oleh

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu yang sangat membantu dunia kesehatan sudah dipercaya oleh masyarakat di Indonesia. Buah mengkudu yang masih muda lazimnya berwarna hijau dengan benjolan atau totol yang berwarna coklat kehitaman. Nah, adapun jika buah ini sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi keputihan. Buah dan daun mengkudu sendiri, sebenarnya sudah digunakan sebagai obat herbal tradisional sejak 2000 tahun lamanya. Awalnya mengkudu dipercaya bisa mengobati nyeri sendi dan sebagai obat pembersih internal.

Manfaat buah mengkudu sendiri, gak lain dikarenakan 150 kandungan fitonutrien yang terdapat di dalamnya. Adapun fitonutrien merupakan zat tambahan lainnya yang ditemukan pada tanaman selain kandungan mineral dan vitamin. Zat inilah yang juga berfungsi sebagai anti-virus, anti inflamasi, dan anti bakteri. Selain itu, fitonutrien sendiri bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh.

Buah mengkudu juga dipercaya memiliki efek analgesik dalam tubuh, yang maknanya tubuh akan mendapatkan kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Kandungan vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah mengkudu Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang dihasilkan dari mengkudu. baca juga Manfaat Buah Tomat dan Manfaat Buah Alpukat.

Kandungan Zat Buah Mengkudu:

  • Zat nutrisi: Buah mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Salah satunya merupakan zat nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh, kandungan lain buah Mengkudu merupakan protein, vitamin, serta mineral penting. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat
  • Terpenoid: Kandungan lainnya yang terdapat pada buah Mengkudu merupakan Zat Terpenoid. Zat ini berfungsi untuk membantu proses sintesis organic dan berguna untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.
  • Zat anti bakteri: Adanya zat-zat aktif pada sari buah mengkudu sangat berfungsi untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi, misalnya merupakan Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis. terda[at dalam kandungan buah Mengkudu tersebut juga berguna untuk mengontrol bakteri pathogen ( bakteri yang mematikan) seperti S . typhi, Salmonella montivideo, S . scotmuelleri.
  • Zat anti kanker : Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu ini, antara lain:

  • Meredakan nyeri haid atau gejala PMS

Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau saat menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya bisa meminimalisir perkembangan hormon saat masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.

  • Mencegah kanker

Keuntungan lainnya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah versus kanker. Ya, buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang bisa mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun kanker yang bisa dicegah oleh buah mengkudu ini adalah kanker payudara dan kanker serviks.

  • Mengatasi kulit bersisik

Kulit kering dan bersisik membuat Anda gak nyaman? Sekarang saatnya Anda memanfaatkan tanaman alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit, yakni buah mengkudu. Untuk menghaluskan kulit, caranya gosok bagian kulit bersisik memakai buah mengkudu secara merata, kemudian biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan memakai kain yang sudah dibasahi oleh air hangat.

  • Menyehatkan tulang

Gak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit saja, tetapi buah mengkudu yang memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril ini bisa meningkatkan kekuatan tulang-tulang dalam tubuh. Minumlah jus mengkudu secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang.

Hal Yang Perlu Diperhatihan Saat Mengonsumsi Mengkudu

Layaknya buah-buahan pada biasanya, mengkudu yang masih berbentuk buah kemungkinan aman untuk dikonsumsi, tetapi keamanan mengkudu mungkin akan diragukan saat Anda mengonsumsinya dalam bentuk obat-obatan. Langkah terbaik adalah mengonsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi mengkudu baik dalam bentuk buah maupun obat secara teratur.

Ada beberapa kalangan yang lebih baik menghindari mengkudu karena efeknya belum diteliti sepenuhnya dan demi menghindari hal-hal yang gak diinginkan.

  • Ibu hamil dan menyusui. Sejak dahulu kala, mengkudu dipercaya bisa berdampak buruk untuk janin. Hindari buah ini jika Anda sedang hamil. Meski belum ada penelitian yang kuat, lebih baik hindari mengkudu jika Anda sedang menyusui.
  • Memiliki penyakit organ hati. Mengkudu dikaitkan dengan penyakit yang bisa merusak organ hati. Beberapa orang yang mengonsumsi mengkudu dalam bentuk teh dan jus dilaporkan mengalami kerusakan organ hati setelah meminumnya selama berminggu-minggu. Tetapi sampai sekarang belum jelas apakah kerusakannya disebabkan oleh mengkudu atau hal lainnya. Untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari mengkudu jika Anda memiliki penyakit organ hati supaya gak memperparah keadaan.
  • Memiliki kadar potasium tinggi. Mengonsumsi mengkudu bisa meningkatkan kadar potasium Anda menjadi semakin tinggi. Potasium tinggi pada tubuh bisa mengakibatkan kelelahan, mual, susah bernapas, penyakit ginjal, serta yang paling parah adalah kelumpuhan dan masalah jantung. Penderita penyakit ginjal lebih baik menghindari produk ini.

Berhati-hatilah saat ingin mengonsumsi sesuatu, termasuk bahan alami seperti buah mengkudu. Pelajari dengan baik jika ingin melakukan pengobatan secara tradisional memakai buah-buahan. Dan yang terpenting, selalu konsultasikan pada dokter sebelum memasukkan zat apa pun ke tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE