Krl Terguling Penumpang Berhamburan, Hal Ini Dapat Saja Terjadi Dikala Panik

0
7

KRL yang anjlok sanggup mengakibatkan panik dan kebingungan. (Foto: KRL terguling (Dok. Lia Setiawan)) KRL yang anjlok sanggup mengakibatkan panik dan kebingungan. (Foto: KRL terguling (Dok. Lia Setiawan))

Jakarta – Kereta Rangkaian Listrik (KRL) Jakarta-Bogor terguling di perlintasan Kebon Pedes, Kota Bogor. Peristiwa ini pun menciptakan penumpang yang berasa di gerbong khusus perempuan ini berhamburan keluar sesudah dievakuasi oleh petugas. Dari video yang diterima detikcom, tampak pula belum dewasa yang keluar dari dalam gerbong kereta.

Syok psikologis sanggup saja terjadi ketika seseorang mengalami pengalaman emosional yang besar lengan berkuasa dan reaksi fisik sebagai respon dari kejadian — yang biasanya tidak terduga — dan mengakibatkan stres atau tekanan.

Dilansir Psychology Today, ada beberapa kejadian yang sanggup mengakibatkan syok psikologis termasuk di antaranya kecelakaan, putus cinta, seseorang yang dicintai mengalami kejadian menyedihkan, atau situasi yang mengakibatkan rasa takut menyerupai pesawat yang sedang mengalami turbulensi parah, misalnya. Alice Boyes, PhD, penulis ‘The Anxiety Toolkit’ dan ‘The Healthy Mind Toolkit’ menjelaskan lebih lanjut soal hal ini.


1. Apa yang harus dilakukan

“Karena sulit untuk berpikir jernih syok, memberi diri sendiri kesempatan untuk damai sebelum bertindak ialah hal yang diperlukan, kecuali diharapkan tindakan cepat,” tulis Boyes.

Perasaan untuk contohnya lari dari tanggung jawab usai menabrak orang contohnya sanggup saja kau alami, bukan berarti kau jahat namun itu hanyalah respon dari fight-flight yang terjadi.

Dalam situasi terdesak, mungkin dibutuhkan aba-aba dari polisi atau petugas, jadi tenanglah. Jangan lakukan gerakan tiba-tiba. Minta petugas untuk mengulang instruksi yang diharapkan apabila belum merasa jelas.

2. Sakit perut hingga nyeri otot alasannya ialah syok

Hormon stres yang terjadi alasannya ialah kejadian menegangkan menciptakan badan seseorang menjadi kacau, dan ini sanggup berlangsung selama beberapa ketika hingga hitungan jam atau lebih. Saat ini terjadi, kau mungkin merasa mual, pusing, dan mencicipi ketegangan otot, nyeri, atau kaku.

Mengapa sanggup hingga mencicipi sakit? Ketika kau mengalami reaksi syok, biasanya kau secara tidak sadar akan menegangkan otot-otot. Yang dibutuhkan badan ialah menjaga diri dengan baik dan mendapat santunan sosial dari orang-orang terdekat.

3. Tubuh insan yang sangat hebat

Manusia sangat cendekia mengatasi pengalaman traumatis. Dengan memahami apa yang terjadi pada badan dan pemikiran, itu sanggup membantu mengurangi rasa takut dari pengalaman tersebut.

“Bila kau mempunyai reaksi yang lebih berkelanjutan terhadap trauma, pelajarilah diri kau wacana bagaimana menghadapi emosi, dan temui terapis jikalau memang memerlukannya,” tandasnya.

Simak Juga ‘Detik-detik KRL Jakarta-Bogor Terguling, Penumpang Berhamburan’:

[Gambas:Video 20detik]

KRL Terguling Penumpang Berhamburan, Hal Ini Bisa Saja Terjadi Saat Panik