Home Perawatan Kehamilan Minum Susu Hamil Sebaiknya Berapa Kali Sehari ?

Minum Susu Hamil Sebaiknya Berapa Kali Sehari ?

0
100

Minum susu hamil sebaiknya berapa kali sehari ya ? Mungkin ketika ini Anda sedang mencari isu terkait hal itu, alasannya yaitu jarang sekali orang yang membahas wacana hitungan kali minum susu dalam setiap harinya. Minum susu seakan menjadi hal yang wajib harus dilakukan oleh ibu hamil, pasalnya susu mempunyai kandungan nutrisi yang sangat diharapkan oleh ibu hamil.

Sebelum melanjutkan bahasan wacana ini, alangkah baiknya Anda kenali terlebih dahulu susu yang baik untuk ibu hamil. Silakan baca informasinya pada susu ibu hamil muda yang anggun untuk perkembangan janin.

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan nutrisi pada susu, terutama kalsium itu sangat penting bagi ibu hamil, pasalnya tak hanya ibu yang membutuhkan kalsium tapi janin juga butuh kalsium untuk membantu pembentukan dan perkembangan otot, tulang dan gigi. Kalau asupan kalsium ibu hamil tidak tercukupi maka janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu.

Minum susu hamil sebaiknya berapa kali sehari ya  Minum Susu Hamil Sebaiknya Berapa Kali Sehari ?
image from pixabay

Berapa Kali Sebaiknya Minum Susu Hamil ?

Apabila janin sudah mengambil kalsium dari tulang ibu, maka tulang ibu hamil akan bermasalah, bahkan sanggup mengalami pengeroposan (osteoporosis). Maka dari itu lah ibu hamil seakan wajib minum susu selama kehamilan berlangsung.

Mengenai berapa kali minum susu hamil setiap hari, itu diubahsuaikan dengan kebutuhan. Maksudnya, tidak ada hukum niscaya mengenai berapa kali ibu hamil harus minum susu setiap harinya.

Sebagaimana dianjurkan dalam kemasan produk susu kehamilan, ibu hamil hamil dianjurkan untuk minum susu kehamilan sehari dua kali pada waktu pagi dan malam. Minum susu dua kali sehari yaitu hal yang umum dipilih oleh para ibu hamil alasannya yaitu dirasa sudah cukup.

Bagaimana jikalau minum susu lebih dari dua kali sehari ? Sekali lagi kami sampaikan bahwa minum susu itu diubahsuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja jikalau Anda mengalami mual dan muntah yang agak parah. Setiap makan nasi muntah, maka minum susu sanggup dilakukan lebih dari dua hari untuk mendapat pelengkap energi.

Namun demikian, Anda tetap harus membatasi diri, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi susu alasannya yaitu sanggup menimbulkan problem pencernaan menyerupai perut mules dan diare.

Meskipun Anda ketika ini mengkonsumsi susu kehamilan dengan harga mahal namun penggunaannya harus tetap dibatasi, dihentikan terlalu berlebihan. Misalnya susu Anmum materna, ini yaitu susu kehamilan yang dibandrol dengan harga tidak mengecewakan tinggi. Meski harganya tinggi tapi tetap dihentikan dikonsumsi berlebihan, harus diubahsuaikan dengan kebutuhan saja. Silakan baca berbahayakah susu anmum materna untuk ibu hamil ?

Manfaat Minum Susu Bagi Ibu Hamil

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang pas, susu kehamilan akan menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu  hamil. Apa saja manfaat minum susu bagi ibu hamil itu  ? Diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Mencukupi kebutuhan kalsium
  • Membantu menyeimbangkan protein bagi ibu hamil
  • Sebagai sumber vitamin D
  • Meringankan mual dan muntah
  • Membantu mencukupi kebutuhan cairan badan ibu hamil

Susu mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi ibu hamil, maka ibu hamil sangat tidak dianjurkan meninggalkan minum susu selama hamil kecuali jikalau ibu hamil alergi terhadap susu.

Ada sebagian ibu hamil yang perutnya benar – benar menolak susu, jikalau minum susu eksklusif muntah. Kalau keadaannya menyerupai ini maka jangan dipaksakan, silakan cukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan selain susu. Silakan baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

Satu hal yang perlu untuk diperhatikan dalam menentukan susu yang akan dikonsumsi, yaitu ibu hamil perlu mengusut apakah susu yang akan diminum sudah dipasteurisasi.

Susu yang sudah dipasteurisasi yaitu susu yang kondusif untuk dikonsumsi ibu hamil dikarenakan telah terbebas dari basil berbahaya. Kalau susu itu belum dipasteurisasi, kemungkinan masih terkotori basil yang membahayakan keselamatan janin.

Biasanya, produk olahan susu sudah ada goresan pena “dipasteurisasi” apabila dalam pengolahannya memang sudah dipasteurisasi. Untuk itu, coba periksa kemasan produk olahan susu yang akan Anda konsumsi.

Demikian isu terkait minum susu hamil sebaiknya berapa kali sehari. Semoga kehamilan Anda berjalan dengan baik dan tak banyak keluhan hingga persalinan berlangsung dengan lancar. Amiiin