oleh

Pengertian Hotel

Hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Perancis kuno. Bangunan publik ini sudah disebut-sebut sejak akhir abad ke-17. Maknanya kira-kira, “tempat penampungan buat pendatang” atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Jadi, pada mulanya hotel memang diciptakan untuk meladeni masyarakat.

Gak aneh jika di Inggris dan Amerika, yang namanya pegawai hotel dulunya mirip pegawai negeri alias abdi masyarakat. Tapi, seiring perkembangan zaman dan bertambahnya pengguna jasa, layanan penginapan ini mulai meninggalkan misi sosialnya. Tamu pun dipungut bayaran. Sementara bangunan dan kamar-kamarnya mulai ditata sedemikian rupa supaya membuat tamu betah. Meskipun demikian, bertahun-tahun standar layanan hotel terus banyak berubah.

Pengertian Hotel atau Definisi Hotelnya

  • Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, pengertian hotel merupakan Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.
  • Menurut wikipedia hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Perancis kuno yang maknanya tempat penampungan buat pendatang atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.
  • Menurut Endar Sri, 1996: 8, pengertian hotel merupakan sesuatu bangunan yang dikelola secara komersil guna memberikan sarana penginapan kepada masyarakat umum dengan sarana antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, penggunaan sarana perabot dan hiasan-hiasan yang terdapat di dalamnya serta jasa pencucian pakaian.
  • Menurut Lawson, 1976: 27, pengertian hotel merupakan sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

Dari pengertian diatas maka pengertian atau definisi hotel secara umum merupakan badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum dengan sarana jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman, jasa layanan kamar, serta jasa pencucian pakaian. Sarana ini diperuntukan bagi mereka mereka yang bermalam di hotel itu atau mereka yang hanya memakai sarana tertentu yang dimiliki hotel itu.

Hotel memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya berbeda dengan badan usaha lainnya seperti:

  • Hotel tergolong perusahaan yang padat modal serta padat karya yang maknanya dalam pengelolaannya membutuhkan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
  • Pelanggan diperlakukan seperti raja dan pelanggan juga diperlakukan sebagai patner dalam usaha karena keuntungan yang didapat hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang memakai sarana hotel itu.
  • Hotel berbeda dengan usaha lainnya dimana dalam beroperasi hotel berlangsung selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur guna melayani pelanggan hotel dan masyarakat umum yang ingin memakai jasa hotel.
  • Sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perkembangan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel itu berada.

Hotel merupakan salah satu badan usaha yang punya potensi dan sangat membutuhkan dana invest yang gak sedikit. Karena bangunan itu juga menyediakan jasa layanan yang sangat kompleks. Hotel bisa digolongkan ke beberapa jenis mengingat bangunan itu terdapat diberbagai tempat. Apabila hotel letaknya ditengah perkotaan kami bisa menyebutnya dengan istilah City Hotel, tetapi apabila letak hotel letaknya masih dipinggiran perkotaan atau masih didaerah pedalaman itu masih bisa disebut dengan Resident Hotel. Hotel juga punya kelas atau klasifikasi tersendiri, adapun faktor yang membedakannya antara lain:

  • Jumlah kamar yang tersedia
  • Letak lokasi hotel
  • Jenis pengunjung yang datang
  • Lama tamu yang menginap
  • Masa beroperasinya hotel
  • Jenis pelayanan yang diberikan

Itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Hotel Dan Definisinya yang bisa anda kutip sebagai pengetahuan anda, semoga berguna bagi kami para pencari informasi. Terimakasih. Baca juga Pengertian Wisata Secara Umum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed