by

Menyusui Dikala Batuk Pilek Tetap Kondusif Bagi Bayi, Begini Caranya!

Banyak yang menanyakan apakah menyusui ketika batuk pilek kondusif bagi bayi ? Pertanyaan ini muncul dari rasa kekhawatiran bunda terhadap sang buah hati kesayangan.

Mulai kini jangan khawatir lagi lantaran gotong royong menyusui ketika ibu sedang batuk pilek itu kondusif bagi bayi. Anda harus tetap menyusui sang buah hati pas dalam keadaan pilek.

Sebagian besar penyakit memang menular melalui ASI (air susu ibu). Kontak tubuh dan kedekatan sang ibu juga sanggup menjadi penghantar penularan penyakit. Namun antibodi yang terkandung di dalam ASI sanggup melindungi bayi dari jerawat penyakit yang diderita oleh ibu.

Banyak yang menanyakan apakah menyusui ketika batuk pilek kondusif bagi bayi  Menyusui Saat Batuk Pilek Tetap Aman Bagi Bayi, Begini Caranya!
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Bolehkah Menyusui Saat Batuk Pilek ?

Menyusui anak ketika kondisi tubuh lagi sakit batuk pilek boleh dan kondusif dilakukan. Beberapa alasan yang mendasari antara lain ialah sebagai berikut :

1. ASI mengandung antibodi yang baik

Kontak pribadi dengan bayi ketika dalam keadaan batuk pilek mungkin sanggup menularkan penyakit pilek namun ASI mempunyai zat antibodi yang berfungsi untuk mentransfer protein serta melawan penyakit yang akan menyerang si kecil.

Jika Anda sedang batuk pilek dan tetap menyusui sang buah hati, kecil kemungkinan beliau akan tertular penyakit Anda. Untuk itu, ibu yang sedang batuk pilek hendaknya tetap menyusui si kecil.

2. Bayi tetap mendapat asupan nutrisi yang baik

Nutrisi yang paling dianjurkan untuk bayi ialah ASI (air susu ibu) lantaran kemungkinan besar nutrisi yang terdapat di dalam ASI lebih besar daripada makanan yang lain.

3. Bayi dan ibu lebih nyaman

Menyusui si kecil tak hanya sekedar menciptakan si kecil kenyang tapi beliau jauh merasa lebih nyaman. Melemaskan tubuh dengan menyusu sanggup memicu pelepasan hormon oktisin yang sanggup menciptakan ibu terbebas dari stress sehingga ibu merasa sangat nyaman.

4. Menjaga terjadinya penurunan suplai ASI

Apabila Anda berhenti menyusui bayi dalam waktu sementara maka akan terjadi penurunan suplai ASI. Untuk itu, meski dalam keadaan batuk pilek sebaiknya ibu tetap menyusui kepada sang buah hati.

5. Dapat mengurangi risiko terjadinya mastitis

Infeksi pada bab payud@ra sanggup saja terjadi bila ibu berhenti menyusui anaknya untuk sementara waktu. Oleh alasannya itu, ibu dianjurkan untuk tetap menyusui anaknya meski sedang pilek.

Tips Aman Menyusui Saat Batuk Pilek

Meski kondusif dilakukan, namun ibu yang akan menyusui sang buah hati dalam keadaan batuk pilek sebaiknya memperhatikan beberapa hal semoga tidak terjadi hal tak diinginkan. Berikut ialah tips kondusif menyusui bayi ketika batuk pilek :

1. Cuci tangan Anda ketika hendak menyusui

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum mulai menyusui sang buah hati. Saat pilek, besar kemungkinan tangan terkena virus yang sanggup menular kepada si kecil ketika menyusui.

2. Pakai masker

Untuk menghindari penularan virus dari lisan sebaiknya Anda pakai masker lisan ketika menyusui si kecil. Jangan abaikan hal ini semoga tidak menyesal di kemudian hari.

3. Konsumsi makanan sehat

Agar kualitas ASI senantiasa terjaga dengan baik, Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Buah dan sayur jangan hingga diabaikan lantaran banyak mengandung nutrisi bermanfaat.

4. Jangan mencium bayi

Kehadiran sang buah hati memang sangat menggemaskan, namun Anda harus ingat bahwa ketika ini Anda sedang batuk pilek. Sebaiknya jangan mencium bayi semoga bayi tidak tertular penyakit yang Anda derita.

Sekarang Anda niscaya sudah mendapat balasan dari pertanyaan : bolehkah ketika batuk pilek menyusui anaknya ?

News Feed