oleh

Kota Paling Aman di Dunia

Kota Paling Aman di Dunia – Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai sarana untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri. Menurut laporan industry minggu ini sudah merilis laporan peringkat kota besar teraman di dunia tahun 2015.

EIU merilis laporan itu dengan mengukur 50 kota berdasarkan seberapa baik kota-kota itu lakukan dalam 4 faktor yang terkait dengan keselamatan. Factor-faktor itu merupakan keamanan Digital (keamanan cyber, privasi, keamanan dari pencurian identitas), Keamanan Kesehatan (biaya dan kualitas pelayanan kesehatan, lingkungan dan udara per kualitas air), Keamanan Infrastruktur (kondisi jalan, jembatan, dan bangunan, keselamatan transportasi), dan Keamanan Pribadi (kejahatan dan kekerasan, persepsi keamanan pribadi) dan sebagainya.

Berikut inimerupakan kota kota paling aman di dunia yang di rilis EIU yang dilapaorkan peringkat kota terbesar terna didunia tahun 2015 sebagai berikut:

1. Kota Paling Aman Tokyo (Jepang)

Kota Paling Aman Tokyo

Dengan populasi 13, 3 juta orang, Tokyo merupakan yang paling padat penduduknya dan kota paling aman di peringkat. Hal ini juga menempati urutan nomor 1 untuk keamanan digital dan di 5 besar untuk keselamatan pribadi dan infrastruktur meskipun populasi yang besar dan gempa bumi itu. Kota ini relatif baik-off dan menempati urutan nomor 1 dalam daftar Index of “kota berpenghasilan menengah-atas” (dengan per kapita produk domestik bruto (PDB) antara $ 30. 000 dan $ 50. 000). Tokyo terkenal dengan kehidupan malam dan diabadikan dalam film “Lost in Translation.

Kemudian, dimana posisi peringkat Jakarta yang masuk pada daftar 50 kota besar yang diperhitungkan EUI untuk regional Asia Pasifik?. Jakarta menduduki Peringkat 50, ya peringkat terakhir. Pada indeks tercatat kota dengan populasi lebih dari 10 juta orang ini, menduduki peringkat 117 dalam tingkat kelayakan hidup, peringkat 39 dalam hal biaya hidup, peringkat 56 dalam lingkungan bisnis, peringkat 54 dalam indeks demokrasi, dan peringkat 66 dalam indeks pangan global. Cukup mengecewakan saat mengetahui sebegitu buruknya ibu kota Indonesia dalam indeks survey kota teraman itu, nampaknya Jakarta masih harus banyak berbenah untuk memperbaiki itu semua, tentunya dengan kerja keras pemerintah kota dan dukungan dari warganya untuk mewujudkan Jakarta yang aman dan nyaman.

2. Kota Paling Aman Singapore (Singapore)

Kota Paling Aman Singapore

Singapura menempati urutan nomor 1 dalam keselamatan dan keamana pribadi secara keseluruhan, menurut laporan, yang mencatat bahwa kejahatan tradisional seperti perampokan dan pencurian berada pada dekade-yang panjang rendah. Singapura memiliki terkenal hukuman berat bagi semua kejahatan, termasuk kejahatan tingkat rendah, yang mungkin berkontribusi terhadap tingkat kejahatan sangat rendah, BBC melaporkan pada tahun 2013. Pada saat itu, BBC juga melaporkan bahwa Singapura memiliki kedua terendah tingkat pembunuhan di dunia (gak termasuk Palau dan Monaco).

Dengan kejahatan kekerasan di bawah kontrol, polisi setempat sudah menargetkan cybercrime. Presiden Tony Tan Keng Yam sudah ditetapkan untuk meningkatkan keamanan digital dan mudah-mudahan membuat Singapura “kota pintar. ” Kota-negara wajib memiliki dana untuk melakukan itu. Itu PDB per kapita tertinggi diantara “berpenghasilan tinggi” kota (kota dengan lebih dari $ 50. 000 PDB per kapita).

3. Kota Paling Aman Osaka (Jepang)

Kota Paling Aman Osaka

Osaka merupakan sebuah kota di wilayah Kansai, Jepang. Selain sebagai ibu kota Prefektur Osaka, kota ini ditetapkan sebagai salah satu Kota Terpilih berdasarkan Undang-Undang Otonomi Lokal. Osaka adalah kota berpenduduk terbesar nomor 3 di Jepang setelah Tokyo dan Yokohama. Kota ini terletak di pulau Honshu, di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka. Osaka adalah kota terbesar di kawasan Keihanshin sebagai pusat industri dan pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Di sebelah timur, Osaka bertetangga dengan Kyoto dan Nara, dan di sebelah barat dengan kota Kobe.

Kota Jepang dengan populasi 2, 6 juta menempati urutan kedua di keselamatan pribadi dan ke-6 dalam keamanan kesehatan. Seperti Tokyo, Osaka relatif kaya dan menempati posisi kedua untuk GDP, per kapita antara kota-kota berpenghasilan menengah-atas. Kota ini menempati urutan lebih rendah dalam keamanan digital dari Tokyo, karena memiliki tim keamanan cyber yang lebih sedikit dan kebijakan privasi.

4. Kota Paling Aman Stockholm (Swedia)

Kota Paling Aman Stockholm

Ibukota Swedia dengan populasi 909. 000 menempati urutan ke-7 dalam keamanan digital dan 10 dalam jaminan kesehatan. Ini satu-satunya kota non-Asia untuk yang mendapatkan peringkat di atas 5 dalam keamanan pribadi. Seperti banyak negara-negara Eropa, Swedia memiliki pelayanan kesehatan universal.

Stockholm dan sudah lama menjadi salah satu pusat budaya, media, politik, serta ekonomi Swedia. Stockholm menyumbangkan lebih dari sepertiga PDB Swedia, [8] dan termasuk dalam 10 kawasan terbesar di Eropa menurut PDB per kapita. Stockholm pernah dinominasikan sebagai kota global oleh GaWC, dengan peringkat Alpha-. Pada Indeks Kota Global 2008 (The 2008 Global Cities Index), Stockholm memperoleh peringkat ke-24 di dunia, ke-10 di Eropa, dan pertama di Skandinavia. Stockholm terkenal oleh keindahan, bangunan dan arsitekturnya, dikelilingi oleh banyak air yang bersih dan terbuka, serta memiliki banyak taman. Kadangkala Stockholm disebut sebagai Venice di Utara. Stockholm merupakan kota kedua yang paling banyak dikunjungi di negara-negara Nordik, dengan sekitar sejuta pengunjung pada tahun 2006.

5. Kota Paling Aman Amsterdam (Belanda)

Kota Paling Aman Amsterdam

Kota dengan jumlah penduduk 820. 000 dan terkenal dengan legalnya ganja, tapi juga memiliki infrastruktur yang luar biasa yang membuat salah satu kota teraman di dunia. Amsterdam menempati urutan ke-4 dalam keselamatan infrastruktur, daftar didominasi oleh kota-kota berpenghasilan tinggi dan menengah-atas yang sudah mengurangi kecelakaan mobil dan polusi dari kemacetan kemudian lintas. Dengan budaya bersepeda yang tertanam, Amsterdam sudah berhasil melakukan keduanya. Kota ini juga peringkat di atas 10 untuk keselamatan pribadi.

Nama kota ini berasal dari kata Amstelredamme, yang merupakan asal usul kota ini, yakni 1 buah bendungan di sungai Amstel. Dulunya dihuni sebagai desa nelayan kecil pada akhir abad ke-12, Amterdam menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia selama Masa Keemasan Belanda, akibat pengembangan perdagangan yang inovatif. Pada waktu itu, kota ini merupakan pusat keuangan dan permata terdepan. Pada abad ke-19 dan ke-20, kota ini memperluas diri dan banyak permukiman serta kota pinggiran yang dibangun. Kanal-kanal Amsterdam (Belanda: ‘Grachtengordel’) abad ke-17 yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2010.

Kota ini merupakan ibu kota keuangan dan budaya Belanda. Banyak perusahaan besar Belanda memiliki kantor pusat di sana, dan 7 dari 500 perusahaan teratas dunia, termasuk Philips dan ING, berpusat di kota ini. Pada tahun 2010, Amsterdam menempati peringkat ke-13 dalam daftar kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia oleh Mercer, dan sebelumnya peringkat ke-3 dalam inovasi oleh 2thinknow pada Indeks Kota Inovasi 2009.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE