by

Mulai Malam Ini, Yuk Amati Hujan Meteor Delta Aquarid

 Peristiwa langit memang selalu dinantikan Mulai Malam Ini, Yuk Amati Hujan Meteor Delta Aquarid
Fireball –meteor terperinci ketika hujan meteor terjadi. Kredit: Mike Lewinski

 – Peristiwa langit memang selalu ditunggu-tunggu para pengamat langit, salah satunya bencana hujan meteor.

Peristiwa hujan meteor yang bakal terjadi dalam waktu bersahabat yakni hujan meteor Delta Aquarid Selatan (biasa disebut Delta Aquarid saja).

Delta Aquarid yakni hujan meteor yang mempunyai intensitas 15-20 meteor per jam. Jumlahnya cukup banyak sehingga rugi untuk dilewatkan.

Hujan meteor berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht. Orbit Bumi melintasi penggalan orbit komet ini sehingga pecahannya masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar menjadi meteor.

Tenang saja, meteor yang masuk ke atmosfer Bumi ukurannya hanya sebutir pasir dan seluruh penggalan ini akan habis terbakar di udara sebelum menabrak Anda di permukaan Bumi.

Cara mengamati
Hujan meteor Delta Aquarid akan muncul dari rasi bintang Aquarius. Rasi bintang ini (saat puncaknya) akan terbit di langit Timur dan akan bergerak semu ke Barat hingga Matahari terbit esok hari.

 Peristiwa langit memang selalu dinantikan Mulai Malam Ini, Yuk Amati Hujan Meteor Delta Aquarid
Letak rasi bintang Aquarius. Kredit: Stellarium,

Karena rasi bintang Aquarius sudah terbit pada pukul 21:00 waktu setempat kawasan Anda, maka hujan meteor Delta Aquarid sudah dapat diamati.

Namun hujan meteor lebih manis diamati ketika langit sudah benar-benar gelap. Jadi, direkomendasikan untuk menonton hujan meteor ini mulai tengah malam hingga Matahari terbit.

Hujan meteor Delta Aquarid bekerjsama sudah dapat diamati semenjak awal Juli kemarin hingga awal Agustus mendatang. Namun gres mencapai puncaknya pada 27, 28 dan 29 Juli 2014 yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Peristiwa ini tidak berbahaya sama sekali dan dianjurkan mengamatinya dengan mata telanjang. Tentunya dapat diamati di seluruh Indonesia dengan syarat langit cerah.

Selamat mengamati!

News Feed