oleh

Jenis Usb Dari Tahun Ke Tahun ( Universal Serial Bus)

Hampir semua perngkat komputer dan  elektronik mempunyai koneksi dengan port Universal Serial Bus (USB) ibarat komputer, televisoi, printer, scanner, kamera, modem, flashdisk sampai smartphone.

Pada awalnya teknologi USB mulai dikembangkan semenjak tahun 1990-an dengan tujuan untuk memudahkan  koneksi antara komputer dan perangkat periferal serta hardware lainnya, dan memang ternyata teknologi berubah menjadi ini  terkenal alasannya kompatibilitas dengan banyak platform dan sistem operasi dengan harga yang murah dan mudahnya dalam penggunaanya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan yang meningkat semisal  kecepatan transfer dan isi ulang daya yang lebih cepat, teknologi konektor gres banyak bermunculan ibarat USB-C, Thunderbolt, dan Lightning.

Nah, berikut ini perkembangan Universal Serial Bus (USB) dari semenjak tahun dikembangkan sampai ketika kini.

foto dari : www.emezeta.com

USB 1.0

Tahun 1996 mulai diperkenal USB versi 1.0 oleh beberapa perusahaan besar yang membuat teknologi USB antara lain Intel, Compaq, Digital, IBM, dan Northen Telecom, kebradaan US 1.0 ini secara berangsur-angsur menggeser fungsi banyak sekali konektor yang biasanya berada pada panel belakang sebuah Personal Computer. Jenis USB 1.0 ketika itu masing-masing mempunyai perbedaan dalam hal kecepatan, antara lain  USB 1.0 Low-speed  dengan kecepatan tranfer data 1,5 Mbit/s (1,5 Mega bit perdetik = 0,1875 Mega byte per detik) dan USB 1.0 Full-speed dengan kecepatan tranfer data 12 Mbit/s (1,5 Mbyte per detik).
 
USB 2.0

Setelah itu pada April 2000 diluncurkan USB versi 2.0 yang memakai standar dari USB-IF (Implementers Forum) pada simpulan tahun 2001. Beberapa perusahaan besar ikut men-develop USB 2.0 ini, sehingga kesudahannya USB 2.0 mempunyai kemampuan transfer rate sampai data 480 Mbit/s, jauh dibandingkan dengan USB 1.0 yang hanya mempunyai data transfer rate 12 Mbit/s. USB 2.0 juga bisa di manfaatkan untuk menjalankan banyak sekali perangkat USB secara simultan dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami gangguan.

USB 3.0 

Pada September 2007 diperkenalkanlah USB 3.0. Pada versi 3.0 ini, data transfer rate bisa meningkat tajam sampai 10 kali lipat dibandingkan versi sebelumnya. Maka dari itu USB 3.0 ini disebut dengan SuperSpeed USB, dan uniknya, USB 3.0 juga mendukung versi sebelumnya, dengan artian konektornya juga bisa digunakan untuk USB 2.0, dimana ini dikenal dengan nama backward compability.

Nah, disamping itu  USB ternyata punya banyak jenis dan bahkan jenisnya seringkali dengan kabel-kabel berbeda untuk setiap koneksi USB, Berikut ini beberapa tipe dari USB yaitu :
 


Type-A

Kebanyakan konektor USB yang kita pakai kini memakai USB type-A. Mulai dari keyboard dan mouse di PC, sampai kabel transfer data dan charging untuk smartphone kita. Selain itu USB berbentuk persegi panjang ini  dipergunakan oleh perangkat-perangkat elektronik portabel  yang juga mempunyai port USB Tipe A untuk melaksanakan pengisian ulang baterainya. Nama resmi konektor USB Tipe A ini ialah USB Standard A.

Type-B

Konektor dengan bentuk hampir ‘persegi’ ini, termasuk yang  jarang dipakai. fungsinya  biasanya sama dengan type-A di mana banyak sekali perangkat yang terhubung ke komputer, smartphone dan kamera digital memakai USB type-B.

Mini-USB

Mini-USB ialah konektor standar untuk perangkat-perangkat mobile. Mini-USB lebih kecil ketimbang USB reguler, dan digunakan di perangkat kecil ibarat smartphone, atau kamera digital. Mini-USB kini sudah mulai ditinggalkan dan kini beralih memakai micro-USB.

Micro-USB

Pembenahan bentuk dari Mini-USB, dan telah disepakati oleh banyak pabrikan untuk memproduksi banyak sekali perangkat mobile-nya dengan USB tipe ini. Bentuk USB inilah yang terdapat pada charger smartphone kita. Sebagai tambahan, hanya Apple yang tak memakai USB tipe ini.

Type-C

USB jenis ini ialah yang terbaru, dengan bentuk lebih kecil serta bisa dibolak-balik. USB Type-C menjanjikan kecepatan transfer lebih tinggi dan punya daya yang lebih berpengaruh ketimbang jenis USB sebelumnya. Saat ini, USB Type-C sudah mulai banyak digunakan untuk beberapa laptop dan sebagian kecil smartphone dan tablet terbaru.

Lightning

Lightning gotong royong bukanlah standar USB, namun secara umum digunakan oleh Apple untuk konektor iPhone dan iPad. Ukurannya serupa dengan micro-USB dan hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple yang diproduksi di atas bulan September 2012.

INFO UPDATE