by

Menemukan Galaksi Kerdil Awan Magellan Besar Di Langit Malam

Kenampakan galaksi kerdil Awan Magellan Besar di Ungasan, Bali. Kredit: Sandi Astina Putra

 – Selain mengamati bentangan galaksi Bimasakti, kita ternyata juga sanggup mengamati galaksi kerdil Awan Magellan Besar, galaksi satelit yang mengorbit galaksi kita. Galaksi kerdil Awan Magellan Besar cukup terperinci untuk diamati dengan mata telanjang. Ingin coba observasi? Simak uraian berikut ini.

Sekadar informasi, galaksi kerdil Awan Magellan Besar terletak pada jarak kurang dari 163.000 tahun cahaya ( 50 kiloparsec), ia merupakan galaksi terdekat ketiga dari Bimasakti sesudah galaksi kerdil elips Sagitarius ( 16 kiloparsec) dan galaksi kerdil Kanis Mayor ( 12,9 kiloparsec).

Galaksi kerdil Awan Magellan Besar bermassa kira-kira 10 miliar kali dari massa Matahari, membuatnya kira-kira 1/100 massa Bimasakti. Diameternya diperkirakan sekitar 14.000 tahun cahaya ( 4,3 kiloparsec). Awan Magellan Besar merupakan galaksi terbesar ke empat dalam Grup Lokal, sesudah Galaksi Andromeda (M31), Bimasakti, dan Triangulum (M33).

Memulai Pengamatan

Dalam pandangan mata telanjang, galaksi kerdil Awan Magellan Besar bakal terlihat sebagai “awan” yang samar dan redup di langit malam di arah langit selatan. Namun, kenampakannya tidak benar-benar menyerupai awan. Bila Anda amati gambar yang dipotret di Ungasan, Bali oleh astrofotografer Sandi Astina Putra di atas, galaksi kerdil ini mempunyai bentuk yang khas.

Posisinya di langit terletak di perbatasan antara rasi bintang Dorado dan Mensa. Kita di Bumi sanggup melihat galaksi kerdil Awan Magellan Besar dengan ukuran sudut yang 20 kali lebih besar dari diameter sudut Bulan Purnama.

Pengamatan galaksi kerdil Awan Magellan Besar paling baik dilakukan mulai Agustus sampai Desember tiap tahunnya, ketika ia berada di titik tertinggi di langit dikala dini hari. Namun bagi Anda yang ingin mengamatinya sebelum dikala terbaiknya, Anda sanggup memakai aplikasi peta langit semoga lebih gampang menemukan posisinya.

Kabar baiknya, galaksi kerdil Awan Magellan Besar akan muncul dengan magnitudo 0,9, sehingga sanggup terlihat dengan mata telanjang dengan syarat lokasi pengamatan Anda bebas polusi cahaya dan cuaca cerah. Pengamatan terbaik sanggup dilakukan memakai binokuler ataupun teleskop.

Selamat observasi!


Referensi: Clouds of Magellan, EarthSky, Wikipedia.

News Feed