oleh

Amalan yang Lebih Besar Pahalanya dari Shalat dan Puasa

Amalan Yang Lebih Utama Dari Puasa, Shalat  – Dari dulu sampai sekarang banyak kaum muslim yang menganggap bahwa amalan wajib yang diperintahkan oleh Tuhan seperti shalat, puasa dan zakat memiliki ganjaran pahala yang paling besar. Oleh karenanya banyak orang yang rajin mengerjakannya.

Dengan harapan mereka akan mendapatkan keberkahan hidup dan pahala berlimpah dari Tuhan. Padahal sebenarnya, selain 3 amalan ini masih ada juga amalan-amalan lainnya yang memiliki ganjaran jauh lebih besar.

Bahkan amalan itu dianggap sangat sepele dan sering terlupakan oleh sebagian orang. lantas amalan apakah yang memiliki ganjaran pahalanya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan amalan-amalan wajib itu? Berikut informasi selengkapnya.

Ternyata amalan yang memiliki pahala lebih besar dari shalat dan puasa itu adalah menyambung silaturahim. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, sesuatu saat bertanya pada para sahabatnya, ”Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat dan puasa? Yakni engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, dan barangsiapa yang ingin panjang usia dan banyak rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi. ”

Dalam Hadis Rasulullah bersabda, ”Tebarkanlah salam, perkuat silaturahmi, santunilah fakir miskin, dan jangan tinggalkan shalat malam. ” (HR Muslim).

Barang siapa percaya kepada Tuhan dan hari akhirat, hendaklah mengadakan silaturahmi. ” (HR Bukhari-Muslim).

Beribadah kepada Tuhan dengan gak menyekutukan-Nya, melakukan shalat, mengeluarkan zakat, dan mengadakan silaturahmi, ” demikian jawaban Rasulullah SAW saat ditanya tentang perbuatan apa yang baik wajib dilakukan. (HR Bukhari).

Nabi Muhammad SAW merupakan teladan yang paling baik dalam memberikan maaf kepada musuh. Diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Auf: “Kami waktu itu sedang berkumpul bersama Rasulullah SAW dan beliau bersabda, ‘Janganlah duduk bersamaku, orang yang memutuskan persaudaraan. ‘ Mendengar perkataan itu, seorang pemuda berdiri meninggalkan majelis. ”

Ternyata pemuda itu sudah lama bertengkar dengan bibinya. Setelah mendengar perkataan dari Rasulullah itu ia kemudian meminta maaf kepada bibinya dan bibinya pun memaafkannya. Setelah itu ia kembali ke majelis, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya rahmat Tuhan gak akan turun apabila yang di sana ada orang yang memutuskan tali persaudaraan. ”

Perkataan Abu Darda r. a di atas juga dilandasi oleh salah satu hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang maknanya “Maukah aku beritahukan pada kalian sesuatu amalan yang lebih utama dari derajat mereka yang berpuasa, shalat, dan bersedekah? ”

Sontak para sahabat pun langsung menjawab “Tentu wahai Rasulullah. ”

Rasul pun segera melanjutkan perkataannya “(adalah) mendamaikan seseorang yang berselisih. Karena sesungguhnya kerusakan dari perselisihan merupakan terhalanginya seseorang dari mendapatkan pahala. ”

Demikianlah informasi tentang amalan yang lebih besar pahalanya dari pada amalan wajib. Oleh karena itu, sebagai kaum muslim sebaiknya kami selalu menjalin silaturahim pada sesama kaum muslim supaya Tuhan SWT selalu memberikan keberkahan hidup bagi setiap umat-Nya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE