oleh

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kami yang kesehariannya terbiasa memakai dunia maya atau gak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya dunia maya.

Apa itu bisnis online ?

Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media dunia maya mulai dari negoisasi sampai kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer. Aku sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau semua kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi sampai mobil. Dengan kata lain meski kami hanya satu orang marketing dari satu buah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media dunia maya, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.

Bahkan yang luar biasa adalah, jika kami memiliki kemampuan memasarkan di dunia maya, sangat terbuka kesempatan luas untuk bisa membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.

Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni

  • Bisnis adalah sesuatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba secara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
  • Online adalah sesuatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang bisa diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah sesuatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media dunia maya untuk menghasilkan uang. Seperti halnya salah satu kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Dunia maya ini pun memiliki tujuan yang sama yakni menghasilkan sesuatu keuntungan.

Para Pelaku bisnis online di bagi menjadi 3 kategori:

  • Owner: sebagian orang yang memiliki produk atau jasa.
  • Marketer: mereka-mereka yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah produk tanpa mempunyai produk tersebut.
  • Publisher: sebagian orang yang mempunyai web/blog dengan menyediakan ruang sebagai tempat promosi produk.

Banyak alternatif bisnis online tempat kami memperoleh pundi – pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh jika anda bisa melakukan kegiatan klik – klik iklan yang disediakan oleh pihak Advertiser maka anda lebih cocok mendalami bisnis Paid To Click (PTC). Jika anda mempunya skill dalam menjual barang dan jasa maka bisnis Affiliasi atau Reseller sangat cocok untuk anda. Pintar meracik dan mengembangkan blog maka Bisnis Paid Per Click (PPC) bisa anda gunakan untuk meramaikan blog anda. Pintar merayu downline, MLM Online cocok buat anda. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.

Pengertian Internet Marketting

Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Dunia maya Marketing punya kesamaan makna atau makna yang sama yakni sama – sama memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan melalui dunia maya. Tetapi untuk Dunia maya Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online itu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Internet Marketting adalah sesuatu ilmu wajib yang dimanfaatkan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan usaha atau meraih penghasilan dari dunia maya. Dengan mengetahui cara dan strategi dunia maya marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media dunia maya.

Sebagai contoh apabila anda punya skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda tentunya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda membuat sebuah website dan anda kembangkan website itu dengan berbagai teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. Dengan membuat dan mengembangkan blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Dunia maya Marketing. Dan masih banyak teknik Dunia maya Marketing lainnya gak hanya dengan membuat dan mengembangkan blog, aku beri contoh dengan berpromosi melalui forum – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dsb.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE