by

Misteri Batu Men-an-Tol

Zaman Perunggu yang terletak di Cornwall, Inggris. Menurut Wikipedia susunan tiga buah batu bulat berlubang yang letaknya tak jauh dari daerah Madron ini juga dikenal oleh warga lokal dengan nama Batu Crick.

Nama Men-an-Tol sendiri dalam Bahasa Cornish berarti ‘batu berlubang’. Men-an-Tol memiliki bentuk yang khas, berbentuk cincin seperti mata uang kuno. Formasi batuan ini tersusun dari batu-batu granit. Sesuai namanya tiga batu ini memiliki lubang yang cukup untuk dilewati orang dewasa.

Men-an-Tol dianggap sebagai batu bertuah oleh warga Cornwall dan sekitarnya. Tiga batu ini dipercaya oleh warga setempat dapat mendatangkan kesuburan bagi wanita. Legenda yang dipercaya hingga saat ini adalah jika pada bulan purnama seorang wanita melewati batu-batu berlubang itu sebanyak tujuh kali, dia akan segera hamil.

Tampaknya kepercayaan ini berasal dari legenda kuno tentang peri penjaga batu Men-an-Tol yang konon memiliki kemampuan ajaib dalam menyembuhkan. Menurut cerita, seorang ibu mendapat musibah karena seorang peri jahat. Anaknya dikutuk dan diubah menjadi buruk rupa. Kemudian si ibu membawa anaknya melewati batu Men-an-Tol dan mantra si peri jahat pun kemudian luntur. Anaknya kembali seperti semula berkat sihir si peri pelindung batu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed