oleh

Lubang Hitam Bermassa 21 Juta Kali Massa Bumi Ditemukan!

Ilustrasi lubang hitam M60-UCD1. Kredit: NASA, ESA

– Para astronom memakai data dari teleskop antariksa Hubble milik NASA dan pengamatan berbasi Bumi berhasil menemukan sebuah lubang hitam raksasa yang bersembunyi di dalam salah satu galaksi terkecil yang diketahui manusia.

Lubang hitam ini, berdasarkan studi, bermassa 5 kali massa lubang hitam yang berada di sentra galaksi Bima Sakti kita.

Lubang hitam raksasa yang gres ditemukan ini terdapat di sentra galaksi kerdil M60-UCD. Galaksi tersebut mempunyai 140 juta bintang dan mempunyai diameter 300 tahun cahaya, atau hanya 1 per 500 dari diameter galaksi kita.

Jika Anda tinggal di dalam galaksi kerdil ini, langit malam akan mempesona dengan setidaknya 1 juta bintang terlihat dengan mata telanjang. Di Bumi, Anda hanya sanggup melihat 4000 bintang di langit gelap.

Lubang hitam sendiri tercipta dari adanya bintang bermassa 12 kali massa Matahari yang runtuh alasannya yakni gravitasinya sendiri.

Lubang hitam mempunyai gravitasi yang amat sangat kuat, sehingga apabila ada cahaya yang berada di dekatnya maka cahaya tersebut akan dihisap dan tidak sanggup kembali lagi.

Lubang hitam di sentra galaksi Bima Sakti kita mempunyai massa empat juta kali Matahari, atau sama dengan kurang dari 0,01 persen dari total massa Bima Sakti.

Sebagai perbandingan, lubang hitam supermasif di sentra M60-UCD1, yang mempunyai massa 21 juta kali Matahari, yakni 15 persen dari total massa galaksi kecil itu. Menakjubkan!

News Feed