by

Kisah Misteri Lawang Sewu

Kisah Misteri Lawang Sewu Menurut Sejarah Lawang Sewu yang terletak di sedang Kota Semarang Jawa Sedang ternyata menjadi salah satu tempat yang disukai bagi wisatawan mancanegara maupun dalam negri , apa si yang mereka ketahui tentang Lawang Sewu yang terkenal sampai mancanegara apa karna sejarah mesterinya, Meski pihak pengelola wisata Jawa Sedang termasuk Dinas Pariwisatanya tidak ingin destynasinya dikenal karena aura misteri akan tetapi nilai sejarahlah yang harus digali di lingkungan Lawang Sewu, sejak pendiriannya sampai keberadaannya sekarang. Kata salah satu Pemandu Wisata (Joko) nama disamarkan, di Semarang Kamis malam 17 Januari 2013.

Kenapa wisatawan lebih suka pada cerita misteri dari pada sejarah, ternyata Lawang Sewu yang dimisterikan dari kejamnya si Jepang dalam mengelola gedung itu yang dulu sebagai pusat perkantoran perkeretaapi diubah sebagai tempat pembantaian bagi penduduk Indonesia di bawah tanah dari lubang pembuangan yang terdapat di Lawang Sewu. Gedung tua ini sebelum jaman penjajahan Jepang adalah bangunan biasa saja. kantor perkereta – apian yg dikelola belanda. cerita misteri bermula saat jepang masuk menyerbu gedung dan menjadikan gedung sebagai salah satu basis peristirahatan tentara jepang.

Mengapa gedung ini disebut Lawang Sewu (pintu seribu) memang memiliki alasan tersendiri, pintu tersebar dimana-mana. Sebagai gambaran lantai 2 di bagian belakang gedung memiliki sekitar 20 ruang berjajar yang masing2 memiliki 6 pintu. Jika lawang bisa diartikan sebagai pintu atau pintu menyerupai jendela, maka aku yakin lawang sewu memiliki 1000 pintu. memiliki kesan horor pun berlanjut ke ‘bungker’ bawah tanah. sebenarnya ini bukan bungker, melainkan tempat penyimpanan atau persediaan air bersih pada jaman Belanda. maka gak heran sampai sekarang bangunan itu terus tergenang air dan harus di pompa keluar supaya air tidak membanjiri objek wisata utama di Lawang Sewu itu. Di dalam nya Lawang Sewu memiliki, Penjara Jongkok; 5 sampai 9 orang dimasukan dalam salah satu kotak sekitar 1, 5 x 1, 5 meter dengan tinggi sekitar 60 cm, mereka jongkok berdesakan kemudian ‘kolam’ itu diisi air seleher kemudian kolam itu ditutup terali besi sampai mereka semua mati.

Terdapat 16 kolam dalam setiap ruang, 8 ruang bagian kanan dan 8 bagian kiri, ratusan kolam. Penjara Berdiri; karena banyaknya orang yang ditangkap, dan penuhnya kolam penyiksaan mereka membuat tempat baru. 5 sampai 6 orang dimasukan dalam 1 buah kotak sekitar 60 cm x 1 meter, mereka berdiri berdesakan kemudian ditutup pintu besi sampai mereka semua mati. Dipenggal; jika dalam seminggu mereka yg di penjara jongkok dan penjara berdiri masih hidup maka kepala mereka dipengggal dalam ruang khusus. memakai  pasir untuk mengumpulkan mayat itu. semua mayat dibuang ke kali kecil yang terletak disebelah gedung itu.

Menurut Cerita dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat si di lawang sewu terdapat ruang bawah tanah yang memiliki kesan sangat menyeram kan di ruang bawah tanah ini sering terdengar suara-suara mistis yang menyeramkan. Bahkan salah satu stasiun televisi swasta pernah meliput dan mengadakan acara uji nyali ditempat ini. Aku pun sedikit merasakan gimana perasaan peserta uji nyali pada saat itu. Pasti merinding karena diruang bawah tanah ini suasananya gelap, basah, dan sunyi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed