oleh

Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak – Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar sampai 20–30 cm dengan berat mencapai 2, 5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak berisi banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan bisa dimanfaatkan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan orang, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Sudah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak berisi vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang punya pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.

Daun sirsak ternyata berisi banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya itu ternyata gak lepas dari kandungannya yang banyak berisi acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. baca juga Manfaat Buah Naga dan Manfaat Buah Tin.

Beberapa tahun belakangan ini sangat banyak penelitian tentang khasiat buah yang 1 ini. Hasil penelitian itu sangat membuat banyak pihak terkejut karena ternyata sirsak memiliki banyak manfaat. Kemudian apa saja manfaat dari buah sirsak ini? Simak info nya berikut ini:

Mengusir kolesterol jahat

Sirsak gak hanya berisi vitamin C tetapi juga berisi serat yang baik sekali untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata bisa menyerap kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Sehingga yang tersisa di dalam tubuh merupakan kolesterol yang baik saja. Jadi, untuk anda yang ingin sehat tanpa kolesterol jahat minumlah segelas jus sirsak dengan teratur. Anda tahu sendiri bukan jika tubuh yang dipenuhi dengan banyak kolesterol jahat bisa mengundang banyak penyakit? Baca juga artikel tentang cara menurunkan kolesterol untuk penjelasan lebih lengkap.

Menjaga imunitas tubuh

Di dalam 300 gram buah sirsak, ternyata berisi 60 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini memiliki peran penting dalam tubuh yakni menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas sampai mencegah penuaan dini. Untuk itu jika anda ingin terlihat segar dan muda, konsumsi lah buah sirsak secara teratur.

Baik untuk tulang

Buah yang 1 ini memang memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik sekali untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga berisi kalsium dan fosfor yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang anda. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata berisi 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Gak hanya nutrisi itu saja yang mengakibatkan sirsak bisa menjaga tulang anda.

Sirsak juga ternyata berisi zat tembaga. Zat tembaga ini memiliki fungsi penting karena bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang. Jika kalsium terserap baik oleh tulang, pastilah tulang anda menjadi lebih kuat dan gak mudah terserang penyakit osteoporosis.

Mencegah kanker

Gak hanya nutrisi berupa vitamin saja yang terkandung dalam buah sirsak. Sirsak ternyata juga berisi senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitikimia ini ternyata baik sekali untuk menangkal berbagai virus yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa jenis kanker ternyata bisa dicegah secara mengkonsumsi sirsak. Diantaranya kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar dan masih ada beberapa jenis kanker lainnya. Untuk mencegah penyakit ini anda bisa mengkonsumsi sirsak secara teratur. Baik mengkonsumsi nya secara langsung atau mengkonsumsi olahannya yang berbentuk obat.

Menghilangkan bisul

Bisul merupakan penyakit yang sebenarnya gak berbahaya. Tapi mungkin bisul yang timbul pada kulit anda akan menjadikan anda kurang percaya diri. Bisul gak hanya bisa diobati dengan memakai salep saja. Ternyata bisul bisa diobati dengan obat-obat alami seperti buah sirsak.

Cara menjadikan sirsak sebagai obat bisul juga cukup mudah. Pisahkan sirsak dari isinya. Kemudian haluskan sampai lembut seperti bubur. Setelah itu tempel kan adonan sirsak itu pada kulit anda yang terkena bisul. Biarkan sampai kering beberapa saat. Setelah kering, basuhlah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali sampai bisul yang menempel pada kulit anda menghilang.

Mengatasi migrain

Apakah anda sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah? Jika benar, lazimnya anda akan mengobatinya memakai obat dari dokter. Tapi obat dari dokter aja gak akan cukup. Anda juga perlu nutrisi alami yang terbuat dari bahan alami pula. Nutrisi alami yang bisa mengobati migrain anda merupakan buah sirsak. Ini dikarenakan buah sirsak berisi riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang bisa mengatasi sakit migrain yang anda derita.

Menjaga kelembaban kulit

Buah sirsak ternyata bisa menjaga kelembaban kulit anda. Ini dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang bisa membantu untuk melembapkan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, buah ini bisa menjadikan kulit anda lebih lembab dan bersinar. Anda bisa mengkonsumsi nya secara langsung, menjadikannya jus atau bahkan menjadikannya masker muka. Jika kulit anda lembab dan bersinar, pastilah anda akan terlihat lebih mudah bukan?

Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien gak hanya perlu membutuhkan obat saja untuk menyembuhkannya. Anda juga perlu nutrisi alami untuk mempercepat sembuh nya wasir. Anda bisa memakai buah sirsak untuk membantu cepat sembuh nya wasir yang anda derita.

Caranya pembuatan obat wasir dari sirsak juga mudah. Pertama, anda bisa menyeduh sirsak dengan air panas. Setelah itu pisahkan antara buah dan airnya. Kemudian peras lah buah sirsak yang diseduh tadi. Ambil airnya dan minumlah. Minum ramuan khusus wasir ini selama 2 kali sehari sampai wasir anda dipastikan sembuh.

Menyembuhkan dan mencegah anemia

Untuk anda yang sering mengalami anemia sehingga membuat anda mengalami lemas, gak ada salahnya untuk mengkonsumsi sirsak setiap hari. Ini dikarenakan sirsak juga bisa membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Untuk anda yang belum terjangkit anemia, anda juga disarankan untuk meminumnya karena buah sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia.

Manfaat daun sirsak ternyata 10. 000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Ini berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak diguinakan untuk mengobati penyakit. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak itu bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute sudah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menegaskan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Negeri Ginseng Korea juga gak kalah dalam masalah penelitian, setelah melakukan penelitian mereka menemukan bahwa ada 1 senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10. 000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Tetapi dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel tujuan kanker sehingga gak merusak sel-sel yang sehat.

Manfaat daun sirsak sudah diteliti juga baru-baru ini dalam 1 buah studi, bahwa daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Hasil penelitian ini ternyata sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dulu, tapi banyak orang yang gak mengetahuinya, entah karena faktor apa. Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, sperti: – Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena gak membahayakan sel yang sehat, serta gak mengakibatkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok. – Daun sirsak memiliki tujuan yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. – Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. – Menambahkan stamina dan fitness. – Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan. – Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE