oleh

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil – Buah Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi dan banyak mengadung saupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya.serat inilah yang merupakan salah satu solusi pada masalah-masalah awal kehamilan.

Buah semangka ini memang menyegarkan bagi tubuh manusia, terutama buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, pepaya dan lain sebagainya. Buah buah yang kaya akan kandungan air ini sangat segar di konsumsi apabila saat cuaca panas, pada saat cuaca panas tersebut tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga membutuhkan cairan yang biasa mengganti ion tubuh.

Bagi anda yang baru pertama merasakan hamil, pasti anda akan sering menanyakan hal seputar kehamilan kepada orang tua, teman, saudara dan dokter yang biasa menangani anda. Terkadang mungkin dapat membuat anda merasa bingung karena ada yang bilang tidak boleh dan ada juga yang membolehkan dalam hal mengkonsumsi suatu makanan. Tetapi alangkah lebih baiknya anda turuti apa yang di sarankan dokter yang biasa menangani kehamilan anda. Dalam hal mengkonsumsi buah buahan pun ada yang dibolehkan dan ada juga yang tidak, namun salah satu jenis buah-buahan yang dibolehkan untuk ibu hamil yaitu buah semangka.

Berikut Ulasan Kami Tentang Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil:

Dapat mengurangi kram pada otot

Bagi ibu hamil sudah lumrah terjadi perubahan-perubahan pada kondisi tubuh, namun hal ini dapat mengakibatkan sakit pada otot-otot dan tulang sampai-sampai sering mengalami kram pada otot. Tetapi masalah ini dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah semangka, karena buah semangka dapat mengurangi ketegangan otot saat hamil.

Dapat mencegah pigmentasi

Pigmentasi merupakan masalah ibu hamil yang dapat mengganggu dan kurang menyenangkan bagi ibu hamil pada daerah kulit, namun masalah pigmentasi dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah semangka, karena buah semangka dapat menjaga pergerakan usus halus serta memudahkan dalam mencerna makanan dan pada akhirnya dapat menormalkan tekstur kulit kembali normal.

Dapat Mengatasi Morning Sickness

Dengan mengkonsumsi buah semangka setiap pagi, dapat memberikan efek segar dan tenang dalam mengawali hari. Hal inilah yang dapat mengatasi morning sickness dengan buah semangka.

Dapat Menyatasi dehidrasi

Bagi ibu hamil sangat penting dalam memenuhi kebutuhan mineral agar terhindar dari dehidras, karena jika ibu hamil sering mengalami dhidrasi dapat mengakibatkan kontraksi premature dan dapat mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan premature. Untuk itu, bagi ibu hamil sangat disarankan banyak minum air putih dan ibu hamil dapat mengkonsumsi buah semangka setiap hari untuk menghindari resiko dehidrasi.

Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengkonsumsi buah semangka sangat ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sakit maag dan nyeri ulu hati.

Meringankan Efek Pembengkakan

Bagi sebagian ibu hamil pasti pernah mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki, masalah ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah semangka, karena buah semangka mengandung mineral yang sangat tinggi sehingga dapat meringankan pembengkakan dengan cara melancarkan penyumbatan pada pembuluh darah dan otot-otot.

Apakah bahaya semangka bagi ibu hamil?

Tentunya semua makanan ada efek saampingnya, kalau efek samping semangka bagi ibu hamil yaitu jika ibu hamil memiliki kadar gula tinggi karena terlalu sering mengonsumsi buah semangka, sebaiknya dihentikan dulu aktifitas memakan buah semangka.

Selain manfaat yang ada, ibu hamil juga harus memperhatikan efek yang mungkin dirasakan. Misalnya kadar gula menjadi tinggi ketika terlalu sering mengkonsumsi buah semangka. Bagi ibu hamil yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini.

Konsumsi semangka dalam keadaan segar, sebab jika sudah lama terkena udara terbuka akan menyebabkan kadar asam, ini menyebabkan rasa mual jika dikonsumsi pada ibu hamil. Jika selama mengkonsumsi tetap memperhatikan aspek keseimbangan, maka buah manfaat buah semangka lebih besar dari pada efek sampingnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda sekalian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE