oleh

Mengenal Gaya Mendasar Alam Semesta

— Sesaat sehabis terjadi Big Bang (ledakan besar), terciptalah gaya-gaya yang menjaga keseimbangan alam semesta, ada 4 gaya yang dimaksud. 4 gaya tersebut disebut gaya “fundamental alam” yang terdiri dari, gaya inti besar lengan berkuasa dan gaya inti lemah keduanya mengatur alam semesta dalam skala partikel subatomik, kemudian gaya gravitasi dan elektromagetis mengatur alam semesta dalam skala besar.

Berikut klarifikasi mendetail mengenai 4 mendasar alam tersebut:

1. Gaya inti besar lengan berkuasa atau nuklir kuat

Gaya ini merupakan yang terkuat dari 3 gaya lainnya. Gaya ini menjaga neutron dan proton tetap berada pada inti atom. Gaya ini juga menjaga semoga quark tetap terikat dalam proton dan neutron. Quark sendiri merupakan partikel elementer yang membuat partikel hadron, hadron terbagi menjadi dua jenis yaitu meson dan baryon, proton dan neutron termasuk jenis baryon. Dalam gaya ini proton dan neutron telah di atur jaraknya dengan sangat sempurna alasannya yaitu kalau gaya tersebut sedikit saja lebih lemah maka neutron dan proton akan menjauh dan kalau gaya tersebut sedikit lebih besar lengan berkuasa maka proton dan neutron akan bertabrakan. Gaya nuklir besar lengan berkuasa bernilai: 15.

2. Gaya inti lemah atau nuklir lemah

Gaya inilah yang bertanggung jawab atas keseimbangan proton dan neutron. Saat inti atom mengalami peluruhan radioaktif. Inti atom yang tidak stabil sanggup memancarkan radiasi berbahaya, di situ lah salah satu fungsi gaya inti lemah, yaitu menjaga semoga tidak terjadi radiasi yang membahayakan manusia.

Gaya ini lebih lemah dibanding elektromagnetis & gaya nuklir besar lengan berkuasa alasannya yaitu perbandinganya yaitu adalah 10−11 kali kekuatan gaya elektromagnetik dan 10−13 kali gaya nuklir kuat. Salah satu efek dari gaya ini yaitu peluruhan beta. Nilai gaya ini yaitu 7,03 x 10^ -3.

3. Gaya elektromagnetik

Gaya ini yaitu gaya yang diakibatkan oleh medan elektromagnetik terhadap partikel-partikel bermuatan listrik. Gaya ini menjadikan partikel yang bermuatan berlawanan saling tarik-menarik dan membuat partikel yang bermuatan sama saling menolak. Gaya ini menjaga semoga elektron dan proton tetap bersama dalam atom kemudian menjaga atom-atom semoga tetap bersama dalam molekul. Fenomena sehari-hari yang biasa kita alami kecuali gravitasi merupakan hasil dari gaya elektromagnetis. Gaya ini bernilai 3,05 x 10^ -12.

4. Gaya gravitasi

Gaya ini yaitu gaya tarik menarik antara partikel bermassa. Fisika modern mendeskripsikan gaya ini dengan teori relativitas umum Einstein dan teori gravitasi universal Newton. Teori milik Newton lebih sederhana dan dalam beberapa kasus cukup akurat.

Gravitasi memberi efek yang sangat besar bagi alam semesta menyerupai gravitasi matahari yang menjaga semoga benda langit yang mengitarinya tetap pada orbitnya. Nilai gravitasi yaitu 5,9 x 10^ -39.

Dengan begini didapati bahwa gaya yang paling besar lengan berkuasa yaitu gaya inti besar lengan berkuasa dan yang terlemah yaitu gaya gravitasi, berikut perbandingannya.

Gaya Inti Kuat : 15
Gaya Inti Lemah : 7,03 x 10^ -3
Gaya Elektromagnetik : 3,05×10^-12
Gaya gravitasi : 5,9 x 10^ -39

[AlamSemestaku]

INFO UPDATE