oleh

Mona Lisa Meluncur Ke Bulan

— Badan antariksa asal Amerika Serikat, NASA, mengumumkan pencapaian terbarunya dengan mengirimkan lukisan Mona Lisa ke Bulan. Melalui situs membuatkan video YouTube, NASA merilis video berdurasi 1 menit 41 detik yang menunjukkan proses pengiriman lukisan fenomenal itu ke Bulan.

Dilansir Softpedia, Jumat (18/1/2013), NASA menciptakan gosip kepada publik, menyampaikan teknologi yang mereka harap sanggup menjadi acara rutin. Badan antariksa yang berkantor sentra di Washington, D.C. ini memakai sinar laser untuk mengirim gambar Mona Lisa dari Bumi ke pesawat luar angkasa yang berlokasi di orbit Bulan.

Video tersebut menunjukan bahwa gambar Mona Lisa menempuh perjalanan di hampir 240 ribu mil (sekira 386,2 ribu kilometer) dalam bentuk digital. Gambar ini dikirim dari stasiun Next Generation Satellite Laser Ranging di NASA Goddard Space Flight Center.

David Smith dari Massachusetts Institute of Technology mengatakan, ini merupakan pertama kalinya sebuah komunikasi laser dilakukan secara satu arah. “Ini merupakan pertama kalinya seseorang telah mencapai komunikasi laser satu arah pada jarak planet,” tutur Smith.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, tipe komunikasi laser sederhana ini kemungkinan sanggup difungsikan sebagai cadangan untuk komunikasi radio yang dipakai satelit. “Di masa yang akan datang, ini memungkinkan komunikasi di tingkat data yang lebih tinggi ketimbang yang disediakan oleh penghubung radio ketika ini,” pungkasnya. [okezone]

INFO UPDATE