by

Khasiat Dan Manfaat Batu Akik Kalimaya

Batu Akik kalimaya merupakan jenis permata asal banten yang banyak diburu penghobi maupun kolektor. Harga batu kalimaya bisa mencapai puluhan juta untuk kualitas terbaik. Adapun khasiat batu akik kalimaya ini dipercaya bisa meningkatkan keyakinan diri penggunanya. Mungkin karena batu ini memiliki corak yang sangat indah dengan variasi warna yang sangat mempesona.

Batu Akik Kalimaya  asal Banten ini di pasaran internasional dikenal dengan sebuatan black opal dengan harga yang sangat tinggi, sehingga gak heran jika jenis batu ini menjadi incaran kolektor mancanegara karena nilainya yang terbilang menggiurkan. Bahkan di Jepang batu permata asli Indonesia ini pernah dijadikan sebagai mahar (maskawin) dalam salah satu perkawinan.

Jenis batu kalimaya bermacam-macam tergantung motif dan warna dasar pada batu itu ada, namanya pun bervariasi seperti black oval, kalimaya susu, kalimaya kembang, bahkan ada yang memberi nama aneh-aneh tergantung corak dan warnanya.

Banyaknya variasi dan kombinasi warna, seperti hijau, coklat, ping, merah, biru kehijauan, putih dan lainnya membuat batu kalimaya ini terlihat sangat indah dan mempesona sehingga sangat cocok untuk perhiasan baik sebagai cincin permata, liontin, anting-anting atau enis perhiasan lain untuk mendukung keanggunan penggunanya.

Adapun Khasiat Batu Kalimaya, sesuai mitos yang berkembang, konon tergantung kombinasi warna yang terdapat pada batu itu. Jika warna itu cocok katanya bisa membuat pemiliknya hoki dan sebaliknya jika warna yang terkandung gak cocok atau gak sesuai bisa berpengaruh negatif bagi pemiliknya,

Berikut ini beberapa khasiat batu kali maya:

  • Meningkatkan kestabilan psikis
  • Dipercaya sebagai lambang kejujuran
  • Berguna sebagai asihan dan meningkatkan rasa cinta
  • Dipercaya sebagai batu dari surga

Tapi bagi yang gak cocok dengan warna yang dipilih konon bisa berakibat buruk pada pemiliknya seperti menimbulkan pertengkaran dan perpecahan dalam keluarga karena hawa yang timbul bisa mempengaruhi sifat penggunanya seperti menjadi nakal dan liar.

Asal Usul Batu Akik Kalimaya

Batu akik kalimaya atau Opal banyak ditemukan diberbagai negara, tetapi penghasil opal terbesar di dunia masih ada di Australia. Beberapa penghasil batu ini diantaranya Indonesia, Meksiko, Turki, Brasil serta beberapa negara lain. Di Indonesia batu ini banyak ditemukan wilayah maja Banten di kabapten Lebak Banten

Jenis batu opal (kalimaya) yang dihasilkan dibeberapa negara memiliki karakteristik berbeda sehingga penghobi bisa memilih jenis yang disukai.

Harga batu kalimaya bisa 2. 500 dollar/karat dan masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia selain batu yang selama ini dikenal sangat mahal seperti beryl emerald, blue garnet, jadeite dan lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed