by

Mitos Menjahit Ketika Hamil Dan Faktanya

Mitos menjahit ketika hamil hingga kini masih terus berkembang di kalangan masyarakat. Mitos yaitu sebuah ajaran kebudayaan yang dipercaya penuh oleh masyarakat bahkan dipercaya sebagai sebuah amanat nenek moyang yang harus dipercaya dan disampaikan secara turun temurun dan kalau hingga dilanggar akan terjadi sebuah peristiwa besar.

Memang niat nenek moyang itu baik namun kalau dinalar banyak sekali mitos yang seakan tidak masuk kebijaksanaan bahkan ada yang kalau diteliti secara medis tidak ada kaitannya sama sekali. Banyak sekali mitos yang dilarang dikerjakan oleh wanita selama masa kehamilan. Jika Anda belum tahu kali ini kami akan mengungkap mitos – mitos tersebut dan faktanya.

Mitos Menjahit dan Mitos lain ketika Hamil

Mitos yang berkembang di masyarakat hingga kini tidak hilang dan masih tetap dipercaya sebagai amanat nenek moyang untuk dilaksanakan. Beberapa diantara mitos tersebut antara lain yaitu sebagai berikut :

source of pixabay

Mitos dilarang keluar malam

Hingga kini mitos ini masih terus dipercaya secara turun temurun, bahkan ada yang benar – benar takut apabila harus keluar di waktu malam. Bagaimana fakta dari mitos ini ? Kali dilihat dari segi agama memang mitos ini ada benarnya, yaitu di waktu malam terutama ketika pergantian siang dan malam setan mulai banyak melancarkan agresi dalam menarik hati manusia. Maka dari itu anak kecil dan ibu hamil dianjurkan untuk tidak keluar malam, namun ini bukan larangan mutlak, hanya sebagai proposal saja. Bagaimana sebetulnya mitos ini berdasarkan para ilmuan ?

baca : mitos ibu hamil dilarang keluar malam

Mitos dilarang potong rambut

Banyak terdengar juga kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil tidak diperkenankan potong rambut. Jika hingga melakukannya maka bayi yang sedang dikandungnya akan mengalami cacat fisik. Mitos ini terdengar begitu angker lantaran dibarengi dengan ancaman yang tidak mengecewakan keras, kemudian bagaimana perilaku kita ? apakah kita perlu mempercayainya ? Masalah percaya atau tidak itu tergantung diri kita masing – masing, mau percaya atau tidak itu tidak ada yang melarang. Namun berdasarkan kami sebelum Anda mempercayai sebuah pernyataan seseorang alangkah baiknya dicari dulu referensi yang memperkuatnya. Mengenai fakta dan mitos dilarang potong rambut ketika hamil Anda bisa membaca – baca post kami beberapa waktu yang kemudian dengan judul

mitos ibu hamil potong rambut

Mitos dilarang menjahit

Salah satu mitos yang santer diberitakan yaitu mitos menjahit ketika hamil. Mitos tersebut kurang lebih menunjukan adanya ancaman ancaman kalau ibu hamil hingga melanggarnya, yaitu wanita hamil yang menjahit atau memotong pakaian maka janin dalam kandungannya akan terlahir dengan keadaan bibir sumbing. Padahal kalau dilihat secara medis, antara menjahit dan bibir sumbing itu tidak ada kaitannya sama sekali.

Secara medis bibir sumbing yang dialami oleh janin itu terjadi lantaran adanya kelainan gugusan bibir yang diakibatkan ketidak normalan fungsi dan penyatuan ketika janin mulai tumbuh dan berkembang. Keadaan ini dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor keturunan, lingkungan dan gaya hidup ibu. Penggunaan obat – obatan tertentu juga bisa menjadikan kelainan ini.

Kelainan bibir sumbing pada janin ini sudah bisa dideteksi semenjak usia kehamilan trimester pertama. Pada ketika usia janin 5 hingga 9 ahad lisan sudah mulai terbentuk sehingga kelainan pada lisan janin sudah mulai diketahui semenjak ketika itu. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kelainan itu terjadi lantaran kurangnya asupan zat besi dan lantaran pancaran radiasi, jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan menjahit kain.

Anjuran mengurut perutnya

Selain mitos menjahit ketika hamil, terdengar juga mitos mengenai proposal ibu hamil untuk mengurut perut. Dengan mengurut pecahan perut kehamilan akan berjalan dengan normal dan tidak ada kendala. Apakah mitos tersebut benar ? Bagaimana faktanya ? Perlu Anda ketahui bahwa mengurut pecahan perut ketika hamil itu justru tidak dianjurkan oleh medis lantaran memperbesar resiko terjadinya gangguan janin bahkan bisa menimbulkan keguguran apabila mengurutnya terlalu keras.

Mual dan muntah menciptakan janin kekurangan nutrisi

Mitos ini memang masuk akal, bagaimana mungkin asupan nutrisi jani bisa tercukupi apabila ibu hamil tidak mau mengkonsumsi makanan. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir lantaran keadaan ini memang telah diatur oleh Sang Maha Pencipta demi kelangsungan hidup janin dalam kandungan. Ketika ibu hamil sedang mengalami morning sickness  sebaiknya tetap mengkonsumsi masakan berfolat tinggi lantaran kebutuhan janin akan asam folat tidak bisa digantikan dengan zat lain. 

Perut terbentur tas bayi kesakitan

Benarkah mitos itu ? Mengapa hanya dibatasi tas saja ? bukankah semua benda keras itu sama saja ?? Memang selama hamil, ibu harus menjaga diri semoga perut tidak hingga terkena benturan keras baik terbentur tas ataupun benda keras lainnya. Jika benturan itu terjadi terlalu keras maka hal jelek pun bisa dialami oleh ibu hamil. Namun kalau benturan itu hanya ringan, Anda tidak perlu takut lantaran janin selalu dilindungi oleh cairan ketuban.

Tidak boleh olahraga

Tidak hanya mitos menjahit ketika hamil, olahraga yang menciptakan badan sehat pun dikabarkan bisa menciptakan kandungan terganggu. Padahal berdasarkan jago kesehatan olahraga selama hamil itu baik dilakukan asal tidak terlalu berat. Ibu hamil bisa melaksanakan aneka macam macam jenis olahraga yang kondusif menyerupai jalan kaki, senam, senam pernapasan, peregangan, renang dan lain – lain. Olahraga itu baik dan kondusif untuk ibu hamil selama bukan olahraga berat dan beresiko tinggi.

Tidak boleh naik pesawat

Menurut penelitian jago kesehatan melaksanakan perjalanan udara ketika hamil itu kondusif asalkan dilakukan ketika usia kehamilan telah melewati trimester pertama, tidak sedang menjalani hamil kembar dan tidak lebih dari 4 jam. Biasanya maskapai penerbangan sudah memiliki hukum khusus bagi penumpangnya yang sedang hamil dan memperlakukannya dengan istimewa, jadi Anda tidak perlu takut kalau harus melaksanakan perjalanan udara.

Tidak boleh memakai komputer dan handphone

Pernyataan ini memang tidak hanya sekedar mitos belaka alasannya yaitu penggunaan komputer dan handphone yang terlalu berlebihan memperbesar resiko ibu hamil terkena pancaran radiasi. Penggunaan secara masuk akal terhadap alat – alat ini tidak berbahaya alias aman, jadi kiprah Anda hanyalah mengurangi bukan menghindari sepenuhnya. Namun kalau Anda bisa menghindarinya 100% itu lebih baik.

Mitos yang berkembang di masyarakat seputar ibu hamil memang tidak sepenuhnya sesuai dengan ilmu kesehatan. Jika Anda percaya terhadap mitos itu sebaiknya jangan hingga ada yang mengandung hal berbahaya, contohnya :

  • Mitos yang tidak sesuai dengan perawatan kehamilan rekomendasi dokter
  • Mitos untuk mengkonsumsi masakan atau minuman yang berdasarkan medis membahayakan kandungan
  • Mitos yang menciptakan pikiran Anda menjadi kacau / stress

Mitos menjahit ketika hamil dan mitos – mitos lain yang telah kami tulis di atas hanyalah sebagian kecil dari kabar yang selama ini berkembang di masyarakat. Masih banyak lagi mitos lain yang tidak kami tulis pada artikel ini lantaran keterbatasan waktu dan ruang. Walaupun singkat, semoga goresan pena ini bisa menyumbangkan kemanfaatan bagi Anda.

News Feed