oleh

Kali Cemara : Wisata Gres Bernuansa Sungai Simo Boyolali

Wisata Kali Cemara Boyolali, – Kabupaten Boyolali merupakan sebuah kabupaten yang berdekatan dengan Kota Solo di Jawa Tengah. Kabupaten Boyolali populer sebagai penghasil susu sapi. Dalam postingan kami sebelumnya, kami telah banyak membahas wacana Tempat Wisata Unggulan di Boyolali. Namun seiring denagn berjalannya waktu ternyata ada banyak daerah wisata gres di Boyolali yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Salah satu daerah wisata gres di Boyolali yang akan kita bahas disini yaitu Kali Cemara yang terletak di Simo Boyolali. Tempat wisata ini sangat unik alasannya yaitu dirintis oleh pemuda-pemudi dari Karang Taruna di wilayah setempat. Jika anda berkunjung ke daerah wisata ini anda sanggup menikmati indahnya suasana sungai yang higienis dan masih alami, juga sanggup berguru bagaimana semangat yang dimiliki sebuah organisasi karang taruna dalam menjaga kelestarian alam sekitar dan menyebarkan sebuah wisata yang sanggup menggerakkan perekonomian di pedesaan. Tentunya alasannya yaitu daerah wisata ini masih baru, kemudahan yang ada belum selengkap daerah wisata yang sudah dikembangkan sebelumnya. Namun kami yakin dengan sumbangan banyak sekali pihak khususnya dari pemerintah, Tempat wisata kali Cemara di Boyolali ini sanggup menjadi salah satu alternatif wisata alam yang anggun buat masyarakat.

Wisata Alam Kali Cemara di Simo Boyolali

Tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Boyolali sebelum tiba ke Kali Cemara. Wisata bernuansa sungai di Simo Boyolali ini memperlihatkan pesona sungai menjadi latarnya pada spot – spot foto yang kreatif. Kali Cemara secara resmi buka semenjak bulan Juni kemudian tahun 2017. Untuk masuk ke daerah wisata Boyolali ini terbilang murah. Dengan tarif hanya Rp. 2.000 untuk tiket parkir dan tidak ada tiket masuknya kau sanggup berfoto di beberapa spot yang disediakan.

Sejarah Wisata Kali Cemara Boyolali

Adalah Karang Taruna Ristansari Dukuh Tanjungsari RT 13 Desa Blagung, Simo, Boyolali yang menginisiasi dibukanya Tempat wisata Kali Cemara ini. Sungai yang juga dikenal dengan nama Kali Cemoro ini bekerjsama melintasi Kecamatan Simo dan Nogosari sekitar 16,2 KM pada titik Blagung RT 13 dinamakan “Kali Cemara”.

Upaya pencucian sungai dan pembuatan spot dimulai sekitar bulan Maret 2017, sehabis dua bulan berjalan risikonya Kali Cemara mulai dibuka untuk umum. Meskipun sampai dikala ini Kali Cemara bermodalnya swadaya, areal wisata tersebut selalu ditingkatkan yang sekarang telah mempunyai gugusan spot foto menyerupai Tanggul Belanda, Kupu – kupu, 2 Gardu Pandang, Plang “Kali Cemara”, papan – papan goresan pena kekinian, tanaman gantung, pohon impian, sepeda klasik, hammock, dan ayunan.Disela – sela kau mengambil foto, kau juga sanggup duduk – duduk atau jajan dulu di daerah – daerah yang telah disediakan.

Rute Menuju Wisata Kali Cemara Boyolali

Untuk menuju Kali Cemara hanya membutuhan waktu sekitar 40 menit dari sentra kota Boyolali. Rute yang sanggup dilalui yaitu Boyolali, Bangak, Sambi, dan Simo. Dari Tugu Macan Simo menuju arah Timur atau arah Andong sektiar 15 menit tepatnya di Jl. Simo – Kacangan KM.06 Dukuh Tanjungsari RT 13, Desa Blagung, Simo, Boyolali. Ancer – ancernya yaitu masuk gang yang agak menurun selatan jalan sebelum Tugu Jam Ngeplang atau MIM Gebang. Di Tepi jalan sudah ada gapura dengan huruf Jawa “sugeng rawuh kali cemara”. Tak perlu galau alasannya yaitu sudah ada petanya di Google Map, blog kalicemara.blogspot.com, dan IG @kalicemara_.

Foto di Wisata Kali Cemara Boyolali

Foto yang lain sanggup di ambil di blog www.kalicemara.blogspot.com atau IG @kalicemara‚Äč_

Hadirnya Kali Cemara menambah jajaran wisata gres Boyolali. Yang patut diapresiasi yaitu bagaimana cowok – pemudi Ristansari sanggup mewujudkan adanya suatu wisata. Lebih dari itu Kali Cemara sanggup mengatakan citra indahnya sungai bila dijaga kebersihanya.

Artikel ini merupakan bantuan dari Karang Taruna Ristansari Boyolali

INFO UPDATE