oleh

Pencarian Planet Gila Di Sistem Alpha Centauri Bakal Dimulai

Very Large Telescope milik ESO di Cile. Kredit: ESO/Y. Beletsky/LCO

 – Setelah inovasi planet Proxima b yang mengitari bintang Proxima Centauri, diperkirakan masih ada satu atau lebih planet seolah-olah Bumi di sistem bintang terdekat kita, Alpha Centauri, 4,37 tahun cahaya jauhnya. Pencarian planet abnormal tersebut siap dimulai.

Ini merupakan misi kolaborasi antara European Southern Observatory (ESO) dengan perusahaan swasta Breakthrough Initiatives, perusahaan yang mempunyai misi untuk mengirim wahana antariksa kecil yang disebut “nanocraft” ke bintang Proxima Centauri, bintang ketiga yang redup pada sistem Alpha Centauri.

Untuk hingga ke sistem Alpha Centauri, Breakthrough Starshot, begitu nama misinya, akan meluncurkan sebuah nanocraft kecil seukuran chip yang dilengkapi dengan layar laser yang besar. Laser akan menjadi tenaga utama nanocraft ini, yang diklaim sanggup menciptakan nanocraft bergerak 20 persen dari kecepatan cahaya. Dengan kecepatan itu, perjalanan ke Alpha Centauri hanya perlu 20 tahun.

Dalam kerja samanya dengan dengan ESO, Breakthrough Initiatives (yang didukung oleh miliarder Rusia Yuri Milner) akan menyediakan dana segar untuk meningkatkan kualitas instrumen pada Very Large Telescope (VLT) di Cile, teleskop raksasa milik ESO.

Instrumen-instrumen tersebut yaitu VLT Imager and Spektrometer, yang sanggup mengamati langit dalam cahaya inframerah. Dengan instrumen itu, para astronom sanggup melihat kehadiran sebuah planet (jika ada) di sistem Alpha Centauri, maupun pada bintang-bintang lainnya.

Melalui instrumen ini, nantinya planet yang ada di sistem Alpha Centauri bakal tetap muncul jutaan kali lebih redup daripada bintang indukny. Itulah mengapa Breakthrough Initiatives ingin menunjukkan dana kepada ESO, mereka ingin meningkatkan optik adaptif dan koronagrafi pada instrumen VLT untuk sanggup mengamati planet lebih terang di sistem tetangga kita ini.

Mengamati planet yang menjadi tetangga kita akan menjadi sebuah terobosan besar. Sejauh ini, kita telah menemukan ribuan planet lain di galaksi Bimasakti, tetapi planet yang berjarak relatif akrab dengan Tata Surya di Alpha Centauri menjadi sangat menarik. Dan siapa tahu, di masa depan kita sanggup mengunjungi planet tetangga tersebut.

INFO UPDATE