik wrap? Benda ini memang tak sering kita dengar bahkan terkesan absurd di telinga, padahal plastik tersebut kita sering lihat atau sering kita beli serta gunakan untuk aktivitas sehari-hari.


Sering disebut plastik wrap atau wrapping, namun jikalau bahasa sederhananya yaitu plastik tipis pembungkus parcel atau makanan. Nah plastik wrapping sendiri yaitu jenis plastik film yang tipis, dengan ketebalan 0.010 hingga dengan 0.020 mikron. Baca juga: Pengertian Mikroplastik dan efeknya pada lingkungan

Untuk sekilas sejarah dari Plastik Wrapping ini, pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja dari suatu percobaan laboratorium kimia pada tahun 1933, dimana tujuan dari percobaan itu yaitu untuk menciptakan plastik berbahan keras yang sanggup digunakan sebagai cover mobil.

Ternyata dari ujicoba tadi malah dihasilkan jenis plastik dengan karakteristik unik, sebagai berikut :

– transparan (tembus cahaya), transparan.
– tidak gampang sobek meskipun berbahan lemas, sehingga gampang dibentuk, serta lentur sanggup ditarik dengan mudah.
– tahan akan asam untuk menghindari kotoran atau bakteri, jadi sanggup melindungi sesuatu yang ditutupi plastik tersebut.
– kedap akan air, uap maupun minyak yang cukup panas, dan tidak gampang memuai.

Itulah hasil ujicoba yang tidak sengaja tadi, hingga alhasil kini ini menjadi banyak kegunaan. Hal tersebut menunjukkan aura positif pada para ilmuwan, bahu-membahu tidak ada kegagalan yang sia-sia. Unsur gres akan tercipta dan sanggup digunakan untuk media lain yang membutuhkan. Baca juga: Macam-macam jenis plastik lengkap

Nah dari hasil ujicoba tadi, alhasil para peneliti menggunakan materi ini untuk digunakan pada kuliner yang ditaruh ke frezeer maupun di microwave untuk menjaga aroma dan kelembaban kuliner maupun sayuran supaya tetap segar/fresh dan hangat. 

Dahulu kala plastik wrapping ini dibuat dengan menggunakan materi PVDC (Polyvinylidene chloride). Tapi ternyata, materi ini sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, terutama bila digunakan untuk membungkus kuliner ya kawan. Oleh sebab itu, materi pembuatannya diganti menjadi materi LDPE, (Low Density Poly Ethylene) sehingga lebih kondusif untuk pemakaian sehari-hari dalam rumah tangga maupun industri makanan, dan jenis serta bentuknya menyerupai yang kita lihat ketika ini.

Nah alhasil terciptalah pembungkus unik dari plastik wrapping, bahkan plastik wrap sering digunakan untuk untuk menambah penampilan/display produk makanan, sayuran-sayuran, kue-kue di rumah makan, restoran, supermarket maupun ditempat penjualan bakery, sebab sanggup menjaga kestabilan rasa, aroma maupun penampilannya.

Fungsi plastik wrap dalam aktivitas sehari-hari:

1. Menjaga Buah Tetap Segar
Agar buah tetap bagus dan kelembabannya terjaga, cukup tutupi dengan plastik wrap. Dengan cara ini,  buah akan tetap segar dan yummy dalam waktu yang cukup lama.

2. Tutup Gelas
Tutup gelas yang telah berisi minuman dengan plastik wrap dan tusuk dengan sedotan untuk membuat  gelas anti tumpah. Kegunaan plastik wrapping ini sangat cocok ketika Anda sedang berolahraga atau bila disuguhkan untuk anak-anak.

3. Menjaga Agar Buket Bunga Tetap Segar
Jika Anda membungkus pangkal batang bunga dengan tisu atau kain berair kemudian melapisinya dengan plastik wrap, buket bungan Anda akan tetap segar lebih lama. Kegunaan plastik wrapping ini akan efektif ketika buket bunga sedang dalam perjalanan sebelum dipindahkan ke pot bunga berisi air.


4. Membungkus Peralatan Rumah Tangga Saat Pindah Rumah
Daripada harus mengeluarkan seluruh isi laci atau lemari kecil ketika hendak pindah rumah, Anda cukup membungkusnya dengan plastik wrap. Dengan cara ini takkan ada perkakas yang berjatuhan.

5. Menjaga Roller Cat Tetap Lembab
Ketika Anda butuh instirahat sesudah seharian mengecat rumah, Anda tak ingin roller cat mengering biar sanggup digunakankembali keesokan harinya. Untuk mencegah roller kering, cukup bungkus roller dengan plastik wrap. Anda juga sanggup melaksanakan hal yang sama untuk kuas.

6. Menjaga Cairan Shampo Tidak Tumpah
Banyak yang kuatir cairan sampo atau sabun cair yang mereka masukkan ke dalam tas akan tumpah. Cara gampang menghindarinya yaitu dengan membuka tutup botol, kemudian tutupkan leher botol dengan plastik wrap dan pasang kembali tutup botolnya. Cairan sampo Anda dijamin tak akan tumpah.

Demikian artikel Pengertian Plastik Wrap, Ciri dan Fungsinya semoga sanggup bermanfaat.

INFO UPDATE