oleh

Pengertian Doa Berdasarkan Bahasa Dan Istilah Secara Umum Dalam Agama Islam

Pengertian DoaMenurut Bahasa Dan Istilah  – Pada kesempatan kali ini Insya Alloh saya akan menjelaskan sedikit wacana pengertian doa dan tujuannya doa, waktu berdoa dan adab(tata cara) berdoa, alasannya yaitu masih banyak dikalangan umat islam yang masih belum paham wacana mas’alah doa yang bahwasanya dan doa sanggup di baca kapan saja dan dimana saja contohnya di dalam shalat ibarat doa qunut, doa setelah shalat bahkan doa masuk WC, doa makan dan banyak bacan doa lainnya.

Sedangkan berdoa itu yaitu diperintah oleh Alloh SWT dan akan di kabulkan doa setipa hambanya, oleh alasannya yaitu itu ketika kita punya hajat apa pun baik menyangkut urusan duniawi atau ukhrowi maka segerala meminta kepada Alloh SWT dengan lapang dada dan di iring rasa rendah diri maka dengan komitmen Alloh doa itu akan di kabulkan sesuai dengan kehendak-Nya, bukan sesuai kemauan kita.

Maka dengan hal ibarat itu kami disini ingin membuatkan ilmu wacana Pengertian Doa Menurut Bahasa Dalam Agama Islam, supaya kita benar paham hakikat pengertian doa dalam agama yang sesungguhnya, jangan hingga kita berdoa tapi setelah berdoa kita selalu menunggu-nunggu pinjaman dari Alloh SWT sesuai dengan yang kita minta, alasannya yaitu Alloh telah berfirman dalam surah am-Mu’min ayat 60 yang Artinya : “berdoalah kau kepadaku,niscaya kuperkenankan seruan kau itu” (AL-mu’min : 60).

Pengertian Doa dan Tujuannya,

1. Pengertian Doa.
Berdoa yaitu memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Alloh SWT ibarat meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan ketehuhan iman. Sebaiknya kita berdoa kepada Alloh SWT setiap ketika dikernakan Alloh akan selalu mendengar dan mengabulkan atas doa-doa hambanya, itulah pengertian doa yang sebenarnya.

2. Tujuan Berdoa

  • Memohon hidup selalu dalam bingbingan Alloh SWT
  • Supaya selamat dunia dan akherat
  • Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Alloh SWT
  • Meminta proteksi Alloh SWT  dari syaitan yang terkutuk

3. Waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa

  • Waktu membaca al-Qur’an 
  • Sesudah shalat wajib ( lima waktu)
  • Waktu melakukan ibadah haji
  • Waktu berpuasa wajib ( bulan romadlon) dan puasa sunnah

4. Adab atau tatacara berdoa

  • Menghadap qiblat
  • Sebelum berdo’a membaca basmallah, istigpar, dan  hamdalah, seterusnya diikuti shalawat Nabi Muhammad SAW, keluarga serta para shahabatnya.
  • Mengangkat kedua tangan sebelum berdoa dan mengusap muka sesudahnya berdoa
  • Melembutkan bunyi serta damai ketika berdoa
  • Khusuk dan Ikhlas
  • Berharap supaya doanya diterima oleh Alloh SWT
  • Berdoa berulang-ulang dilain waktu buat mengambarkan keseriusan kita supaya di qabulkan oleh Alloh
  • Sesudah berdoa ditutup bersama shalawat dan kebanggaan kepada Alloh SWT

Ketika kita Sedang membaca doa secara berjama’ah biasanya yang membaca doa cukup satu orang yang lainnya mengikuti dengan bacaan Aamiin, alasannya yaitu kata Aamiin juga itu maksudnya sama ibarat doa yang sedang dibacakan oleh seorang imam. Kalimah aamiin itu terdiri dari empat hurup dalam bahasa Arab, sebagai mana tertanam dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik,bahwa Nabi Muhammad saw bersabda :

” Perhatikanlah ketika!!!
Nabi Musa a.s ketika sedang munajat kepada ALLAH swt. Maka ALLAH swt berfirman : ” Hai Musa,nanti Aku akan berikan kapada Umat Muhammad saw 4 Huruf :

1. Huruf Pertama dari Kitab Taurat,
2. Huruf Kedua dari Kitab Zabur,
3. Huruf Ketiga dari Kitab Injil,
4. Huruf Keempat dari Kitab Al-Qur’an.

Lalu Nabi Musa bertanya : ” Ya Tuhanku, Huruf apakah yang 4 macam itu ?” dan ALLAH swt menjawab:

Ke empat macam Huruf itu yaitu Alif,Mim,Ya dan Nun. Yang di singkat menjadi ” AaMiiN”. Maka barang siapa yang mengucapkan kata AaMiiN maka orang itu ibarat membaca 4 buah kitab – kitab yang di sebutkan di atas,yaitu Taurat,Zabur,Injil dan Al-Qur’an.Dan juga salah satu dari yang empat hurup itu masing-masing tertulis

1. Huruf Alif tertulis di Tiang Arsy ALLAH
2. Huruf tertulis di Tiang Kursi,yaitu Huruf Mim.
3. Huruf Ya tertulis di Lauhil Mahfuzh.
4. Huruf Nun tertulis di Batang Qalam.

Maka barangsiapa mengucapkan AaMiiN, maka dengan Izin ALLAH dan dengan Kekuasaan-Nya keempat macam Makhluk itu bergerak dan secara otomatis sanggup berkata-kata meminta Ampun ke Hadirat ALLAH Yang Maha Kuasa untuk orang yang mengucapkan AaMiiN itu.

Kemudian ALLAH swt berfirman : ” Saksikanlah oleh kau sekalian pada ketika ini benar – benar Aku telah mengampuni Dosa hambaku,karena memang sifatku Yang Maha Pengampun.

Adapun cara yang paling baik untuk mengucapkannya ialah bunyi “A” harus dibaca panjang dan bunyi “Min” pun harus di baca Panjang,misalnya ” AaMiiN”.

1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya Aman, Tentram
2. “AAMIN” (alif panjang dan mim pendek), artinya Meminta proteksi keamanan
3. ”AMIIN” (alif pendek dan mim panjang), artinya Jujur terpercaya
4. “AAMIIN” (alif dan mim sama-sama panjang), artinya Ya Alloh Kabulkanlah seruan kami

Kalau didalam bahasa Arab, Kalimah Aamiin termasuk Isim fill Amr yaitu isim yang mengandung pekerjaan.Sebagai maqna Para Ulama Jumhur mengartikannya dengan ‘Allahummas istajib’ (Ya Allah ijabahlah) Makna inilah yang paling berpengaruh jikalau dibanding dengan makna yang lainnya. Seperti ucapan ‘Aamiin yaitu salah satu nama dari Asma Allah.

Teman-teman seiman dan seperjuangan yang saya banggakan, itulah yang sanggup saya sampaikan tentang Pengertian Doa Menurut Bahasa Dalam Agama Islam semoga ada keuntungannya bagi kita semua.Baca juga  artikl kami pengertian iman islam dan ihsan, pengertian dzikir secara bahasa, bacaan syahadat dan masih banyak lagi yang lainnya maanya terus saja update di alamat kami ini; toplintas.com

News Feed