by

Mempercantik Rumah dengan Kolam Ikan Koi

Mempercantik Rumah dengan Kolam Ikan Koi, beberapa penggemar Koi ada yang tidak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Koi merupakan Ikan yang akan nampak indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping, maka memelihara Koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal.

Memelihara dan merawat ikan koi bisa menjadi salah satu hobi bagi pemilik tempat tinggal yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Memiliki kolam ikan koi dipercaya bisa mengurangi stress penghuni, menambahkan keindahan taman, serta menambahkan hoki, rejeki dan panjang umur.

Tetapi, memelihara ikan koi gak bisa sembarangan dan membutuhkan perencanaan yang matang. Supaya ikan koi selalu sehat, baca juga Cara Budidaya Ikan Koi  maka dibutuhkan kolah yang bersih. Kemudian, gimana cara merawatnya? Ini ia beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Ukuran kolam

Sesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dipelihara. Kedalaman kolam yang baik minimal 60 cm supaya ikan tidak bisa loncat keluar dari kolam.

  • Pompa air

Gunakan sebaiknya minimal 2 kali dari kapasitas air kolam, supaya air cepat tersedot kedalam filter.

  • Buat chamber filter

Jika lahan Anda mencukupi. Ruang ini terdiri dari 4 sekat. Pertama diisi filter mekanis berupa filter brush untuk penyaring awal air dari kotoran. Sekat kedua, diletakkan antara filter mekanis dan filter biologis, yakni berupa filter mat atau filter wool sebagai penyaring kedua supaya air lebih bersih. Sekat ke 3 diisi filter biologis berupa karbon aktif untuk menghilangkan bau amis air kolam. Anda bisa menggabungkannya dengan batu zeolit untuk menyerap amoniak dan menjernihkan air. Sekat terakhir merupakan penempatan pompa air yang mengalirkan air bersih ke kolam setelah melalui proses pembersihan beberapa sekat filter sebelumnya.

  • Pemberian makanan

Ikan koi cukup dikasih 2 kali pada pagi dan sore hari. Berikan secukupnya, dan jika ada makanan yang tersisa, segera keluarkan dari kolam supaya gak mendatangkan bakteri jahat atau amoniak.

Jika kolam sudah dilengkapi filter dan pompa yang baik, maka perawatan cukup dilakukan sebulan sekali dengan mengganti air supaya selalu bersih dan bening. Dengan air yang bening, ikan akan tetap sehat bahkan kami pun bisa melihat keindahan warna ikan koi itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed