by

Pengertian Algoritma Google Mobilegeddon

Algoritma Mobilegeddon adalah sebuah Algoritma terbaru yang akan memberlakukan sistem aturan web yang Mobile Friendly karena sudah diketahui bahwa 85% orang di dunia ini mengakses internet melalui Mobile / Ponsel / Handphone, hal inilah yang menyebabkan Google membuat Algoritma Mobilegeddon.

Bagi para situs web yang Mobile Friendly itu sangat diuntungkan dalam hal ini, karena jika biasanya web tersebut sulit untuk mendapat SERP di Google Search, maka jika Algoritma Mobilegeddon telah diluncurkan situs webnya kemungkinan akan lebih mudah untuk mendapat posisi SERP di google.

Bagi anda yang situs webnya belum memenuhi syarat Mobile Friendly, maka saya sarankan untuk merubah Desain blog anda supaya tetap mudah mendapatkan SERP Di Google search dan jika anda tak memikirkannya dari sekarang, maka siap-siaplah situs web / blog anda akan sulit mendapatkan SERP Di google Search.

Mulailah berdesain web anda supaya web anda menjadi Mobile Friendly yang nantinya akan lebih disukai oleh Algoritma Terbaru yaitu Algoritma Mobilegeddon.

Perilisan ini di karenakan bahwa Google yakin bahwa 80% penggunanya (mesin pencari) menggunakan perangkat mobile (smartphone atau ponsel biasa), sedangkan sisanya memakai perangkat desktop (komputer dan tablet/phablet). Coba kamu cari sesuatu di Google dengan browser Opera Mini yang tidak kamu centang mobile viewnya. Apakah kamu akan di lempar ke tampilan desktop? Dengan ini, Google ingin memberikan hasil terbaik kepada pengguna maupun para blogger. Dan saya sangat yakin bahwa situs non mobile friendly akan di banting dari SERP Google.

Menurut saya, algoritma ini bukanlah kabar buruk yang menakutkan. Tujuan algoritma ini adalah memberikan nilai tambah kepada situs yang MOBILE FRIENDLY.

Situs yang mobile friendly sendiri artinya adalah situs yang mudah dan cepat di buka bahkan melalui ponsel lama. Untuk mengetahuinya, silahkan kunjungi Google Mobile Friendly Test.

Ada banyak hal yang mempengaruhi mobile friendly atau tidaknya blog kita, dan itu juga yang menjadi incaran algoritma terbaru ini. Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan di blog kita.

  • Template
    Template tentunya sangat berpengaruh. Template yang mengandung banyak javascript terkesan lambat ketika di buka.
  • Iklan dan konten lainnya.
    Selain template, iklan dan konten lain (selain artikel) juga berpengaruh. Terlalu banyak iklan di header ataupun di atas posting adalah salah satunya. Selain itu, “widget” yang tidak penting juga ikut andil, kenapa? Tentu saja karena menambah beban load page. Jadi, buanglah widget/gambar-gambar tidak penting yang ada di blog kamu seperti sms me, call me, visitor counter pihak ketiga, banner teman (ganti dengan teks), gambar GIF, link keluar menuju misalnya “wapmaster”, dan lain-lain. Tempatkanlah apa yang penting saja. Kalau navigasi blog ini saya rasa sudah sesuai. Upayakan subcontent berada di bawah contentnya.
  • Internal Link / In Bound.
    Bagi yang template/buildernya tidak mendukung recent posts, kamu bisa membuatnya secara manual. Contohnya di Wapka, lagu terkait adalah salah satu contoh recent content.

Di Algoritma Google terbaru ini, menurut saya backlink tidak berpengaruh. Karena tujuan utamanya adalah soal mobile friendly. Tapi backlink tentu harus di perhatikan juga karena Google masih punya banyak algoritma dan search engine bukan hanya Google saja. Untuk penjelasan seperti cara mengatasi algoritma ini, akan saya share lain kali. Demikianlah posting tentang pengertian algoritma mobilegeddon google, cara mengatasi algoritma mobilegeddon ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed