oleh

Kalau Dijual Rp 300 Jutaan, Sanggupkah Esemka Saingi Kendaraan Beroda Empat Ini?

Esemka Garuda I. Foto: dok. Facaebook

Jakarta – Kabar soal peluncuran calon kendaraan beroda empat nasional pertama Tanah Air, Esemka, memang masih simpang siur. Beberapa sumber menyebut kendaraan beroda empat bakalan meluncur dalam waktu dekat. Jika jadi meluncur Esemka pun harus ikut mencicipi panasnya pasar otomotif di Indonesia.

Seperti diketahui di Indonesia mobil-mobil merek Jepang cukup mendominasi. Esemka pun harus siap menghadapinya. Belum lagi kedatangan dua produsen kendaraan beroda empat asal China juga turut meramaikan persaingan di Tanah Air.

Harga sanggup jadi menjadi salah satu faktor yang sanggup membantu Esemka menembus persaingan tersebut. Setidaknya menjual dengan harga murah sanggup menjadi pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil.

Esemka diketahui bakal meluncurkan delapan mobilnya di sini. Kedelapan kendaraan beroda empat itu terdiri dari dua kendaraan beroda empat penumpang dan enam kendaraan beroda empat barang. Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono berharap Esemka sanggup dijual dengan kisaran harga Rp 200-300 jutaan.

Diaz memang tidak membocorkan secara detil mana saja kendaraan beroda empat yang dijual dengan kisaran harga Rp 200-300 jutaan. Yang terang jikalau ingin bersaing Esemka sanggup membanderol mobilnya dengan harga lebih murah.

Bagaimana dengan para pesaingnya? Pertama ada Esemka Garuda I yang merupakan sebuah kendaraan beroda empat SUV bermesin 2.0 liter 4×4 MT. Mesin yang digendong Esemka Garuda I ialah mesin diesel. Di Indonesia, Esemka Garuda I sanggup menantang Toyota Fortuner sampai Mitsubishi Pajero Sport. Bedanya, mesin Esemka Garuda I lebih kecil yaitu 2.000 cc, sementara Pajero Sport 4×4 mesinnya diesel 2.400 cc dan Fortuner 4×4 2.700 cc diesel.

Secara harga, apabila benar Esemka Garuda I yang dijual dengan kisaran harga tersebut maka berselisih jauh lebih rendah dari para kompetitornya. Fortuner contohnya ditawarkan dengan harga mulai Rp 471,85 juta sedangkan Pajero Sport termurahnya dibanderol Rp 464 juta.

Selain Garuda I, Esemka disebut juga mempunyai kendaraan beroda empat penumpang lainnya. Mobil penumpang itu ialah Esemka Niaga dengan mesin 1.000 cc 4×2 M/T. Kalau ini diluncurkan, Esemka Niaga akan menantang mobil-mobil di kelas LCGC atau low cost green car.

Esemka Niaga bakal menantang kendaraan beroda empat 1.000 cc menyerupai Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Suzuki Karimun Wagon R. Selain itu, ada juga kendaraan beroda empat 1.000 cc di luar LCGC yang ditantang Esemka Niaga, yaitu Renault Kwid. Jika ingin bersaing dengan mobil-mobil berkapasitas 1.000cc itu Esemka sanggup mengatakan mobilnya dengan harga di kisaran Rp 100 jutaan.

Tonton juga ‘Benarkah ‘Pabrik Esemka’ di Cileungsi?’:

[Gambas:Video 20detik]

INFO UPDATE