oleh

Nasa Undang Masyarakat Dunia Untuk Berburu Planet

Ilustrasi bintang katai cokelat. Kredit: NASA/JPL-Caltech

 – Lembaga Antariksa AS (NASA) mengundang Anda dan seluruh masyarakat dunia untuk membantu mencari planet di tepian Tata Surya kita, maupun planet ekstrasurya. Anda tidak butuh teleskop, lantaran dengan komputer atau gawai dan koneksi internet, Anda sanggup ikut berpartisipasi.

Sebuah situs web gres yang disebut Backyard Worlds: Planet 9, memungkinkan siapapun, dari kalangan manapun, apapun jenjang pendidikannya untuk berpartisipasi dalam pencarian planet tersebut dengan melihat film singkat yang dibentuk dari gambar yang diambil oleh instrumen Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA. Film tersebut menyoroti objek yang secara sedikit demi sedikit bergerak melintasi langit.

“Ada banyak wilayah di alam semesta yang sangat luas ini yang belum diselidiki,” kata pemimpin peneliti Marc Kuchner, astrofisikawan Goddard Space Flight Center NASA di Maryland, AS.

WISE telah mengamati seluruh bab langit antara tahun 2010 sampai 2011, memproduksi survei langit paling komprehensif pada panjang gelombang inframerah yang sekarang telah tersedia untuk sanggup diakses secara gratis oleh publik dunia.

Dengan selesainya misi untuk menyurvei langit, WISE bergotong-royong sudah dipensiunkan pada tahun 2011. Namun ia telah diaktifkan kembali pada tahun 2013 dan diberi misi gres untuk membantu upaya NASA mengidentifikasi asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi. Misi ini berganti nama Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE).

Situs web Backyard Worlds: Planet 9 yang diluncurkan NASA memakai data untuk mencari benda-benda abnormal yang tidak diketahui di dalam Tata Surya kita. Publik dunia sanggup membantu dengan menemukan benda-benda abnormal tersebut kemudian melaporkan penemuannya kepada NASA.

Pencarian juga sanggup dilakukan dalam rangka menemukan benda-benda di luar Tata Surya kita yang berjarak lebih jauh, ibarat katai cokelat misalnya, yang kadang kala disebut juga sebagai bintang gagal. Katai cokelat diketahui berbentuk ibarat bintang, tapi berevolusi ibarat planet.

Pencarian planet pada situs Backyard Worlds: Planet 9 bergantung pada mata insan lantaran kita gampang mengenali benda yang bergerak. Ini ibarat versi pencarian planet era ke-21 dari teknik pencarian planet yang dilakukan astronom Clyde Tombaugh untuk menemukan Pluto pada tahun 1930.

Jika Anda menemukan objek bergerak pada kumpulan film singkat di situs web Backyard Worlds: Planet 9, temuan Anda akan diprioritaskan oleh tim sains untuk dilakukan pengamatan lanjutan oleh para astronom profesional. Jika terkonfirmasi, akan ada kredit bagi nama Anda dalam publikasi ilmiah yang dihasilkan dari proyek tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari berburu planet!

Kunjungi situs web Backyard Worlds: Planet 9 di sini: backyardworlds.org

INFO UPDATE