by

Misteri Batu Blarney Stone

Cerita tentang batu itu berawal dari perintah Ratu Elizabeth I untuk mencabut kekuasaan Cormac McCarthy-sang pemilik kastil sebagai tuan tanah di wilayah Blarney. Ketika itu Cormac tidak yakin dengan kemampuannya membujuk sang ratu agar membatalkan perintah itu, maka ia pun memohon petunjuk pada dewi Cliodhna untuk membantunya.

Dewi Cliodhna datang dan mengatakan kepada Cormac untuk mencium batu pertama yang ia temui dalam perjalanan ke pengadilan nanti. Dan Cormac pun mengikuti suruhan sang dewi, ia menemukan sebuah batu, lalu menciumnya dan mendadak ia jadi pintar berdiplomasi hingga akhirnya berhasil membujuk Ratu Elizabeth I membatalkan pencabutan haknya sebagai tuan tanah.

Boleh percaya atau tidak tapi sampai sekarang masih banyak orang berusaha mencium Blarney Stone, meski ga gampang juga melakukannya, karena harus naik ke puncak kastil, kemudian bersandar di belakang tepi tembok pembatas tempat batu itu berada dan mendongakkan kepala supaya bibir bisa menyentuh dinding. Muach.

Blarney Stone yang dalam bahasa Irlandia disebut Cloch na Blarnan sebenarnya hanya sekeping batu kapur dengan campuran karbon yang dipasang ke salah satu bagian dari benteng Blarney. Legenda setempat yang ditulis situs resmi Blarney Castle menyebutkan kalau batu ini adalah hadiah dewi Cliodhna pada Cormac McCarthy Laidir, sang pendiri kastil. Kala itu McCarthy sedang terlibat dalam perkara. Ratu Elizabeth I konon memerintahkan Cormac McCarthy dicabut haknya sebagai tuan tanah di wilayah Blarney.

Tak yakin dengan kemampuannya membujuk sang ratu agar membatalkan perintah itu, Cormac pun memohon petunjuk kepada sang dewi. Cliodhna kemudian mengatakan kepada MacCarthy untuk mencium batu pertama yang ia temui dalam perjalanan ke pengadilan nanti. Ketika Cormac melakukannya, konon mendadak ia jadi pintar berdiplomasi dan akhirnya berhasil membujuk sang ratu untuk membatalkan pencabutan haknya sebagai tuan tanah.

Kemudian Cormac pun membawa pulang batu tersebut dan memasangnya di salah satu dinding kastil. Sejak itu kemasyhuran batu yang ia namai Eloquence atau ‘kefasihan’ itu pun menyebar di antara masyarakat. Sekarang benteng itu menjadi salah satu tujuan wisata populer di Irlandia. Sejak berabad-abad yang lalu, jutaan orang telah berbondong-bondong ke Blarney. Tentu saja sebagian besar dari mereka mendatangi tempat itu untuk mencium Blarney Stone. Berkeliling menikmati keindahan arsitektur dan panorama sekitar Blarney Castle hanya merupakan tujuan sampingan.

Konon tak hanya orang biasa saja, negarawan dunia, sastrawan dan beberapa ‘legenda dalam dunia perfilman’ pun mencium batu ini untuk mendapatkan keahlian mereka dalam berbicara di depan publik. Anda juga tertarik untuk mencobanya? Tetapi bukan hal yang mudah untuk dapat mencium Blarney Stone. Untuk melakukannya Anda harus naik ke puncak kastil, kemudian bersandar di belakang di tepi tembok pembatas tempat Blarney Stone berada dan mendongakkan kepala hingga bibir bisa menyentuh dinding.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed