oleh

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan baik. Rambut gak lain merupakanh filamen protein mati, masing­masing folikel ditempatkan jauh di dalam dermis atau lapisan dalam kulit. Komponen utama rambut disebut dengan keratin. Rambut panjang dan berkilau selalu dianggap sebagai tanda rambut sehat. Rahasia di balik itu terletak pada pola makan yang sehat dan perawatan rambut yang tepat. Perawatan rambut yang tepat pada dasarnya termasuk pelembab dan pembersih, yang membantu mengatasi masalah umum seperti rambut rusak, rambut kering, penipisan rambut, dan ketombe.

Minyak kelapa untuk rambut

Nutrisi dan pelembab ,Minyak kelapa bisa memelihara setiap helai rambut dengan menembus jauh ke dalam batang rambut. Minyak kelapa memberikan kelembutan ke dalam folikel rambut, mencegah rambut patah dan kering. Minyak kelapa menambahkan kekuatan dan vitalitas rambut dengan pelembab dari dalam, dan melindungi dari kondisi lingkungan yang keras. Minyak kelapa secara khusus cocok untuk rambut kering, yang lebih rentan terhadap kerusakan. Ini berisi vitamin E, yang diyakini berguna untuk merawat rambut dan mencegah rambut rontok dengan berlebih. Memakai minyak kelapa untuk rambut sebelum keramas bisa membantu mencegah hilangnya minyak
alami dari folikel rambut selama proses keramas.

Menjaga kesehatan kulit kepala

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Oleh karena itu, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit kepala dan untuk menyembuhkan gigitan serangga serta mengobati jerawat dari kulit
kepala. Hal ini juga bisa membasmi kutu dan ketombe dari kulit kepala. Ketombe yang berlebihan bisa memperlambat pertumbuhan rambut dengan memblokir folikel rambut. Kandungan asam kaprat yang ditemukan di dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba. Jadi, hal ini bisa membantu menjaga kulit kepala.

Mencegah kehilangan protein

Minyak kelapa merupakan emolien yang sangat baik dan menjadi sumber yang kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam laurat. Asam laurat terbukti efektif dalam pertumbuhan rambut, karena memiliki afinitas tinggi untuk protein rambut. Hal ini bisa mengikat dengan protein rambut dan dengan demikian mencegah rambut mengalami kerusakan.

Membuat rambut kuat dan elastis

Asam linoleat, yang ditemukan di dalam minyak kelapa, bisa membantu menjaga rambut supaya terhidrasi dengan baik dan mempertahankan elastisitasnya. Minyak kelapa juga berisi asam oleat, yang bisa membuat rambut lebih tebal dan lebih kuat.

Meningkatkan sirkulasi darah

Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, yang akan meningkatkan aliran oksigen ke folikel rambut. Sirkulasi darah yang tepat bisa memastikan pasokan nutrisi yang memadai untuk folikel rambut dan dengan demikian, merangsang pertumbuhan rambut.

Cara memakai minyak kelapa untuk rambut

Supaya mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa untuk rambut, maka wajib menggunakannya dengan sedikit hangat, kemudian dipijat dengan lembut pada kulit kepala. Anda bisa membiarkannya semalaman, atau hanya untuk 1­2 jam, sebelum mencucinya dengan sampo ringan. Jika gak dicuci dengan bersih, minyak kelapa justru bisa menyumbat folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Jika rambut anda lurus maupun bergelombang, anda bisa memakai minyak kelapa sebelum mencuci rambut anda. Tapi bagi mereka yang memiliki rambut keriting dan tebal, akan mendapatkan keuntungan lebih dengan menerapkan minyak kelapa sebelum dan setelah keramas. Seringkali banyak orang yang juga bisa memanfaatkan khasiat minyak kelapa selama keramas, dengan mencampurnya dengan sampo atau kondisioner.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Manfaat minyak kelapa bagi kecantikan antara lain bisa digunakan untuk perawatan rambut dan sebagai pelembab kulit. Supaya kulit terhindar dari kekeringan.

  • Merawat rambut

Setiap orang pasti dikaruniai 1 buah rambut, dimana setiap rambut itu berfungsi melindungi kepala kami. Untuk melindungi kepala kami, rambut tentunya perlu perawatan juga, supaya gak rusak. Banyak berbagai hal yang bisa membuat kerusakan pada rambut, seperti gatal-gatal, ketombe, rambut patah maupun rambut rontok.

Berbagai upaya pun dilakukan supaya rambut terawat dan sehat. Berbagai jenis perawatan untuk merawat rambut adalah perawatan secara modern dan alami. Perawatan alami di sini dengan memakai minyak kelapa. Dimana pada penggunaannya bisa anda oleskan di kepala, pada bagian kulit kepala maupun pada rambutnya. Manfaat minyak kelapa di sini adalah minyak kelapa memberikan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut.

  • Perawatan kulit

Teruntuk anda yang punya kulit yang cenderung kering, bisa mengoleskan minyak kelapa, selain pada permukaan kulit anda, bisa pula di oleskan pada muka, jika muka yang anda miliki relatif kering. Selain mengurangi kadar kering dalam kulit, olesan minyak kelapa bisa melembapkan kulit dan akan menghaluskan kulit. Cukup mudah anda gunakan, yakni waktu di malam hari saat menjelang tidur, karena di saat itu, anda gak melakukan aktifitas lain, selain tidur. Sehingga kinerja minyak kelapa bisa maksimal terserap oleh kulit. Tunggu di keesokan harinya, efek minyak kelapa akan terlihat dengan menampilkan kulit yang sehat untuk anda miliki. Kulit yang lembut nan lembab, memberikan keindahan pada diri anda.

  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Selain manfaat minyak kelapa itu, ada lagi beberapa khasiat ampuh dari minyak kelapa, yang mana bisa anda terapkan. Karena penggunaan minyak kelapa ini relatif mudah dan simpel, gak perlu repot dengan berbagai komponen tambahan lainnya. Perawatan alami tanpa biaya yang mahal dan tanpa efek samping, karena minyak kelapa ini merupakan minyak alami dari buah kelapa. Manfaat kesehatan yang di peroleh tubuh dengan minyak kelapa adalah:

  • Menyembuhkan luka

Manfaat minyak kelapa juga mampu menyembuhkan luka pada kulit. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terluka, sehingga luka akan tertutup dan proses penyembuhan bisa berjalan secara maksimal. Karena dengan luka yang sudah tertutup, menghindarkan luka dari debu maupun kuman dari luar yang bisa mengakibatkan infeksi pada luka.

  • Melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi minyak kelapa bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan. Karena nutrisi berupa mineral, asam amino dan vitamin yang terkandung dalam minyak kelapa berisi anti bakteri, yang membantu proses pencernaan pada tubuh orang. Apabila proses pencernaan dalam tubuh kurang lancar, anda bisa menerapkan penggunaan minyak kelapa, dan tentunya dengan dosis yang seimbang. Khasiat minyak kelapa yang mampu melancarkan pencernaan, bisa memberikan rasa nyaman pada organ tubuh anda supaya berfungsi secara maksimal.

  • Menjaga kekebalan tubuh

Menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit adalah hak semua orang. Tapi gak semua orang bisa menjaga kekebalan tubuhnya, supaya terlihat fit dan energik. Manfaat minyak kelapa di sini mampu menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan supaya kebal terhadap berbagai penyakit yang mudah menyerang tubuh. Seperti halnya bisa mencegah beberapa penyakit yang bisa dibilang kronis, seperti gangguan pada ginjal dan gangguan pada kandungan empedu. Begitu pula untuk anda yang memiliki penyakit diabetes, minyak kelapa bisa membantu mengatur kadar sekresi pada insulin.

  • Mengobati panas atau masuk angin

Di musim yang gak menentu ini, tentunya anda mudah sekali masuk angin. Tentunya ada sangat banyak obat alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkannya, seperti halnya minyak kelapa yang bisa anda oleskan di punggung, kemudian bisa anda kerik. Ini merupakan cara tradisional tetapi masih banyak digunakan sampai saat ini. Dikarenakan pada penggunaannya yang gak terlalu ribet, dan khasiat minyak kelapa sangat manjur. Tentunya, pada olesan minyak kelapa ini gak memberikan rasa panas pada punggung anda.

Berbagai macam manfaat minyak kelapa bagi kehidupan orang, merupakan karunia dari Tuhan yang terdapat pada buah kelapa. Di mana, anda bisa menemukan minyak kelapa pada buah kelapa, cara membuatnya pun cukup simpel. Yakni dari buah kelapa yang di parut, kemudian parutan nya di peras untuk diambil santannya. Dari santan itu direbut atau dipanaskan selama beberapa jam sampai air kelapa menghilang dan hanya ada minyaknya saja. Tetapi jika anda gak ingin membuatnya, anda bisa membeli minyak kelapa di toko terdekat di sekitar tempat tinggal anda.

Tentunya selain banyak manfaatnya, minyak kelapa juga mudah ditemukan. Jadi anda bisa melakukan banyak perawatan dalam diri anda dengan mudah, apalagi secara yang alami tanpa efek samping, hasilnya pun sangat nyata. Tentunya relative membutuhkan waktu yang lama, karena perawatan alami di sini memberikan efek yang betul-betul alami pula.

Manfaat minyak kelapa gak hanya untuk perawatan dari luar, tapi juga untuk perawatan di dalam tubuh. Tergantung pada kebutuhan kami dan pada pemanfaatannya pula. Minyak kelapa ini mudah dimanfaatkan bagi siapa saja dan teruntuk usia berapa saja, baik untuk anak-anak sampai orang tua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE