oleh

Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan Dan Solusinya

Keluhan ibu hamil 4 bulan – Pada usia ini, ibu hamil sudah memasuki masa kehamilan tahap kedua (trimester kedua). Setelah melewati usaha berat di usia kehamilan trimester pertama, ternyata tak berhenti hingga di situ. Di usia kehamilan 4 bulan ini, ibu hamil masih menjumpai beberapa keluhan yang tiba silih berganti.

Keadaan kehamilan pada usia 4 bulan tidak seburuk pada usia kehamilan awal. keluhan ibu hamil muda terasa sangat berat dan mengganggu acara sehari-hari. Memasuki awal trimester kedua, ibu hamil wajib tahu mana saja yang termasuk keluhan normal dan tak normal, mengingat aneka macam keluhan yang terus dialami oleh ibu hamil.

Setiap perempuan hamil mengalami perubahan yang berbeda-beda seiring bertambahnya usia hamil. Pemantauan kesehatan sangat penting untuk dilakukan, baik melalui tunjangan medis atau tidak. Perubahan yang dialami ibu hamil 4 bulan sangat besar lengan berkuasa pada keluhan kehamilan 4 bulan. Lantas, apa saja perubahan yang terjadi pada ibu hamil 4 bulan ? Silakan lanjut membaca..

(foto : pxhere.com)

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Pada usia ini, pertumbuhan janin sudah mulai berkembang pesat. Janin sudah mempunyai berat tubuh kurang lebih 140 gram dengan ukuran lebih kurang 13 cm. Tempurung kepala sudah mengeras dan syaraf tulang belakang mulai terhubung. Secara ringkas perkembangan janin di usia 4 bulan yakni sebagai berikut :

  • Berat janin kurang lebih 140 gram
  • Ukuran janin kurang lebih 13 cm
  • Tempurung kepala sudah mulai mengeras
  • Syaraf tulang belakang sudah mulai terhubung
  • Kelenjar keringat sudah terbentuk
  • Tali sentra sudah berkembang pesat dan mulai menguat
  • Wajah janin sudah mulai tampak
  • Bulu alis dan bulu mata sudah tumbuh
  • Kelopak mata masih menutup, tapi bola mata sudah bisa bergerak
  • Mulut sudah bisa membuka dan menutup
  • Jari-jari sudah mulai terbentuk dan sudah bisa mengepal
  • Janin sudah bisa menunjukkan respon terhadap bunyi
  • Telinga sudah terbentuk meski belum sempurna
  • Akhir bulan ke 4, janin sudah mulai bergerak meski masih jarang

Perubahan dan Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan

Memasuki bukan keempat, ibu hamil mengalami beberapa perubahan dan keluhan. Keluhan yang dialami oleh ibu hamil usia 4 bulan ada yang tergolong normal dan ada yang perlu mendapat penanganan. Keluhan ibu hamil 4 bulan yang normal, seringkali terjadi pada perubahan fisik.

Salah satu keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil 4 bulan yakni munculnya garis gelap berbentuk panjang di area perut. Kondisi ini terjadi lantaran peregangan kulit, jadi bukan termasuk keluhan kehamilan berbahaya.

Selanjutnya, ibu hamil akan menjumpai perubahan di kepingan leher, yaitu leher terlihat menghitam. Keadaan ini bukan termasuk keluhan yang berbahaya, Anda tak perlu takut. Perubahan warna kulit pada beberapa kepingan tubuh tertentu menyerupai tangan, leher dan muka yakni hal yang masuk akal terjadi pada ibu hamil 4 bulan dikarenakan adanya perubahan pigmen kulit.

Tak hanya di kepingan leher dan muka, ibu hamil 4 bulan juga mengalami perubahan di kepingan payud@r@ dan areola (area sekitar put!ng). Keluhan ini sudah mulai muncul semenjak awal masa kehamilan dan akan terus berlanjut selama masa kehamilan.

Pada usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil sering merasa lelah meski tidak melaksanakan akivitas berat. Begitu pula ibu hamil 4 bulan, salah satu keluhan ibu hamil 4 bulan yakni tubuh gampang lelah meski tidak habis beraktivitas berat.

Solusi Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan

Selain beberapa keluhan yang tergolong wajar, ada beberapa keluhan kehamilan 4 bulan yang perlu mendapat penanganan. Di bawah ini yakni beberapa keluhan ibu hamil 4 bulan dan solusinya.

1. Morning Sickness

Mual dan muntah biasanya sudah sembuh di selesai usia kehamilan trimester pertama. Namun, kalau Anda masih mencicipi mual pada usia kehamilan 4 bulan, silakan konsultasikan ke dokter.

Adapun langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness yakni dengan mengkonsumsi masakan bergizi dengan porsi kecil dan  sering, memperbanyak minum air putih, hindari makan gorengan dan selengkapnya silakan baca cara mengatasi mual dikala hamil.

2. Sakit kepala

Jika Anda sering mengalami sakit kepala pada usia kehamilan 4 bulan, silakan lakukan beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih, mencari udara segar terutama di pagi hari dan sering berada di dalam ruangan yang tenang.

3. Lelah dan gerah

Beberapa ibu hamil mengeluhkan lelah di usia kehamilan 4 bulan. Hal itu disebabkan lantaran faktor hormonal dan faktor eksternal. Tak hanya itu, ibu hamil 4 bulan juga sering mengalami gerah dan panas. Coba lakukan senam yoga dan olahraga ringan secara rutin untuk mengatasi problem ini. Selengkapnya silakan baca tips hamil sehat dan bugar secara alami

4. Ngidam

Ngidam masakan tertentu tidak hanya terjadi pada usia kehamilan muda. Sebagian ibu hamil ada yang ngidam pada usia kehamilan trimester kedua. Belum diketahui secara niscaya apa penyebab ngidam dikala hamil, namun alangkah baiknya suami tetap menuruti apa yang diidamkan istrinya yang lagi hamil, kecuali kalau masakan yang diidamkan yakni masakan pantangan ibu hamil.

5. Sakit perut

Jika hanya terjadi beberapa kali, sakit perut bisa dikatakan sebagai keluhan kehamilan normal. Namun, kalau sakit perut ini muncul terus-terusan dan melilit-lilit sakit sekali, silakan segera konsultasikan ke dokter.

Demikian ulasan pembahasan terkait keluhan hamil 4 bulan dan solusinya. Semoga info singkat ini sanggup menunjukkan banyak manfaat bagi pembaca. Salam

INFO UPDATE