by

Negara Paling Aman di Dunia

Negara Paling Aman di Dunia Menurut laporan lembaga riset Economist Intelligence Unit merunut daftar negara-negara paling aman sesuai tingkat kriminalitas dan situasi keamanan. Di mana posisi Indonesia dan negara mana yang dinilai paling tidak paling aman di dunia, hal yang membuatnya menjadi objek menarik untuk di kunjungi, manakah negara-negara yang termasuk paling aman di dunia? berikut beberapa dari negara-negara itu dan juga Kota Kota Paling Aman di Dunia.

Negara Paling Aman di Dunia Turki

Negara Paling Aman di Dunia Turki
Negara Paling Aman di Dunia Turki

Republik Turki merupakan sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

Ibu kota Turki berada di Ankara tetapi kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan 2 benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara 2 buah peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur tanah diantara Rusia dan India, Turki sudah memperoleh kepentingan strategis yang semakin tumbuh dan paling aman untuk berkunjung dan berwisata di negara tersebut.

Negara Paling Aman di Dunia Islandia

Negara Paling Aman di Dunia Islandia
Negara Paling Aman di Dunia Islandia

Penduduk Islandia sebagian besar adalah orang Skandinavia. Bahasa yang mereka gunakan merupakan bahasa Islandia yang hampir gak berubah ejaan maupun tata bahasanya selama 1. 000 tahun. Orang Islandia bahkan bisa membaca saga kuno yang menceritakan tentang petualangan para Viking tanpa kesulitan yang bermakna. Hampir semua orang Islandia menganut agama Kristen aliran Lutheran.

Islandia kembali menjadi negara paling damai di dunia, berdasarkan studi Global Peace Index 2015 yang dilakukan oleh Institute for Economics and Peace. Sementara Indonesia berada di posisi 46 dari 162 negara.Islandia berada di peringkat tertinggi berdasarkan beberapa kriteria, yakni tingkat kejahatan kriminal, keterlibatan dalam konflik dan tingkat militerisasi. Islandia juga disebut memiliki demokrasi yang stabil dengan politik yang nyaris tanpa kisruh.

Negara Paling Aman di Dunia Denmark

Negara Paling Aman di Dunia Denmark
Negara Paling Aman di Dunia Denmark

Denmark merupakan negara Nordik yang paling kecil, dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa tetapi gak berada di Semenanjung Skandinavia.

Negara ini menganut monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer. Denmark memiliki 1 pemerintah pusat, dan 98 munisipalitas sebagai pemerintah daerah. Denmark sudah menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973, tapi sampai sekarang masih belum bergabung dalam Eurozone. Denmark adalah salah satu pendiri NATO dan OECD. Denmark juga merupakan anggota dari OSCE.

Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekalian kesejahteraan sosial, adalah negara yang punya pendapatan tertinggi di dunia. Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. Dari tahun 2006 sampai 2008, survey mengatakan bahwa Denmark adalah “tempat yang paling menyenangkan di dunia”, dipandang dari standar kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Survey Global Peace Index tahun 2009 mengatakan bahwa Denmark menduduki posisi negara paling damai kedua di dunia, setelah Selandia Baru. Pada tahun 2009, Denmark adalah salah satu dari negara yang paling gak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru.

Negara Paling Aman di Dunia Austria

Negara Paling Aman di Dunia Austria
Negara Paling Aman di Dunia Austria

Austria merupakan negara dengan sistem demokrasi representatif parlementer yang terdiri dari 9 negara bagian federal, dan menjadi salah satu dari 2 negara Eropa yang mendeklarasikan kenetralannya. Austria merupakan negara anggota PBB (sejak 1955) dan Uni Eropa (sejak 1995) dan juga merupakan negara paling aman dan damai di negara tersebut.

Austria menjadi republik federal, demokrasi parlementer melalui Konstitusi Federal 1920. Diperkenalkan kembali pada 1945 pada 9 negara bagian Republik Federal. Kepala Negara adalah Presiden Federal, yang dipilih secara langsung. Ketua Pemerintahan Federal adalah Kanselir Federal, yang diangkat presiden. Pemerintahan bisa dihapus dari posisi oleh dekrit presiden maupun mosi gak percaya di kamar parlemen yang lebih rendah, Nationalrat.

Negara Paling Aman di Dunia Swiss

Negara Paling Aman di Dunia Swiss
Negara Paling Aman di Dunia Swiss

Swiss merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral tetapi tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Swiss terbagi atas 26 kanton, 6 daripadanya kadang-kadang dianggap sebagai “separuh kanton” karena berawal dari pemisahan 3 kanton, dan akibatnya hanya ada 1 wakil dalam Dewan Negara. Ibukota negara ini merupakan Bern. Kota-kota penting lainnya adalah Zurich, kota terbesar di Swiss (yang dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007, dan Jenewa, yang menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, dan UNHCR.

Swiss berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Austria dan kerajaan kecil Liechtenstein. Masyarakat Swiss menuturkan banyak bahasa, dan terdapat 4 bahasa resmi, iaitu bahasa Jerman, Perancis, Italia dan bahasa Romansh yang kurang terkenal.

Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan gak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan tempat tinggal pelbagai organisasi internasional seperti PBB yang, meskipun markas besarnya ada di New York City, tetapi banyak mendirikan kantor di Swiss.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed