by

Jenis Kabel Jaringan Komputer

Berbagai kategori kabel jaringan komputer yaitu : coaxial, UTP, Fiber Optic indoor, Fiber Optic Outdoor, Multiplek. Kesempatan ini hanya membahas kabel UTP yang biasa dipasangkan dengan RJ45.

Kabel UTP yang terjual dipasaran pada umumnya terbagi dalam 3 kategori umum yang sering dipakai yaitu : cat5, cat5e, cat6, dan cat7.

Perbedaan dari masing-masing kategori :
Kabel UTP cat5 : yaitu kabel UTP dengan standar yang diciptakan pada tahun 2001 oleh TIA/EIA-568-B. Kabel UTP cat5 hanya sanggup melaksanakan transmisi data sebesar 100 Mbit/s, kapasitas maksimum ini sama dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam mengirimkan signal data 100BASE-TX [ kurun tahun 2001 ].

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan akan kecepatan, maka telah dikembangkan kabel UTP cat5 ini menjadi kabel UTP cat5e.

Kabel UTP cat5e / cat5e 350Mhz: yaitu kabel UTP yang telah ditingkatkan kemampuan menampung lebar data, maupun kemampuan mengirimkan data. Cat5e mempunyai kemampuan speed maksimal 350 Mhz atau setara dengan 1 Gbit/s. Selain mempunyai kemampuan speed 1Gbit/s, cat5e mempunyai noise yang sangat kecil dikala mengirimkan data jikalau dibandingkan dengan cat5, hal ini sanggup dilihat dengan minimnya waktu delay respon dikala mengirimkan data besar.

Kabel UTP cat6 / cat6e : yaitu kabel premium yang di pasaran jauh lebih mahal dibandingkan dengan cat5e. Cat6 ini mempunyai kemampuan waktu delay yang nyaris 0 [ nol ] dikala mengirimkan data, sekaligus mempunyai kemampuan maksimal panjang kabel lebih dari 100 meter. Maksimal kabel cat6 yaitu 200 meter dan maksimal lebar data yaitu 10Gbit/s.

Kabel UTP cat7 / cat7e : yaitu kabel premium yang sangat cocok sebagai media yang high traffic aneka macam aplikasi dalam 1 kabel [ single cable ]. Maksimum data yang terkirim yaitu 10 Gbit/s dengan frekuensi 1000 Mhz. Berdasarkan spectrum analyze tools, panjang kabel cat7 / cat7e sepanjang 50 meter bisa mengirimkan signal dan data sebesar 40 Gbit/s. Sedangkan untuk kabel cat7 / cat7e sepanjang 15 meter bisa mengirimkan signal dan data sebesar 100 Gbit/s.
Kabel coaxial bisa lebih panjang hingga 500meter, kalo bandwidthnya ada yang 10Mbps dan ada yang 100Mbps. Tapi muahal, trus instalasinya juga susah makanya orang lebih seneng pake UTP.

Fiber optic sieh ga ada matinya, dari yang 1Gbps hingga beberapa Terabit per second (1 Terabit=10^12 bit). Panjangnya pastilah lebih dari 100 meter, bisa berkilo-kilo meter, antar benua malah. asal ga putus aja.

Semoga bermanfaat, terutama bagi yang akan membangun sebuah LAN

News Feed