Ketahui Perihal Kabel Coaxial Sebagai Penghubung Antenna

0
12

Kabel Coaxial atau disebut Koaksial , dipakai untuk menghubungkan antenna dengan peralatan pemancar atau peserta dimana kabel ini mempunyai impedansi spesifik, menyerupai yang dipakai dalam wireless LAN dengan memakai kabel coaxial dengan impedansi 50 ohm. Selain itu juga sanggup sebagai penyambung televisi danuntuk membangun suatu jaringan komputer.

Beberapa komponen dan bab yang terdapat pada kabel Coaxial ini, antara lain:

  1. pada bab kabel Coaxial terdapat kabel tembaga yang berada di tengah, dimana kabel tersebut berfungsi sebagai media pengantar anutan listrik.
  2. lapisan plastik, lapisan ini berfungsi sebagai pemisah antara kabel tembaga dan lapisan metal yang membalutnya .
  3. lapisan metal, lapisan ini berfungsi sebagai pelindung untuk bab inti dari kabel, dan juga berfungsi sebagai  pelindung dari imbas gelombang elektromagnetik dari luar.
  4. Lapisan plastik terluar, pada bab ini ialah bab yang melindungi keseluruhan komponen kabel yang berada di dalam, dan juga bab yang pribadi berafiliasi dengan tangan manusia.
  5. Salah satu jenis susukan transmisi ini, yang secara simpel mempunyai bidang aplikasi yang luas.  Dari  struktur penampang  kabel, terdapat tiga  komponen utama:  penghantar dalam, penghantar luar dan  dielektrik pengisolir  kedua penghantar tersebut.

Kelebihan kabel jenis ini kalau dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber optik, kabel coaxial mempunyai kisaran harga yang lebih murah, Jangkauan serta kecepatan transmisi yang dimiliki oleh kabel Coaxial lebih tinggi, meskipun masih mempunyai beberapa batasan-batasan jangkauan tertentu.

Teknologi yang dimiliki dan diterapkan pada jaringan kabel Coaxial masih terbilang sangat umum dan gampang dipahami. Namun, di kabel jenis ini  merupakan komponen yang paling mematikan dalam instalasi wireless Internet  alasannya ialah mempunyai redaman. Pada tabel di bawah diperlihatkan redaman dari beberapa jenis coax pada frekuensi 2.4GHz.