oleh

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan selain itu sangat banyak manfaat dan khasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti kanker, jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan masih banyak lagi penyekit-penyekit lain yang bisa disembuhkan dengan buah naga merah ini. Pada kesempatan saat ini, aku akan memberikan informasi tentang manfaat buah naga merah untuk ibu hamil. Seseorang yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan-asupan gizi dan nutrisi yang banyak, sehingga kondisi kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik.

Buah naga diduga awalnya berasal dari Amerika Sedang dan Amerika Selatan. Di Asia sendiri, buah naga sudah lama dikenal oleh masyarakat Cina sebagai salah satu buah yang dipergunakan untuk persembahan pada acara-acara keagamaan. Buah naga memiliki bentuk yang khas, dengan warna merah dan seolah memiliki sisik naga. Buah ini sudah terkenal sebagai buah yang memberikan rasa lezat dan menyegarkan, dan banyak berisi nutrisi berguna bagi kesehatan. Menurut penelitian, buah naga berisi berbagai nutrisi yang baik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

Di dalam kandungan buah naga merah terdapat nutrisi yang sangat berguna untuk ibu hamil, seperti vitamin, mineral, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, serat, karbohidrat dan masih banyak lagi nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan inu hamil. Selain itu, didalam buah naga berisi antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa terhindar dari serangan radikal bebas serta bisa berguna untuk menjaga daya tahan tubuh supaya gak mudah sakit. baca juga Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil  dan juga Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil ini sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara langsung atau bisa dijadikan jus untu di minum setiap hari supaya kondisi kehamilan anda tetap terjaga dan lancer pada saat melahirkan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah naga merah untuk ibu hamil, diantaranya yakni:

  • Di dalam buah naga merah berisi serat yang cukup tinggi, sehingga jika di konsumsi setiap hari bisa berguna untu mencegah terjadinya sembelit.
  • Selain itu, zat besi yang terdapat pada buah naga merah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah anemia pada ibu hamil.
  • Asam polat (vitamin B3) yang di miliki oleh buah naga bisa berguna pada janin dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan system syaraf pada tulang belakang.
  • Serta kandungan kalsium yang terkandung dalam buah naga, sudah terbukti efektif dalam meningkatkan pembentukan tulang dan gigi pada janin.
  • Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C, karbohidrat folates, serat dan karoten sehingga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dan janin.
  • Folates yang terdapat pada kandungan buah naga merah bisa membantu dalam pembentukan sel darah merah, apabila ibu hamil kekurangan folates maka bisa mengakibatkan cacat pada bayi yang biasanya menyerang pada system syaraf otak bayi atau mengalami cacat pada tabung syaraf.
  • Kandungan karbohidra yang sangat banyak bisa berguna untuk menambahkan energy didalam tubuh, sehingga ibu hamil gak akan mudah lelah.
  • Kandungan antioksidan di dalam buah naga merah bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa versus berbagai jenis penyakit.
  • Buah naga memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin B1 yang bisa berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membantu dalam pertumbuhan janin.

Manfaat buah naga, yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil

Membantu pembentukan sel darah merah
Setiap 100 gram buah naga segar diketahui berisi 0, 55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga akan mencegah masalah kurang darah atau anemia. Seperti diketahui, wanita yang sedang hamil sangat rentan terhadap masalah kesehatan yang 1 ini. Sementara itu, bayi dalam kandungan juga sangat membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Hal itu hanya bisa dilakukan jika ibunya memiliki cukup baik jumlah sel darah merah, dimana yang bertugas untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi. Makan buah naga secara teratur akan membantu ibu hamil terhindar masalah ini.

Berisi Karbohidrat
1 porsi 100 gram buah naga berisi sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Selama kehamilan, wanita direkomendasikan mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi ibu hamil, karena adanya bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Berisi Folat
Buah naga juga berisi folat. dan berdasarkan penelitian, nutrisi ini sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan jika 1 orang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya bisa mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, atau cacat pada saraf.

Berisi serat
Serat makanan akan membantu mengatur fungsi usus yang baik. Konstipasi atau kesulitan BAB merupakan masalah umum kehamilan. JDengan demikian, ibu hamil juga perlu untuk memastikan cukup serat supaya bisa mengatasi masalah ini. Dalam 1 porsi buah naga, diperkirakan berisi 0, 3-0, 9 gram serat. Dietary Reference Intakes merekomendasikan setidaknya 28 gram serat perhari pada saat Anda sedang hamil. Anda bisa menambahkan buah naga untuk campuran salsa buah lain yang juga berisi banyak serat makanan.

Tinggi nutrisi
Masih ada banyak senyawa lain yang bisa di bisa dari makan buah yang berwarnah cerah ini, seperti vitamin C, fitokimia, protein, kalium, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, buah naga akan banyak berguna untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi kompleks bagi ibu dan janin. Lebih Khusus lagi, buah naga juga berisi Vitamin B1, yang ternyata juga diketahui sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat menjadi energi.

Cara Makan buah naga
Mengingat manfaat buah naga sangat penting bagi ibu hamil, mengkonsumsi buah ini sudah pasti sangat dianjurkan. Supaya gak merasa bosan, variatiflah dalam mempresentasikan buah ini sebagai hidangan sehari-hari. Pada dasarnya, buah naga bisa dimakan langsung begitu saja setelah buah dikupas. Tetapi supaya lebih menggugah selera, Anda bisa meraciknya menjadi jus dengan menambahkan susu rendah lemak. Buah naga juga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk salad buah lezat. Jika Anda suka, buah naga juga bisa dibuat milkshake dengan menambahkan jenis buah lainnya seperti mangga dan apel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE