Minyak Goreng Bekas Keuntungannya Bikin Nyesel, Kenapa Gres Tahu Sekarang

0
8

Minyak goreng bekas biasanya hanya dibuang begitu saja. Hal ini dilakukan lantaran minyak goreng yang telah digunakan alias jelantah bisa membahayakan kesehatan. Oleh lantaran itulah, para ibu rumah tangga menentukan untuk membuang minyak jelantahnya.

Namun, pernahkah terbersit di benak kau jikalau ternyata minyak jelantah itu ada gunanya ? Kalau ternyata manfaat minyak jelantah ada banyak kan sayang jikalau hanya dibuang begitu saja.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa kegunaan minyak goreng bekas. Tak hanya untuk materi bakar saja, tapi masih ada kegunaan minyak jelantah yang lain.

Minyak goreng bekas biasanya hanya dibuang begitu saja Minyak Goreng Bekas Manfaatnya Bikin Nyesel, Kenapa Baru Tahu Sekarang

Apa saja manfaat minyak jelantah itu ?

Minyak jelantah yang dibuang di akses air atau di kolam basuh piring bisa menyumbat akses sehingga air tidak bisa berjalan lancar. Daripada menjadikan kerugian, minyak goreng bekas bisa Anda manfaatkan sebagaimana berikut ini :

1. Minyak goreng bisa digunakan untuk sabun cair

Minyak goreng bekas biasanya hanya dibuang begitu saja Minyak Goreng Bekas Manfaatnya Bikin Nyesel, Kenapa Baru Tahu Sekarang

Dengan adonan materi tertentu, minyak jelantah sanggup digunakan sebagai sabun cair. Maski minyak jelantah bisa dibentuk sabun ? Memang benar, jelantah bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sabun cair.

Hal tersebut pernah dikemukakan oleh mahasiswa berjulukan Gregorius Rionugroho dari Universitas Diponegoro Jurusan Teknik Kimia. Dia mencoba untuk menciptakan sabun cair dari minyak jelantah dan debu kulit randu.

Agar berhasil menjadi sabun cair, Rionugroho mencampur minyak goreng bekas dengan kalium hidroksida dan dipanaskan hingga 110 derajat celcius.

Kalium hidroksida itu sendiri diperoleh dari debu kulit randu yang telah diekstraksi menjadi soda camilan cantik dan dilarutkan menjadi kalium hidroksida.

2. Minyak goreng bekas disulap jadi cairan pembersih lantai

Tak hanya bisa digunakan untuk sabun cair, minyak jelantah juga sanggup digunakan sebagai pembersih lantai. Hal ini pernah dipraktekkan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka memberi nama percobaannya dengan “Karbol Milan”.

Ada 3 tahap yang dilakukan biar minyak jelantah sanggup digunakan sebagai cairan pembersih lantai, yaitu menjernihkan minyak, menciptakan cairan karbol dan pengemasan produk.

Produk pembersih lantai dari minyak goreng bekas ini mereka bagi dalam aneka macam macam aroma, yakni aroma apel, jeruk nipis, bougenvile dan melati.

Mereka menyampaikan jikalau minyak jelantah itu termasuk limbah yang sanggup mencemari lingkunagn lantaran tidak bisa larut ke dalam air. Apabila minyak goreng bekas dibuang begitu saja maka bisa mencemari air.

3. Minya bekas bisa digunakan untuk menciptakan lampu

Bagi Anda yang tinggal di kawasan yang sering mati lampu, minyak goreng ebkas bisa Anda gunakan sebagai materi bakar lampu minyak. Anda bisa menyalakan lampu minyak dengan jelantah tanpa ribet dan tanpa banyak biaya.

Bagaimana caranya ? Gampang banget, siapkan wadah yang tidak bocor dikala terkena panas api, contohnya kaleng. Tuangkan minyak jelantah ke dalamnya. Ambil kapas, padatkan kemudian taruh di tengah. Tunggu hingga minyak goreng bekas membasahi kapas kemudian nyalakan api dengan korek.

4. Jelantah bisa jadi pupuk penyubur

Minyak goreng bekas biasanya hanya dibuang begitu saja Minyak Goreng Bekas Manfaatnya Bikin Nyesel, Kenapa Baru Tahu Sekarang

Chris Nathaniel, seorang pakar hortikultura yang berasal dari Tropiculture Australia menyebutkan bahwa penggunaan pupuk karbon dari minyak goreng bekas ini cukup dengan disemprotkan tapi jangan terlalu sering. Kalau terlalu sering justru bisa menutup pori pernapasan pada daun.

5. Minyak jelantah bisa dibentuk materi bakar biodiesel

Anda niscaya tidak menyangka jikalau ternyata minyak jelantah bisa dijadikan sebagai materi bakar biodiesel. Mahasiswa dari UII Yogyakarta menemukan metode untuk memanfaatkan minyak goreng bekas sebagai materi bakar.

Proses pembuatannya yaitu dengan memperlihatkan pedoman listrik pada minyak jelantah dengan waktu tertentu. Elektroda yang digunakan untuk mengaliri listrik diberi larutan khusus berjulukan kitosan gel.

Langkah ini bisa mengubah minyak jelantah menjadi dua lapisan yaitu lapisan glierol berwarna coklat dan lapisan berwarna kuning keruh yang merupakan biodiesel. Kalau tahu begini kau niscaya tak akan membuang bekas minyak goreng begitu saja.

6. Minyak aroma terapi dari jelantah

Sungguh di luar dugaan, ternyata minyak goreng bekas juga bisa dibentuk sebagai minyak aroma terapi. Minyak aroma terapi yang dibentuk dari jelantah dijual dengan sebutan Mijel Natural Relaxants. Untuk menciptakan minyak ini, jelantah dijernihkan dulu kemudian diberi jeli yang berbeda-beda menyerupai vanila, cokelat dan kopi.

Setelah tahu kegunan dan manfaat minyak goreng bekas tersebut, Anda niscaya sayang jikalau mau membuangnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.