oleh

Pencegahan Blighted Ovum (Kehamilan Kosong)

Blighted ovum yang sering dikenal dengan hamil kosong ialah suatu kondisi dimana perempuan merasa kalau dirinya hamil tapi bergotong-royong di dalam kandungannya tidak ada janin. Dia mencicipi tanda kehamilan pada umumnya menyerupai perut membesar, mual muntah dan p@yudara membesar.

Selain itu, perempuan yang mengalami blighted ovum juga terlambat tiba bulan. Bahkan ketika dites memakai alat test pack, kesudahannya nyata hamil.

Kondisi ini sanggup terjadi lantaran sel telur yang telah berhasil dibuahi telah melekat di dinding rahim tapi tidak membentuk embrio. Namun demikian, kantung kehamilan dan hormon kehamilan tetap terbentuk.

Penyebab blighted ovum (hamil kosong)

Pada umumnya, Blighted ovum disebabkan lantaran kelainan kromosom sehabis terjadinya proses pembuahan. Misalnya lantaran kualitas sel telur atau sel sperm@ yang jelek dan lantaran pembelahan sel abnormal.

Hamil kosong atau Blighted ovum juga sanggup disebabkan lantaran abses rubella, torch dan diabetes melitus. Selain itu, faktor usia juga meningkatkan resiko terjadi Blighted ovum.

Gejala Hamil Kosong

Perempuan yang mengalami hamil kosong atau Blighted ovum juga mencicipi tanda-tanda kehamilan pada umumnya. Hasil tes kehamilan pun mengatakan hasil nyata lantaran hormon kehamilan diproduksi oleh tubuh.

Selain tanda-tanda tersebut, tidak ada tanda-tanda khusus yang mengatakan tanda kehamilan kosong di awal masa kehamilan. Pada beberapa kasus, ada yang mencicipi flek, nyeri perut dan pendarahan yang keluar dari jalan lahir.

Penanganan Hamil Kosong

Penanganan terhadap blighted ovum sanggup dilakukan hingga terjadi keguguran secara alami. Pilihan lainnya ialah dengan melaksanakan kuretase untuk membersihkan jaringan plasenta dari dalam rahim.

Setelah kuretase, perempuan yang mengalami blighted ovum mungkin akan mengalami beberapa keluhan menyerupai kram perut namun kondisi ini tidak akan berlangsung dalam waktu lama. (baca : cara mengatasi kehamilan kosong)

Pencegahan Blighted Ovum

Kehamilan kosong atau blighted ovum tidak sanggup dicegah. Wanita yang pernah mengalami blighted ovum, masih mungkin mengalaminya lagi.

Namun demikian kalau Andan mengalami keguguran hingga tiga kali atau lebih maka perlu dilakukan investigasi lebih lanjut. Silakan lakukan investigasi bersama dengan pasangan termasuk tes genetik untuk mengetahui keadaan lebih lanjut.

INFO UPDATE