oleh

Penentuan Penanggalan Kalender Menurut Gerak Bumi Dan Bulan

Tanpa kita sadari, bumi yang kita tempati tidak pernah berhenti berputar. Dapatkah kau mencicipi gerakan bumi? Gerakan bumi antara lain yaitu rotasi dan revolusi. Bulan merupakan anggota tata surya yang merupakan satelit bumi. 


 bumi yang kita tempati tidak pernah berhenti berputar Penentuan Penanggalan Kalender Berdasarkan Gerak Bumi dan Bulan

Bulan tidak mempunyai cahaya sendiri cahaya bulan yang memancar di malam hari yaitu sinar matahari yang dipantulkan oleh permukaan bulan.  Sebagai satelit bumi, bulan melaksanakan tiga gerakan sekaligus, yaitu berevolusi terhadap Bumi, berotasi dan gotong royong bumi mengelilingi matahari.


Gerakn bumi dan bukan di atasternyata besar lengan berkuasa terhadap penanggalan, penanggalan apa saja itu?


Kalender Masehi
Kalender Masehi ditentukan menurut kala revolusi Bumi terhadap Matahari. Satu kali revolusi bumi memerlukan waktu 365¼ hari. Kala revolusi bumi ini dipakai sebagai patokan penanggalan tahun syamsiah atau masehi.


Satu tahun pada penanggalan syamsiah ditetapkan lamanya 360 hari yang terdiri dari dua belas bulan. Jumlahnya hari dalam setiap bulannya berbedabeda, ada yang 28 hari, 30 hari, dan 31 hari. Satu tahun ditetapkan 365 hari, sedangkan kala revolusi bumi 365 ¼ hari. Setelah empat tahun kekurangannya menjadi satu hari. Oleh alasannya yaitu itu, setiap empat tahun:

a. jumlah hari pada bulan Februari bertambah satu menjadi 29 hari;
b. jumlah hari dalam satu tahun menjadi 366 hari. 


Tahun dengan ciri-ciri di atas disebut tahun kabisat. Agar gampang mengingat tahun kabisat, ditetapkan angka tahunnya habis dibagi empat.

Kalender Hijriah
Kalender Hijriah ditentukan menurut kala revolusi Bulan terhadap Bumi. Sekali berevolusi terhadap bumi, bulan membutuhkan waktu selama 29 hari 12 jam 44 menit 3 detik. Kala revolusi bulan terhadap bumi ini dimanfaatkan oleh umat Islam untuk memilih tahun Hijriah atau Komariah.

Jumlah hari pada setiap bulan di kalender Hijriah berselang-seling 30 dan 29 hari. Dengan demikian, satu bulan dibulatkan menjadi 29,5 hari. Akibat pembulatan ini, maka pada tahun Hijriah pun ada tahun kabisat yang jumlah harinya 355 hari. Dalam 30 tahun, terdapat 11 tahun kabisat. Satu tahun Hijriah lamanya 354 hari. Sedangkan satu tahun Masehi lamanya 365 hari.


Oleh alasannya yaitu itu, tahun Hijriah lebih cepat 11 hari daripada tahun Masehi. Hal ini menjadikan hari-hari besar bagi umat Islam selalu berubah-ubah lebih cepat 11 hari dari pada tahun sebelumnya pada kalender Masehi.


Demikian artikel Penentuan Penanggalan Kalender Berdasarkan Gerak Bumi dan Bulan biar sanggup bermanfaat.

Sumber: Buku Ipa sd kelas 6