Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10

0
8

Windows merupakan salah satu OS (Operating System) yang gencar untuk mengeluarkan produk barunya. Salah satu produk terbarunya ketika ini ialah Windows 10. Versi Windows terbaru ini digadang sebagai versi Windows yang sanggup kompatibel di semua jenis perangkat.

 yang gencar untuk mengeluarkan produk barunya Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Banyak pengguna setia Windows yang masih ragu untuk upgrade sehingga mereka lebih menentukan bertahan pada Windows versi lawas. Tidak salah, alasannya ialah memang Windows 10 ini mempunyai kelebihan bahkan kekurangan sehingga akan menjadi materi pertimbangan.

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh OS Windows 10

Sebaiknya Anda pertimbangkan secara matang sebelum upgrade Windows. Perhatikan apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Windows 10 itu sendiri. Pentingkah Anda harus upgrade atau lebih baik bertahan saja di Windows versi lawas? Sedangkan kelebihan dari Windows 10 ialah sebagai berikut :

1. Windows 10 diurus dengan tenaga penuh oleh Microsoft

Kelebihan pertama sebagai materi pertimbangan Anda sebelum upgrade Windows 10 ialah Windows 10 diurus dengan tenaga penuh oleh Microsoft. Hal ini tentunya Microsoft akan memperlakukan yang beda dibanding terhadap Windows versi lawas. Sebagai sistem operasi Microsoft terbaru yang telah mengusung perubahan konsep menjadi Windows as a Service. Microsoft telah menghabiskan banyak energi dan waktu demi untuk menyebarkan Windows 10.

Sebagai bukti bahwa Windows 10 telah menerima sumbangan penuh dari Microsoft ialah perkembangan Windows 10 akan terasa sangat cepat dari waktu ke waktunya. Windows 10 terus dikembangkan demi mengikuti perkembangan serta perubahan terbaru yang ada ketika ini.

2. Fitur Windows 10 sanggup dikatakan lebih modern

Fitur yang dimiliki Windows 10 tentunya lebih modern dibanding Windows versi lawas. Sebagai sistem operasi yang modern maka fitur Windows 10 sangat up-to-date. Fitur Windows 10 diadaptasi dengan musim masa kini. Buktinya Windows 10 tersinkronisasi dengan cloud melalui OneDrive. Pengaturan Windows 10 terus tersinkronisasi antar device. Mayoritas fitur Windows 10 selalu mengusung konsep always sync sehingga sangat memudahkan untuk diakses penggunadi kala cloud dan internet ibarat ketika ini.

3. Windows 10 sangat powerful untuk yang suka main game

Apakah Anda seorang gamer? Jika sistem operasi yang Anda gunakan ketika ini ialah Windows versi lawas, maka disarankan untuk upgrade ke Windows 10. Pasalnya Windows 10 dirancang khusus untuk pengguna yang asing akan main game. Sistem operasi terbaik ketika ini untuk seorang gamer ialah Windows 10.

Windows 10 dilengkapi dengan DirectX 12 yang sudah powerful dan teroptimasi untuk hardware ketika ini. Selain itu Windows 10 juga dilengkapi dengan setting Game Mode yang fungsinya sanggup meningkatkan performa ketika Anda bermain game.

4. Windows 10 lebih aman

Kelebihan lain Windows 10 dibanding versi lawasnya ialah di sektor security. Sistem keamanan Windows 10 tidak diragukan lagi. Banyak fitur security yang terdapat di Windows 10 yang tentunya tidak ditemukan di Windows versi lawas. Contoh kecilnya ialah Windows 10 mempunyai fitur Windows Hello yang memungkinkan pengguna untuk mengunci Windows 10 dengan fingerprint atau retina scanner. Hebatnya lagi, Windows 10 sanggup unlock menggunakan fingerprint smartphone Samsung.

Sistem keamanan lainnya yang tidak kalah hebatnya ialah Windows Defender. Dengan adanya Windows Defender maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus dan malware. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi untuk menginstall Anti Virus lain. Tampilan Windows Defender sangat ibarat dengan Microsoft Security Essentials dan ini memang aplikasi perkembangan dari MSE.

Bahkan rencananya Microsoft akan menambahkan sistem keamanan pada Windows 10 yaitu fitur perlindungan folder. Fitur ini akan menciptakan data penting Anda kebal dari serangan ransomware.

5. Windows 10 mempunyai sumbangan Touchscreen yang maksimal

Sebetulnya fitur touchscreen ini bukan hanya terdapat di Windows 10 saja, fitur ini sudah mulai diterapkan Microsoft pada kala Windows 8. Namun fitur touchscreen pada Windows 10 lebih mempunyai sumbangan dari Microsoft dibanding Windows 8. Fitur touchscreen yang terdapat di Windows 10 lebih banyak mendukung terhadap perangkat touchscreen terbaru ketika ini baik itu tablet, laptop, ataupun hybrid.

Windows 10 memang sudah teroptimasi untuk touchscreen. Dengan begitu jikalau Anda mempunyai perangkat yang sudah touchscreen, maka Windows 10 ialah sistem operasi terbaik yang sanggup Anda gunakan ketika ini.

Kekurangan Windows 10 yang harus Anda ketahui

Selain mempunyai banyak kelebihan, Windows 10 juga mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini sanggup Anda jadikan rekomendasi penting sebelum upgrade ke Windows 10. Apa saja kekurangan Windows 10? Berikut ialah penjelasannya :

1. Penggunaan Windows 10 susah

Kekurangan pertama dari Windows 10 ialah penggunaannya yang terhitung sulit. Sehingga Windows 10 yang sebetulnya mempunyai tujuan untuk mempermudah penggunanya justru sulit untuk dioperasikan. Bagi orang awam akan merasa susah mengoperasikan Windows 10 ini. Namun, berbeda dongeng jikalau Windows 10 dioperasikan oleh orang-orang yang familiar dengan dunia komputer.

Ini sangatlah berbeda dengan versi mereka terdahulu yaitu Windows 7. Dalam versi Windows 7 tampilan yang dipakai menciptakan pengguna lebih gampang untuk menggunakannya. Sehingga orang awam juga sanggup menggunakannya. Tapi sayangnya akomodasi dalam penggunaan ini justru tidak dipertahankan di Windows 10. Tak heran banyak pengguna yang menentukan tetap menggunakan Windows 7 ataupun Windows 8 alasannya ialah terkendala problem penggunaan.

2. Windows 10 belum selesai dirancang

Versi Windows 10 seakan diluncurkan dengan mode yang belum selesai rancang. Sehingga justru menciptakan performanya kurang optimal. Bahkan banyak yang menyebutkan jikalau pengeluaran Windows 10 ini sebagai bentuk dari tes pasar Windows. Hal ini dikarenakan versi Windows yang satu ini beredar ketika belum final. Berbagai hal sering kali ditambahkan oleh Windows. Sehingga membuatnya tidak cocok untuk Anda gunakan sehari-hari. Karena banyak sistem yang crash dengan Windows versi ini. Padahal ini diperlukan sebagai salah satu versi Windows yang akan memperlihatkan banyak sekali pembaharuan untuk melengkapi versi Windows sebelumnya.

3. Windows 10 terlalu sering ada perubahan

Kekurangan Windows 10 selanjutnya ialah seringnya perubahan yang terjadi. Kaprikornus Windows 10 seringkali harus diupdate. Fitur-fitur yang ada belum optimal jadi pihak Windows berusaha terus menyempurnakan melalui sistem update. Jadwal update yang dimiliki pun tidak terjadwal. Kaprikornus ketika ada fitur gres yang harus disempurnakan ketika itu juga Windows harus di update.

Update yang ada di Windows 10 ibarat bersifat memaksa. Tanpa adanya update Anda tidak sanggup menggunakan Windows 10 secara penuh. Ini juga yang menjadikan Windows 10 cukup boros kuota internet alasannya ialah update yang dilakukan cukup sering. Apalagi tanpa adanya update Windows 10 tidak mau berjalan maksimal. Sehingga mau tak mau user harus mengupdate Windows 10.

4. Tampilan Windows 10 sering berubah

Seperti halnya perubahan fitur yang sering berubah, tampilan dari Windows 10 juga sering berubah. Perubahan yang terjadi tidak hanya perubahan kecil, namun juga perubahan besar dibandingkan versi sebelum update. Biasanya yang berubah ialah posisi dari opsi-opsi yang ada. Tampilan beserta user experience juga terus mengalami perubahan. Perubahan yang cepat seringkali menciptakan user bertambah resah ketika menggunakan. Namun bagi user yang biasa menggunakan komputer tentu akan paham prosedur perubahan tampilan gres di Windows 10.

5. Aplikasi belum banyak tersedia di Store

Aplikasi yang pada store di Windows 10 sebetulnya cukup banyak. Tetapi sayangnya hanya sedikit aplikasi klasik yang sudah beralih ke Windows 10. Padahal aplikasi-aplikasi klasik inilah yang biasanya dinantikan pengguna setianya untuk diterapkan di Windows yang baru. Kurangnya aplikasi klasik yang muncul di store menjadikan Windows 10 menjadi belum optimal.

Meskipun banyak juga aplikasi gres yang muncul di Windows store. Kebanyakan aplikasi yang ada di Windows store merupakan aplikasi UWP. Adanya aplikasi UWP ini memungkinkan jadwal sanggup dijalankan di semua tampilan layar. Namun, memang rasanya kurang optimal jikalau tidak ditambah aplikasi klasik yang lebih lengkap. Untuk mengatasi problem ini sebetulnya pihak Microsoft telah mengajak developer-developer dari aplikasi-aplikasi klasik untuk hijrah ke store Windows baru.

Selain mempunyai kelebihan yang banyak diunggulkan ternyata ada beberapa kekurangan Windows 10 yang masih menjadi ganjalan para penggunanya. Kekurangan-kekurangan inilah yang menjadikan Windows 10 dirasa kurang optimal jikalau dibandingkan dengan Windows yang lain. Tapi, diperlukan dengan semakin berjalan waktu dan semakin banyak pengguna Windows 10 masalah-masalah ini sanggup segera teratasi.