oleh

Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa Dan Istilah Dalam Islam

Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa Dan IstilahBaru pertama kali saya disini menjelaskan pengertian dan hikmahnya berdzikir kepada Alloh SWT. Pengertian dzikir berdasarkan bahasa yaitu mengingat,sedangkan kalau berdasarkan syar’iyat yaitu mengingat kepada Alloh SWT didalam hati dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadanya supaya kita yang menjalankannya mendapatkah kebahagiaan hipu dunia dan akherat.

Makara yang dimaksud dzikir di sini bukan kita selamanya harus terus berada ditempat contohnya dimasjid, moshala atau di kawasan lainnya tapi yang dimaksud dzikir itu selamanya kita baik dalam keadaan sedang duduk,berdiri atau bagai manapun tetap kita harus selalu mengingat kepada Alloh dalam arti tidak ada batasnya dalam berdzikir

Nah untuk itu supaya kita semua ingin mendapat ketenangan jiwa dalam menjalankan kehidupan ini makanya kita harus sering kali mengingat Alloh SWT alasannya Alloh lah yang mampuh menuntaskan segala urusan dan kesulitan apapun yang kita hadapi, maka untuk itu supaya kita sempurna target dalam menjalankan dzikir kepada Allloh SWT maka kami di sini akan menyebarkan ilmu ihwal pengertian dzikir, doa secara bahasa dan Istilah.

Sebagaimana Alloh berfirman dalam  QS. Aali ‘Imroon (3) ayat 191,

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allooh sambil bangkit atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan ihwal penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Robb kami, tiadalah Engkau membuat ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Kita sebagai insan diperintah oleh Alloh SWT untuk selalu Dzikir dan berdoa dengan sebanyak-banyaknya, sebagai mana Alloh SWT telah berfirman dalam surat al-Ahjab ayat 41-42

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42

Artinya: Hai orang-orang yang beriman berdzikirlah ( dengan menyebut nama ) Alloh,dzikir yang sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang ( Qs al-Ahjab 41-42 )

Banyak kalimat-kalimat untuk berdzikir diantaranya:
1. Tasbih , Subhaanallohil ‘azhiim
2. Tahmid, Alhamdulillaahirobbil’alamiin
3. Tahlil, Laailaahaillalloh
4. Takbir, Allohuakbar
5. Hawaqolah, Lahaulawalaaquwwata illaabillaahil ‘aliyyil’azhiim

Kalimat-kalimat tersebut merupakan bab dari pembendaharaan surga. Pembaca mendapat fadilah kandungan dari kalimat-kalimat tersebut, bahkan kalimat-kalimat ini bisa juga di sebut  al-Baqiyatu sholihah, walaupun hanya membaca sekali tetap kita akan mendapat fadilah dari Alloh SWT lebih utama apa bila di baca sesering mungkin.

Rosululloh saw menjelaskan fadilah bagi pembaca al-Baqiyatu sholihah, di antaranya:

1. Dicintai Alloh swt.
2. Dicintai Rosululloh Saw.
3. Dilindungi Malaikat.
4. Dimintakan ampunan oleh malaikat kepada Alloh swt.
5. Diberikan pahala satu pohon di surga.

Rosululloh saw juga menandakan , pembaca salah satu atau beberapa kalimat yang termasuk dalam kalimat al-Baqiyatu sholihah secara terpisah , tetap akan mendapat fadilah , diantaranya :

1.Pahala Tasbih mengisi separuh timbangan, Tahmid memenuhi timbangan , dan Takbir memenuhi timbangan
2.Membaca Tasbih , Tahmid , atau Takbir yaitu sedekah.
3.Jika membaca Tasbih, Takbir, atau Tahlil, maka Alloh swt menghapuskan 25 kejahatan.
4.Jika membaca Tahmid maka Alloh swt menghapuskan 30 kejahatan.
5.Pembaca, Subhaanalloh wabihamdihi. sebanyak 100 kali dalam satu hari, Diampuni dosanya dan di tuliskan 1.000 kebajikan untuknya.
6.Jika membaca , Subhaanalloh wabihamdihi subhaanallohil ‘azhiim , maka memberatkan timbangan amal da disayangi Alloh swt
7.Membaca Hawqolah , sama dengan mendapat obat untuk 99 macam penyakit, atau paling sedikit mendapat ketenangan hati.
8.Bagi pembaca , Laailaahaillalloh wahdahu laasyarikalah lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qodiir, sebanyak 10 kali, maka Alloh swt membukakan pintu langit untuknya, memperkenankan permintaannya, dan menghapuskan keburukannya.
9.Jika membaca, ( Laailaahaillalloh wah dahu laasyarikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyi wayumitu wahuwalhayyulladz laayamutu biyadihilkhoir wahuwa ‘alaakulli syain qodiir) pasti Alloh swt memasukannya kedalam nirwana Na’im.

Dari saya di cukupkan sekian saja mengenai ihwal Pengertian Dzikir, Doa Secara Bahasa dan Istilah agar ada keuntungannya bagi kita semua, mohon maaf  bila ada kekeliruan dalam menyampaikannya ma’lum saya insan biasa.Baca juga keutamaan sholat awal waktu, pengertian iktikad islam dan ihsan, tata cara shalat istikharah lengkap dengan doanya dan masih banyak lagi artikel yang lainnya

News Feed