oleh

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya salah satunya merupakan untuk melancarkan pencernaan dan buang air besar  tetapi tahukah anda bahwa pepaya menyimpan ribuan manfaat lainnya. Pepaya merupakan jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kami jumpai disetiap pekarangan tempat tinggal warga di Indonesia. Buah pepaya yang lezat dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, bisa dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera. Dibalik itu semua, pepaya memang baik dikonsumsi karena khasiatnya juga berlimpah.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Sebuah pepaya dengan ukuran sedang, berisi sekitar satu20 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan satu8 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin C dan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari:

folat,vitamin A,magnesium,tembaga,asam pantotenat,fiber. 3,vitamin B,alfa,beta karoten,lutein,zeaxanthan,vitamin ,kalsium,kalium,vitamin K,lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat).

Manfaat buah pepaya sekarang lebih dikenal dengan obat bagi orang yang susah buang air besar, gimana buah pepaya bisa melancarkan pencernaan yang terdapat di dalam tubuh, ternyata buah pepaya memiliki kandungan yang sangat banyak yang sangat baik untuk dikonsumsi, seperti Kalsium, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B, Fosfor, Zat Besi, yang aman dikonsumsi untuk anak-anak sekalipun, cara mengkonsumsi buah pepaya untuk penderita susah buang air besar merupakan:

  • Kupas kulit pepaya secara pelan-pelan, karena jika melakukan pengupasan yang terburu-buru, daging buah pepaya akan ikut ke kulit pepaya yang sudah dikupas, sangat disayangkan membuang daging pepaya secara sengaja maupun gak sengaja mengingat pepaya memiliki kandungan yang bermacam-macam yang baik untuk tubuh.
  • Setelah itu potong secara kecil-kecil buah pepaya yang sudah dikupas supaya dengan mudah memakannya dan membantu proses pencernaan perut karena ukuran pepaya yang sudah dipotong tadi.
  • Ternyata buah pepaya sangat baik juga untuk dijus, caranya, tinggal masukan pepaya yang sudah dipotong ke dalam blender, campurkan dengan air dan gula atau dengan susu sesuai selera, blender buah pepaya dan bahan-bahan lainnya, setelah sesuai dengan kekentalan yang diinginkan, matikan blender kemudian taruh jus ke dalam gelas, jus pepaya yang sehat siap untuk diminum.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah pepaya menjadi buah yang sangat berguna bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khsiat kesehatan dari buh pepaya untuk tubuh orang.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah pepaya berisi enzim papain dan serat yang bisa membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya bisa membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, sampai kanker

3. Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga berisi nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya berisi flavonoid dan phenotic, 1 buah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

4. Mencegah Serangan jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya bisa mencegah oksidasi kolesterol dan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, lebih baik rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini berisi betakaroten yang bisa dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

6. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam pepaya berguna menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

7. Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin itu juga bisa membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

8. Vitalitas Pria
Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di tempat mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di tempat itu lebih lancar.

9. Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

10. Kesehatan Pencernaan
Gak hanya memperlancar buang air besar, pepaya bisa membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang gak sengaja diserap tubuh. Merupakan kandungan serat dan antioksidannya, yang bisa mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE