oleh

Khasiat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Khasiat buah apel untuk ibu hamil – Apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat di sukai oleh masyarakat di Negeri kita. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun suka dengan buah ini lantaran rasanya cukup cantik dan enak. Tak hanya rasa yang menjadi kelebihan buah ini, namun khasiat dan keuntungannya juga banyak.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah apel cukup banyak, sehingga buah ini bisa dikatakan sebagai buah yang baik untuk ibu hamil. Zat yang terkandung di dalam apel antara lain yakni :

  • Karbohidrat
  • Gula
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Asam folat
  • Air
  • Magnesium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Dan seng
image from pixabay

Mengenai berapa persen kandungan zat tersebut di atas dalam buah apel, silakan Anda lihat pada situs kesehatan yang membahas cuilan itu. Pembahasan pada artikel ini akan kami fokuskan pada khasiat buah apel untuk ibu hamil dan janin. Melihat kandungan nutrisi pada buah apel di atas, tentu bisa kita simpulkan bahwa cukup banyak manfaat buah apel untuk manusia, tak terkecuali ibu hamil dan janin.

Khasiat Buah Apel untuk Ibu Hamil dan Janin

Untuk mendapat manfaat dari bua apel, Anda bisa mengkonsumsi buah apel dengan cara pribadi dimakan begitu saja, dibentuk jus atau dijadikan masakan lainnya. Dari sekian banyak cara mengkonsumsi apel, cara yang dianggap paling baik yakni mengkonsumsi apel secara pribadi bersama kulitnya. Ini hanyalah pendapat sebagian orang, mau diikuti silahkan, tidak ya tidak apa apa.

Apel di Negeri kita ada beberapa jenis, ada apel merah, apel hijau, apel kecut dan lainnya.  Dari beberapa jenis apel tersebut, semuanya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, namun berdasarkan klarifikasi beberapa pakar gizi, apel hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan jenis apel yang lain.

Khasiat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah apel bagi ibu hamil cukup banyak, namun bunda hamil tetap dihentikan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebelum dikonsumsi, apel harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Apel yang tak dicuci bisa saja tercemar basil berbahaya yang sangat membahayakan kesehatan janin. Adapun khasiat buah apel untuk ibu hamil antara lain yakni sebagai berikut :  

1. Mencegah Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional yakni kelebihan gula darah dikala kehamilan berlangsung. Wanita yang sebelum hamil tidak punya keluhan diabetes, bisa jadi mengalami diabetes gestasional lantaran hadirnya janin di dalam rahim menciptakan kadar gula ibu hamil meningkat. Agar tidak semakin parah, penyakit ini harus mendapat penanganan sesegera mungkin. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan kadar gula darah yakni mengkonsumsi buah apel hijau.

2. Membantu Mengurangi Pegal

Tak bisa dipungkiri, selama kehamilan ibu hamil sering kali mengalami pegal pegal di beberapa anggota tubuhnya menyerupai kaki, punggung, tulang belakang, pinggang, tangan dan lain lain. Kandungan nutrisi dalam buah apel yang cukup lengkap bisa menyumbangkan khasiat luar biasa, salah satunya yakni mengurangi pegal pegal.

3. Menurunkan Kolesterol

Khasiat buah apel untuk ibu hamil selanjutnya yakni membantu menurunkan lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh. Kelebihan kolesterol tidak hanya menyerang pada ibu hamil, tapi semua orang bisa mengalaminya. Orang yang kelebihan kolesterol sering kali menjumpai duduk masalah kesehatan serius, maka dari itu turunkan kolesterol sesegera mungkin sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Meringankan Morning Sickness

Morning sickness (mual disertai muntah) yakni hal yang masuk akal dialami oleh ibu hamil, namun kalau tidak ada upaya untuk meringankannya bisa bisa ibu hamil menjadi lemas, lelah, letih dan gampang pingsan lantaran kekurangan energi. Morning sickness itu sendiri terjadi lantaran meningkatnya kadar asam lambung yang disebabkan oleh perubahan hormon. Di sini lah tugas buah apel, yaitu membantu menurunkan kadar asam lambung sehingga sanggup meringankan mual. Informasi detil mengenai tips mengatasi morning sickess, baca OBAT MUAL  HAMIL MUDA PALING AMAN

5. Melancarkan Pencernaan

Selain mengatasi mual dan muntah, khasiat buah apel untuk ibu hamil yakni membantu melancarkan pencernaan. Banyak dijumpai ibu hamil yang mengalami sembelit (susah buang air besar) selama kehamilan berlangsung. Kandungan serat dalam buah apel yang cukup banyak sangat cocok dipakai untuk membantu mengatasi duduk masalah sembelit tersebut.

6. Mencegah Pre-eklamsia

Pre-eklamsia yakni keracunan kehamilan yang ditengarahi tekanan darah meningkat terlalu tinggi. Pre-eklamsia harus dicegah sebisa mungkin lantaran sangat membahayakan kehamilan, baik bagi janin maupun bagi ibu. Ibu hamil yang mengalami Pre-eklamsia dan tidak mendapat penanganan dengan benar besar kemungkinan mengalami keguguran. Kandungan nutrisi yang sangat lengkap dalam buah apel membantu mencegah terjadinya Pre-eklamsia.

Khasiat Buah Apel untuk Janin

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, buah apel juga bermanfaat bagi janin. Khasiat buah apel untuk ibu hamil telah kami jelaskan di atas, Adapun manfaat buah apel untuk janin antara lain yakni sebagai berikut :

1. Mencegah Kerusakan DNA

Kerusakan DNA pada janin bisa mengakibatkan bayi terlahir dalam kondisi cacat. Kerusakan DNA sering kali terjadi lantaran ibu hamil terkena polusi dan radikal bebas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini yakni mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung antioksidan. Buah apel merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan sehingga konsumsi buah ini bisa mencegah terjadinya kerusakan DNA.

2. Membantu Optimalkan Tumbuh Kembang Janin

Kesehatan ibu hamil berbanding lurus dengan janinnya, artinya kalau ibu hamil sehat, janin pun juga sehat, kalau ibu hamil sakit sakitan janin pun rentan terkena penyakit. Mengkonsumsi buah apel, selain sanggup menjaga kesehatan ibu juga sanggup menjaga kesehatan janin dan membantu tumbuh kembangnya.

Itulah khasiat buah apel untuk ibu hamil dan janin yang sanggup kami tulis. Menjaga dan merawat kehamilan wajib dilakukan supaya janin dalam kandungan sanggup tumbuh berkembang dengan baik. Semoga kehamilan bunda sehat selalu..

INFO UPDATE