oleh

Mengamati Galaksi Dari Tepiannya

Galaksi NGC 1055. Kredit: ESO

 – Struktur menyerupai jalur yang berwarna-warni ini merupakan kumpulan bintang, gas, dan abu yang terikat gravitasi bersama-sama, atau yang kita kenal sebagai galaksi. Bernama NGC 1055, ia merupakan galaksi spiral yang dipotret dari tepiannya.

Gambar ini diperoleh para astronom melalui Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory (ESO). Galaksi NGC 1055 ini diperkirakan mempunyai diameter sekitar 15% lebih besar dari diameter galaksi kita, Bimasakti.

Tampak dari tepiannya, NGC 1055 tidak mempunyai banyak lengan yang menjadi karakteristik galaksi spiral pada umumnya. Namun pada kenyataannya, galaksi spiral ini mempunyai liku lengan yang abnormal yang disebabkan oleh interaksi dengan galaksi tetangganya yang besar.

Sejauh ini, para astronom telah mengamati galaksi spiral dalam segala macam orientasi pandangan dari Bumi. Ada yang seakan-akan kita mengamatinya dari atas menyerupai galaksi NGC 5194, ada yang seakan-akan kita melihatnya dari samping menyerupai galaksi Andromeda, dan ada pula yang menyerupai galaksi NGC 1055 ini; kita melihat dari tepiannya!

Ternyata ada laba tersendiri jikalau kita melihat sebuah galaksi dari tepiannya, adalah memungkinkan kita untuk mendapat citra menyeluruh perihal bagaimana bintang-bitang di saa terdistribusikan ke seluruh galaksi, serta kita juga dapat mengukur seberapa “tebal” cakram galaksi tersebut.

Perspektif menyerupai ini juga memungkinkan para astronom untuk mempelajari bentuk keseluruhan dan sifat-sifat dari cakram galaksi, yang mana pada pengamatan NGC 1055 ini kita melihat adanya kelengkungan pada cakramnya sehingga galaksi ini tampak bungkuk yang disebabkan oleh interaksi dengan galaksi terdekatnya, Messier 77.

NGC 1055 sendiri terletak sekitar 55 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi di rasi bintang Cetus. Gambar ini diperoleh dengan memakai insrumen FOcal Reducer and low dispersion Spectrograph 2 (FORS2) yang terpasang pada VLT di Observatorium Paranal, Cile.


Sumber: ESO

INFO UPDATE