oleh

Ketidaknyamanan Kehamilan Trimester 3 Dan Cara Mengatasinya

Ketidaknyamanan kehamilan trimester 3 ➧ Selama kehamilan berlangsung, biasanya muncul beberapa keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan. Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang cukup mengganggu menyerupai morning sickness, tubuh terasa letih lelah, kram perut, sering pipis dan lain lain.

Dengan bertambahnya usai kehamilan tanda-tanda kehamilan akan segera hilang, namun bukan berarti tak ada keluhan lain yang muncul. Di usia hamil trimester 2, meski ibu hamil sudah tidak mual dan muntah tapi ada keluhan lain yang muncul menyerupai sakit pinggang, kram kaki dan lain lain.

Sedangkan pada usia hamil trimester 3 keluhan kehamilan akan muncul silih berganti hingga menciptakan ibu hamil sangat mencicipi ketidaknyamanan yang luar biasa. Apa saja hal yang menciptakan ibu hamil renta tidak nyaman ? silakan simak penjelasannya pada artikel ini..

image from pixabay

Ketidaknyamanan Kehamilan Trimester 3

Pada usia kehamilan trimester akhir, ibu hamil akan menjumpai beberapa keluhan yang cukup menciptakan tak nyaman aktivitas. Meskipun dianggap sebagai keluhan yang masuk akal namun alangkah baiknya kita berusaha untuk mengatasinya dengan cara sederhana. Adapun ketidaknyamanan kehamilan trimester 3 antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Ibu hamil mengalami kram betis

Betis terasa nyeri dan kaku yaitu salah satu dari sekian banyak keluhan yang disampaikan oleh ibu hamil trimester ketiga. Keadaan ini biasa muncul pada ketika malam hari menjelang tidur.

Untuk mengatasi duduk kasus ini, silakan luruskan kaki dengan posisi telapak kaki tegak, jikalau perlu bantu dengan tangan. Biarkan beberapa ketika kemudian ulangi gerakan ini beberapa kali. Apabila dengan cara ini kram kaki masih belum sembuh, silakan kompres betis dengan menggunakan air hangat.

2. Sulit tidur

Jelang persalinan, ibu hamil sering kali dibentuk cemas lantaran memikirkan sesuatu yang tidak tidak. Hal ini sungguh sanggup menciptakan ibu hamil susah tidur meski telah berusaha untuk menghilangkan perasaan cemas dalam hatinya.

Ditambah perubahan bentuk perut yang menjadi semakin buncit menciptakan ibu hamil sulit mendapat tidur nyenyak. Untuk mengatasi hal ini, tenangkan pikiran Anda dan pilih posisi tidur ibu hamil yang baik, jikalau perlu gunakan bantal khusus buat ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan obat penenang supaya simpel tidur lantaran sanggup memperlihatkan dampak jelek bagi janin.

3. Susah BAB

Sembelit atau susah BAB yaitu keluhan umum yang dialami oleh ibu hamil di segala usia  terutama pada usia kehamilan trimester 3. Meski masuk akal namun keluhan ini sangat menciptakan tidak nyaman sehingga perlu segera diatasi.

Untuk mengatasi sembelit silakan konsumsi masakan yang banyak mengandung serat, cukupi kebutuhan cairan tubuh dan olahraga ringan. Selengkapnya sanggup Anda baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil. Apabila cara tersebut telah Anda lakukan namun tak ada perubahan sama sekali, lebih baik konsultasikan keadaan Anda kepada dokter.

4. Kaki bengkak

Pembengkakan pada kaki termasuk ketidaknyamanan kehamilan trimester 3 yang disebabkan lantaran gangguan sirkulasi vena. Meski tidak termasuk keluhan berbahaya, namun alangkah baiknya segera atasi duduk kasus ini dengan cara yang tepat. Adapun cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi kaki abses yaitu dengan menggunakan pakaian longgar, tidur menghadap ke samping dan elevasi kaki setiap hari dengan teratur. Selengkapnya silakan baca tips atasi kaki abses ketika hamil.

5. Nyeri pada kepingan pinggang

Perut yang semakin membesar sanggup memperlihatkan dampak kurang nyaman pada iu hamil, salah satunya yaitu sakit pada kepingan pinggang. Tidur dengan posisi yang salah sanggup menyebabkan sakit pinggang menjadi semakin parah. Untuk itu, lakukan langkah sempurna untuk mencegah dan mengatasi sakit pinggang, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Tidak membungkukkan tubuh ketika mengambil sesuatu, lebih baik tekuk kaki
  • Posisikan tubuh dengan sempurna hendak mengambil beban
  • Hindari penggunaan sepatu atau sandal berhak tinggi
  • Tidak mengangkat beban terlalu berat
  • Kompres pinggang dengan air hangat
  • Pijat lembut di sekitar pinggang
  • Istirahat cukup

6. Sesak napas

Di selesai masa kehamilan, ada beberapa ibu hamil yang mengeluhkan sesak napas. Hal ini disebabkan lantaran dampak pembesaran rahim seiring dengan semakin besarnya janin dalam kandungan. Untuk mengatasi hal ini, cobalah menarik napas panjang dengan hidung tahan sebentar kemudian keluarkan melalui mulut. Bila keluhan ini terasa semakin mengganggu, silakan pribadi konsultasi ke dokter.

Demikian gosip terkait ketidaknyamanan kehamilan trimester 3 yang sering dijumpai oleh ibu hamil. Semoga ulasan singkat pada artikel ini sanggup membantu bunda dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

INFO UPDATE